Welcome Bundesliga: Big Match Langsung Tersaji di Spieltag Pembuka
17
Sep
2020
0 Comment Share Likes 127 View

Musim kompetisi baru Bundesliga bakal kembali digelar mulai Sabtu (19/9/20). Sebanyak 18 tim bakal bersaing di kompetisi kasta tertinggi Jerman tersebut. Bahkan jika menghitung dari 8 musim terakhir, sebanyak 17 tim bakal mencoba menggoyahkan tahta juara Die Roten yang sudah berlangsung sejak musim 2012-2013. Menariknya sejumlah duel Big Match bakal disajikan sejak pekan perdana. Berikut diantaranya:

BAYERN MUENCHEN VS SCHALKE 04

Sang Juara bertahan musim lalu, Bayern Muenchen membuka musim 2020/2021 dengan menjamu salah satu tim besar Jerman yaitu, Schalke 04 di Allianz Arena. Namun jika dibandingkan Bayern, sang tamu musim lalu hanya mampu finish di urutan ke-12 klasemen Bundesliga.

Berdasarkan rekor pertemuan pun, Die Roten berada di atas angin menghadapi The Royal Blues. Pasalnya dari 21 pertemuan terakhir di semua kompetisi, Bayern tidak terkalahkan melawan Schalke.  Khusus di Bundesliga, mereka 19 laga tidak terkalahkan dengan rincian 16 kemenangan dan tiga hasil imbang. Bahkan dari dua pertemuan di musim lalu, The Bavarian menang telak dengan skor 0-3 di laga tandang dan disusul kemenangan lima gol tanpa balas dalam laga kandang.

 

                                                                                                   Sumber: fcbayern.com

 

Selain itu jika DFB Pokal musim lalu masuk hitungan, total Bayern tiga kali menaklukkan Die Knappen. Dalam ajang piala domestik tersebut, anak asuh Hansi Flick meraih kemenangan tipis satu gol tanpa balas di babak perempat final. Di ajang ini pula Schalke terakhir mampu menumbangkan sang raja Jerman 9 tahun silam (2011) dengan skor serupa. Sementara di liga, terakhir kali mereka mampu mengalahkan Bayern pada tahun 2010 lalu dengan kemenangan 2-1 di Veltins Arena.

Menariknya laga pembuka kontra Schalke nanti juga bakal menjadi laga debut bagi Winger anyar yang didatangkan dari Manchester City dengan banderol 45 juta Euro (Rp 791 miliar), yaitu Leroy Sane. Schalke merupakan klub profesional pertama pemain berusia 24 tahun tersebut. Ia pun sempat menimba ilmu di akademi Schalke sebelum akhirnya menjalani debut di Bundesliga bersama The Royal Blues pada April 2014 silam. Tiga tahun membela tim di Gelsenkirchen tersebut, Sane tampil dalam 57 pertandingan di semua kompetisi dengan kontribusi 13 gol serta 8 assist. Pemain kelahiran Essen, Jerman itu pun akhirnya diboyong Manchester City dengan banderol 52 juta Euro (Rp915 miliar) pada musim panas tahun 2016 lalu.

“Hati kami sedikit terluka,” ujar Direktur Olahraga Schalke, Christian Heidel dikutip dari Bundesliga.com

“Kami kehilangan pesepakbola hebat dengan karakter bagus, yang membuat Schalke punya alasan untuk berterima kasih.”

 

                                                                                                     Sumber: Bundesliga.com

 

Namun laga menghadapi mantan klubnya ini bukanlah pertemuan pertamanya sebagai lawan. Saat masih memperkuat Manchester City, ia juga pernah dua kali menghadapi Schalke di babak perempat final Liga Champions musim 2018/2019 lalu. Tidak tanggung-tanggung, kala itu City menghancurkan The Royal Blues dengan keunggulan agregat gol 10-2. Sane pun mencetak masing-masing satu gol dalam laga kandang maupun tandang menghadapi mantan timnya tersebut. Dan kini Sane yang mengenakan nomor punggung 10 Bayern bersama sejumlah mantan punggawa Schalke lainnya seperti Leon Goretzka dan Manuel Neuer bakal kembali menebar teror sebagai awal perjalanan karirnya di Allianz Arena.

 

BORUSSIA DORTMUND VS BORUSSIA MONCHENGLADBACH

Laga yang tidak kalah menariknya di Spieltag pembuka bundesliga adalah Borussen Derby antara Borussia Dortmund vs Borussia Moenchengladbach yang digelar di Signal Iduna Park. Kedua tim musim lalu sama-sama finis di urutan empat besar klasemen Bundesliga. Dortmund berada di posisi kedua, sementara Gladbach urutan keempat dengan selisih poin antara kedua tim berjumlah empat poin.

Menariknya pula, kedua tim sama-sama mengawali pramusim dengan baik ditambah laga pemanasan dalam babak pertama DFB Pokal dengan kemenangan telak. Dortmund berpesta lima gol tanpa balas menghadapi tim kasta ketiga Jerman MSV Duisburg.

Dalam laga tersebut pelatih Die Borussen, Lucien Favre juga langsung menurunkan dua pemain anyarnya Jude bellingham dan Thomas Meunier. Bellingham yang didatangkan dari Birmingham City dengan Banderol 26 juta Euro (Rp 457 miliar) bahkan mampu mencetak gol di laga debutnya tersebut.  

Selain Bellingham, fans Dortmund dibuat antusias dengan kembalinya sang kapten, Marco Reus. Pemain berusia 31 tahun tersebut turut mencetak gol kemenangan kontra Duisburg setelah absen 7 bulan akibat cedera atau terakhir merumput pada bulan Februari lalu. Mantan pemain Gladbach ini pun musim lalu tercatat sebagai pencetak gol terbanyak nomor tiga Dortmund di Bundesliga. Koleksi 11 golnya hanya kalah dari Jadon Sancho (17) dan Erling Haaland (13). Comeback Reus pun membuat Dortmund bakal menjamu Gladbach dengan kekuatan terbaiknya.

Sementara Gladbach menjadi tim Bundesliga yang meraih kemenangan terbesar di babak pertama DFB Pokal lewat kemenangan 8-0 lawan tim kasta kelima jerman Obernauland. Delapan gol kemenangan tim besutan Marco Rose tersebut masing-masing dilesakkan Patrick hermann (2), Jonas Hofmann (1), Ramy Bensebaini (1), Nico Elvedi (1), Florian Neuhaus (2), dan Ibrahima Toure (1).

Tidak ada banyak pergerakan transfer di musim panas ini membuat Gladbach praktis bakal mengandalkan wajah lama andalan seperti musim lalu khususnya dua top skorer mereka di Bundesliga musim lalu, Alassane Plea dan Marcus Thuram yang sama-sama mencetak 10 gol.

                                                                                             Sumber: www.bundesliga.com

 

Jika menengok catatan pertemuan terakhir kedua klub, Dortmund yang bertindak sebagai tuan rumah di laga pembuka ini bakal lebih difavoritkan. Pasalnya dalam dua pertemuan musim 2019/2020 lalu, Die Borussen meraih kemenangan dengan skor identik 2-1. Bahkan jika menengok lebih jauh ke belakang, The Black and Yellow selalu raih hasil sempurna dalam delapan pertemuan terakhir di semua ajang kompetisi.

 

WOLFSBURG VS LEVERKUSEN

Rangkaian Spieltag pertama Bundesliga musim 2020-2021 akan ditutup dengan duel Wolfsburg vs Bayer Leverkusen yang dihelat di Volkswagen Arena pada Minggu (20/9/2020) malam WIB. Duel ini diprediksi bakal berjalan sengit jika melihat catatan pertemuan kedua tim sebelumnya di kompetisi tertinggi Jerman.

Pada musim lalu saja, keduanya saling mengalahkan. Uniknya kedua tim sama-sama meraih kemenangan saat bertindak sebagai tim tamu. Di pertemuan Werkself mempermalukan Wolfsburg dengan skor 0-2 di Volkswagen Arena dengan gol yang dilesakkan Karim Bellarabi dan Paulinho. Sementara saat gantian menjadi tim tamu, pasukan Oliver Glasner sukses membalaskan dendamnya di BayArena dengan kemenangan lebih telak 1-4. Gol kemenangan Die Wolfes dilesakkan Brace Marin Pongracic serta sebiji gol masing-masing dari Maximilian Arnold dan Renato Steffen.

                                                                                              Sumber: www.bayer04.de

 

Sementara jika melihat lebih jauh hingga tujuh pertemuan terakhir. Kedua tim pun hampir sama kuat. Leverkusen sedikit lebih unggul dengan tiga kemenangan, dua hasil imbang dan dua kekalahan, sementara Wolfsburg raih dua kemenangan, dua hasil imbang dan tiga kekalahan.

Namun Leverkusen bakal memulai musim ini tanpa dua pemain andalannya setelah ditinggal Kai Havertz (Chelsea) dan Kevin Volland (AS Monaco). Sebagai gantinya di lini serang, Werkself memboyong Patrick Schick dari AS Roma dengan banderol 26 juta Euro. Sementara Wolfsburg tidak ada perubahan signifikan dalam skuatnya. Artinya meski Leverkusen sedikit lebih unggul secara rekor pertemuan, kehilangan dua pemain kunci

SAMPAIKAN KOMENTAR