Sinopsis Buku Laskar Pelangi Kisah Anak Daerah Meraih Mimpi

Nizar Rahadian

 

Intersport.id – Sinopsis Buku Laskar Pelangi adalah salah satu informasi yang pembahasannya tak akan lekang oleh waktu. Sebab buku karya Andrea Hirata ini adalah salah satu buku paling laris di Indonesia.

 

Keberadaan Buku Laskar Pelangi ini yang sangat lah legendaris tentu membuat banyak orang ingin mengetahui sinopsis buku ini secara lengkap dan jelas namun singkat.

Oleh sebab itu kami akan membahas mengenai Sinopsis Buku Laskar Pelangi beserta hal-hal menarik yang menyertainya pada artikel lengkap yang bisa disimak di bawah ini sampai selesai.

Sekilas Mengenai Sinopsis

Sekilas Mengenai Sinopsis

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang buku Laskar Pelangi ini sendiri, kita akan membahas terkait pengertian dari sebuah sinopsis terlebih dahulu.

Sinopsis dapat dikatakan sebagai rangkuman garis besar yang mampu memberikan gambaran atas isi dari sebuah karya baik karya audio visual seperti film maupun visual layaknya buku.

Tujuan keberadaan sinopsis ini adalah agar para pembaca mampu mendapatkan pemahaman atas garis besar dari isi karya tersebut dan memudahkannya.

Di zaman sekarang ini, sinopsis sebuah karya dapat kita temukan dengan bantuan internet dimana bahkan tersedia artikel pembahasan lengkap mengenai karya tersebut.

Di sebuah buku juga biasanya kamu dapat menemukan sinopsis ini di bagian belakang buku tersebut yang dapat memberikan sedikit sneek peek atas tema buku tersebut.

Dengan adanya sebuah sinopsis, maka akan mempermudah para penikmat karya untuk mengetahuinya dengan lebih ringkas dan lebih cepat.

Sekilas Seputar Sinopsis Buku Laskar Pelangi

Sekilas Seputar Sinopsis Buku Laskar Pelangi

Sinopsis Buku Laskar Pelangi merupakan ringkasan atau rangkuman dari buku Laskar Pelangi karya Andrea Hirata pada tahun 2005 silam.

Laskar Pelangi ini sendiri merupakan karya novel pertama yang dibukukan oleh penerbit Bentang Pustaka dan laris manis di pasaran berkat kesegaran isi ceritanya tersebut.

Buku Laskar Pelangi ini memiliki tebal sekitar 533 halaman yang mana tentu tergolong sangat tebal untuk ukuran sebuah novel yang mengangkat banyak sekali nilai-nilai moral di dalamnya.

Untuk itu tentu diperlukan adanya sebuah Sinopsis Buku Laskar Pelangi yang dapat mempermudah pembaca untuk mengetahui apa isi dari buku Laskar Pelangi ini.

Keberadaan Sinopsis Buku Laskar Pelangi ini juga tentunya akan menambah ketertarikan para pembaca dan keinginan lebih tinggi pembaca untuk membaca buku ini sampai selesai.

Sinopsis Buku Laskar Pelangi Lengkap

Sinopsis Buku Laskar Pelangi Lengkap

Dalam poin pembahasan yang satu ini kami akan membawa kamu untuk mengetahui Sinopsis Buku Laskar Pelangi secara lengkap.

Untuk itu kami akan membagi pembahasan mengenai Sinopsis Buku Laskar Pelangi ini ke dalam beberapa poin yang dapat disimak di bawah ini.

1. Mengisahkan tentang 10 anak-anak di Bangka Belitung

Bangka Belitung merupakan latar dari Sinopsis Buku Laskar Pelangi ini dan ketika buku ini diangkat menjadi film juga memiliki latar tempat yang sama.

Dikisahkan pada buku ini bahwa Bangka Belitung pada saat itu belum terlalu maju. Terutama di tempat tinggal para anak-anak yaitu di Gantong.

Infrastruktur dan sekolah di sana dapat dikatakan belum memadai, termasuk SD Muhammadiyah Gantong tempat 10 anak tersebut bersekolah.

Para anak-anak tersebut adalah Ikal, Lintang, Borek, Kucai, Mahar, Sahara, Syahdan, Trapani. A Kiong, serta Harun.

SD Muhammadiyah Gantong tersebut juga hanya memiliki dua guru yang dapat membimbing ke-sepuluh anak tersebut yakni Bu Muslimah sebagai guru kelas dan Pak Harfan selaku kepala sekolah.

2. Keinginan Besar Untuk Bersekolah

Pada awalnya, SD Muhammadiyah Gantong terancam ditutup sebab murid yang ingin bersekolah di sana tidak mencukupi batas, bahkan sampai akhir mendaftar hanya ada 9 murid.

Namun, Harun yang merupakan salah satu siswa yang memiliki keterbelakangan mental muncul untuk bersekolah dan di antar oleh ibunya.

Kehadiran Harun tersebut menyelamatkan 9 anak lainnya yang ingin bersekolah tersebut dan juga menyelamatkan eksistensi dari SD Muhammadiyah Gantong.

Kesepuluh anak tersebut kemudian dijuluki Laskar Pelangi oleh Bu Muslimah dan Pak Harfan

3. Perjuangan Laskar Pelangi Untuk Bersaing dan Mengenyam Pendidikan

Walaupun berada di sekolah yang hampir roboh dan dapat dikatakan tidak kayak untuk dijadikan tempat mengenyam pendidikan. Namun semangat Laskar Pelangi tak surut.

Para Laskar Pelangi membuktikan bahwa mereka semua bisa bersaing dengan sekolah favorit di Bangka Belitung saat lomba perayaan 17 Agustus dan cerdas cermat.

Banyak sekali bakat terpendam para Laskar Pelangi yang akhirnya dapat dimaksimalkan berkat kesempatan tersebut. Seperti jiwa seni yang dimiliki Mahar serta kecerdasan Lintang.

Di tengah konflik selama pelaksanaan pembelajaran di SD Muhammadiyah Gantong tersebut juga. Semuanya mampu berjuang dan memikat rasa haru para pembaca Sinopsis Buku Laskar Pelangi ini.

3. Persahabatan yang Erat

Tokoh-tokoh dalam Sinopsis Buku Laskar Pelangi ini juga memiliki persahabatan yang erat antara satu dan lainnya.

Seperti contohnya keakraban Ikal dan Lintang dimana Ikal selalu mengagumi kecerdasan dan kepandaian Lintang. Rasa percaya mereka terhadap kesenian Mahar. Tak mengucilkan Sahara walaupun merupakan perempuan satu-satunya.

Hingga tidak pernah mengabaikan kehadiran sosok Harun. Bahkan kemunculan Flo yang kagum dengan Laskar Pelangi ini pun diterima dengan baik saat gadis itu memutuskan untuk pindah sekolah.

Persahabatan para Laskar Pelangi ini merupakan daya tarik tersendiri dari Sinopsis Laskar Pelangi ini. Yang mampu dirasakan dengan sangat baik oleh para pembaca.

Dan tentunya juga dituliskan lewat kata-kata dengan sangat apik oleh Andrea Hirata sendiri selaku penulis Sinopsis Laskar Pelangi ini.

Mengenal Lebih Dekat Tokoh-Tokoh di Sinopsis Buku Laskar Pelangi

Mengenal Lebih Dekat Tokoh-Tokoh di Sinopsis Buku Laskar Pelangi

Jika kita sudah mengetahui tentang garis besar atau Sinopsis Buku Laskar Pelangi ini. Maka sudah saatnya untuk kita mengenal lebih jauh dengan para tokoh yang ada di Buku Laskar Pelangi.

1. Ikal

Ikal adalah tokoh utama dalam Sinopsis Buku Laskar Pelangi ini dan merupakan tokoh dengan sudut pandang pertama dalam buku Laskar Pelangi.

Sesuai dengan namanya yakni Ikal, lelaki berambut ikal ini merupakan Laskar Pelangi yang tertarik dengan hal-hal berbau sastra, seperti puisi dan lagu-lagu, terutama Rhoma Irama.

Hal ini dibuktikan ketika ia tertarik dengan sepupu A Kiong bernama A Ling yang ia temui saat ditugaskan membeli kapur ke Toko Sinar Harapan. Ia membuat sajak untuk A Ling.

2. Lintang

Pada Sinopsis Buku Laskar Pelangi ini, Lintang adalah sosok paling cerdas secara akademik dan merupakan garda terdepan ketika SD Muhammadiyah Gantong ikut lomba cerdas cermat.

Namun, dengan ayahnya yang merupakan seorang nelayan yang tergolong miskin dan harus menghidupi dirinya dan adiknya membuatnya berhenti sekolah saat ayahnya meninggal.

Kepergian ayah Lintang tersebut bertepatan dengan kemenangannya pada lomba cerdas cermat yang diadakan di Gantong. Hal ini membuat Lintang harus mengubur keinginannya untuk bersekolah dan menggantikan peran ayahnya.

3. Mahar

Kepandaiannya di bidang seni adalah daya tarik dari sosok Mahar. Ciri khasnya adalah membawa radionya kemana pun ia pergi dan mendengarkan lagu-lagu Melayu.

Mahar merupakan sosok yang berjasa atas kemenangan SD Muhammadiyah Gantong saat lomba festival 17 Agustus.

Walaupun pada awalnya idenya dianggap aneh oleh banyak orang, namun kreativitasnya mampu mengantarkan mereka semua menuju kemenangan dan berhasil menyumbang satu piala yang terus menerus dipandang oleh Laskar Pelangi.

4. Sahara

Sebagai satu-satunya Laskar Pelangi perempuan sebelum kehadiran Flo, Sahara tidak lantas merasa dikucilkan. Ia justru sangat disiplin dan tegas terhadap Laskar Pelangi lainnya.

Sahara juga merupakan gadis yang taat agama serta baik hati walaupun terkadang sering memarahi anak-anak yang nakal terutama A Kiong.

5. Kucai

Sebagai sosok ketua kelas, pada awalnya Kucai merasa terbebani. Sebab Laskar Pelangi sulit sekali diatur di luar jam belajar.

Ia juga memiliki rabun jauh sebab kurang gizi. Namun saat dewasa ia berhasil menjadi seornag politikusl lalu menjabat sebagai Ketua Fraksi DPRD Belitung saat ia telah dewasa.

6. Borek

Dikisahkan bahwa Borek adalah tokoh Laskar Pelangi paling tinggi dan paling memiliki fisik layaknya seorang pria macho walaupun masih muda.

Ia dan kekuatannya tersebut sangatlah diperlukan di Laskar Pelangi. Saat dewasa ia bertugas sebagai seorang kuli di toko milik A Kiong.

7. Trapani

Dalam Sinopsis Buku Laskar Pelangi ini, Trapani digambarkan sebagai sosok lelaki paling tampan. Bahkan ia menjadi pusat perhatian saat lomba 17 Agustus tersebut.

Namun sayang sekali karena Trapani sangatlah bergantung pada ibunya dan saat beranjak dewasa ia mengidap mother complex. Kondisi ini membuat dirinya dan ibunya harus mendekam di bangsal rumah sakit jiwa saat besar.

8. Syahdan

Tak kalah tampan dari Trapani, Syahdan juga merupakan salah satu Laskar Pelangi yang digambarkan tampan dan berani namun tengil.

Ia adalah anak dari seorang nelayan dan mempunyai cita-cita untuk bisa menjadi seorang aktor film.

9. A Kiong

Sebagai satu-satunya keturunan Tionghoa di Sinopsis Buku Laskar Pelangi. A Kiong dekat sekali dengan Mahar dan sangat percaya padanya bahkan menjadi penggemar utamanya.

Dikisahkan juga bahwa sejak kecil A Kiong dan Sahara sering sekali bertengkar bahkan untuk hal kecil. Namun saat dewasa ternyata mereka saling jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah.

10. Harun

Keterbatasan dan kondisi keterbelakangan mentalnya tak lantas membuat Harun patah semangat dan tidak mau mengenyam pendidikan.

Harun senang sekali menceritakan secara berulang tentang kucingnya yang memiliki belang tiga dan punya anak tiga yang juga berbelang tiga dan menariknya lahir di tanggal tiga.

11. Flo

Gadis yang satu ini merupakan gadis tomboi pindahan dari Sekolah PN dan merupakan anak yang kaya raya.

Kehadiran Flo ini membuatnya masuk menjadi bagian terakhir dari Laskar Pelangi. Ia tertarik sekali dengan Mahar dan meminta Trapani pindah duduk agar ia bisa berada di dekat Mahar.

12. Bu Muslimah

Tokoh Bu Muslimah dalam Buku Laskar Pelangi ini merupakan salah satu tokoh utama yang menjabat sebagai seorang guru di SD Muhammadiyah Gantong.

Seluruh perkembangan Laskar Pelangi dari awal masuk sekolah tak luput dari pandangan Bu Muslimah sebagai guru utama mereka sejak mereka masih kecil.

Berkat kelembutan serta kerendahan hatinya, anak-anak Laskar Pelangi memanggilnya dengan sebutan Ibunda Guru.

13. Pak Harfan

Kepala sekolah SD Muhammadiyah Gantong sejak awal adalah Pak Harfan. Pada awal kemunculannya, para Laskar Pelangi merasa sangat takut berkat perawakannya.

Namun Pak Harfan adalah sosok yang sangat baik hati dan sangat penyabar dan percaya atas hal-hal yang dilakukan oleh Laskar Pelangi.

Hal Menarik dari Sinopsis Buku Laskar Pelangi

Setelah kita mengetahui tentang siapa saja tokoh-tokoh dari Laskar Pelangi ini, maka kita akan membahas tentang banyak hal menarik dari Laskar Pelangi ini.

1. Diadaptasi Menjadi Sebuah Film

Berkat larisnya Sinopsis Buku Laskar Pelangi ini, pada tahun 2008 silam buku ini diputuskan untuk diangkat menjadi sebuah film.

Film tersebut tetap mengedepankan unsur-unsur khas Bangka Belitong dengan memfilmkannya di Pulau Belitung dengan aksen Belitung asli.

Pemilihan casting para tokoh ini juga dilakukan dengan anak-anak asli Belitung. Skenario film ini sendiri juga ditulis ulang oleh Salman Aristo dan Riri Riza serta Mira Lesmana.

Diketahui bahwa Miles Film dan Mizan Production yang menggarap projek Laskar Pelangi ini menghabiskan dana hingga kurang lebih sepuluh milyar.

2. Memiliki Drama Musikal

Tak hanya film saja, namun Buku Laskar Pelangi juga memiliki drama musikalnya tersendiri yang ditampilkan di Taman Ismail Marzuki di Jakarta pada tahun 2011 silam.

Banyak sekali artis cilik yang turut berperan dalam drama musikal dari Buku Laskar Pelangi ini seperti contohnya para anggota dari Coboy Junior.

3. Tersedia Series Televisi

Dengan keberadaan versi series televisinya di channel SCTV di tahun 2011 silam. Tentu kisah yang diangkat menjadi lebih beragam dan tidak terpaku pada filmnya saja.

Series TV dari Sinopsis Buku Laskar Pelangi ini walaupun memiliki beberapa perbedaan dengan versi aslinya. Namun tetap mempertahankan bagian bagian penting dari film serta novelnya.

Akhir Kata

Sinopsis Buku Laskar Pelangi adalah sebuah informasi yang akan dibahas terus menerus dan pastinya tak akan lekang oleh waktu sebab begitu legendarisnya.

Demikian informasi yang dapat kami paparkan terkait dengan Sinopsis Buku Laskar Pelangi sedetail dan sejelas-jelasnya.

Kamu juga bisa menemukan banyak artikel lain baik bertopik sama maupun berbeda namun yang pasti akan tetap bervariasi dalam laman situs ini.

Semoga informasi yang telah kami berikan tentang Sinopsis Buku Laskar Pelangi ini dapat memberikan manfaat serta wawasan baru bagi para pembaca

Baca artikel Intersport.id lainnya di Google News.

Disclaimer

Link Download MOD APK yang ditulis tim Intersport hanya mengulas review saja, dan kami tidak menyarankan untuk mengunduhnya.

Tags

Artikel Terkait