PLN Resmi Dirikan SPKLU Ultra Fast Charging di Jakarta
07
Nov
2019
0 Comment Share Likes 194 View

Perusahaan Listrik Negara (PLN) mendapat amanat dari pemerintah untuk menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh Indonesia. Hal ini sesuai  dalam Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Dalam mendukung hal ini PLN gencar melakukan kampanye kendaraan bermotor listrik terutama di Jakarta. Perusahaan ‘plat merah’ itu  mulai membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa titik. Ada beragam tipe SPKLU yang dimiliki oleh PLN, satu di antaranya ultra fast charging berkapasitas 150 kiloWatt.



Dengan daya tersebut, SPKLU ini dapat mengisi energi baterai mobil listrik dari kondisi kosong hingga penuh dalam waktu sekira 20 menit. SPKLU ini merupakan teknologi ultra fast charging pertama di Indonesia dan masih menjadi satu-satunya di Indonesia.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana menyampaikan apresiasinya kepada PLN. Menurutnya ini dilakukan mendukung pengembangan mobil listrik di tanah air.



“Peresmian SPKLU merupakan bukti komitmen dan kontribusi bersama terhadap program Pemerintah demi terwujudnya kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik,” ungkap Rida. SPKLU ultra fast charging bisa ditemukan di PLN UID Jakarta Raya. Di tempat yang sama ada juga 2 unit SPKLU dengan teknologi fast charging.

Satu unit SPKLU fast charging berdaya 50 kiloWatt, butuh 1 hingga 1,5 jam untuk mengisi penuh dari kosong. Sedangkan satu unit SPKLU fast charging lainnya memiliki daya 25 kiloWatt, butuh waktu 2,5 sampai 3 jam untuk mengisi penuh batrei. Hingga saat ini, Jakarta dan sekitarnya memiliki enam unit SPKLU PLN. Tiga unit terpasang di halaman kantor PLN UID Jakarta Raya, 1 unit terpasang di halaman kantor PLN UP3 Bulungan, 1 unit terpasang di Senayan City Mall, dan 1 unit terpasang di AEON Mall Bumi Serpong Damai.



Berikutnya SPKLU akan dipasang di Pondok Indah Mall. Pembangunan SPKLU diharapkan terus berjalan apalagi sekarang PLN menggandeng berbagai kerja sama dengan sejumlah perusahaan termasuk otomotif. Untuk itu, PLN telah berencana membangun 10 SPKLU baru secara bertahap sampai dengan tahun depan di seluruh Indonesia.



PLN menggandeng 20 mitra perusahaan strategis dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan SPKLU). Penandatanganan nota kesepahaman atau MoU (memorandum of understanding) bersama ke 20 perusahaan dari latar belakang yang berbeda ini adalah langkah kongkrit dan komitmen bersama untuk mengimplementasikan Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019.

Nota Kesepahaman ini merupakan langkah awal kerjasama antara PLN dengan berbagai Mitra dalam rangka menciptakan atau mewujudkan ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Indonesia, demi menciptakan Indonesia yang bebas polusi.

SAMPAIKAN KOMENTAR