Sepakbola dan Fashion: Tampilan Menawan Para Bintang Lapangan Hijau
27
Jul
2021
1 Comment Share Likes 193 View

Sepakbola sudah menjadi sebuah industri yang besar saat ini. Ia sudah melampaui definisi awalnya sebagai sebuah olahraga olah kulit bundar saja. Karena pesatnya laju industri ini, beberapa pemain sepakbola juga turut bergelimang harta dan popularitas. Bintang-bintang lapangan hijau ini menekuni olahraga paling populer di dunia dan menjalani kehidupan bak selebriti.

Selain aksi-aksi mereka di dalam lapangan, kehidupan di luar lapangan juga menarik disimak dan menjadi santapan awak media. Tak terkecuali yang menarik adalah cara mereka berdandan dan berbusana. Bahkan sejumlah pemain top sampai mendapat julukan sebagai ikon fashion dunia.

Selain tampil menawan, mereka juga kebanjiran tawaran untuk menjadi model dan disponsori oleh banyak merek busana terkenal. Selain itu, beberapa pemain malah membuat label fashion mereka sendiri. Menjadi bukti minat mereka yang tinggi di skena fashion selain sepakbola.

Berikut kami hadirkan daftar siapa saja para bintang sepakbola dunia yang tampil menawan dalam berbusana. Mari disimak, Pria Intersport.

David Beckham


David Beckham Fashion Style dari masa ke masa. Sumber : Vogue.com

 

Sedari dulu nama David Beckham sudah menjadi trendsetter fashion dunia. Ia seakan memimpin sebagai imam barisan pesepakbola yang tampil menawan dengan balutan busana berkelas. Bersama istrinya, Victoria, ia sering kali tampil serasi dalam berbagai acara bergengsi. Becks, sapaan akrabnya juga sering tampil menjadi model untuk banyak merek ternama dunia. Sebut saja beberapa di antaranya adalah Adidas, Emporio Armani, Police, dll.

Selain kemampuan apiknya dalam memadu padankan pakaian, rupanya gaya rambut pemilik tendangan bebas pisang ini juga selalu menjadi panutan banyak orang. Beckham sudah menjelma menjadi selebritas sekaligus bukti karir cemerlangnya di dunia sepakbola.

Rasanya sudah hampir seluruh gaya rambut pernah dicicipi oleh pemain asli binaan Manchester United ini. Mulai dari Pompadour Bangs, potongan Outgrown dengan rambut yang di-bleach, gaya rambut Mohawk ala anak punk dan mantan kapten tim nasional Inggris ini juga pernah menuai banyak kritik dari pengamat fashion dunia ketika ia merubah gaya rambutnya menjadi Cornrows ala rapper.

David Beckham memakai gaya rambut Undercut. Sumber : dmarge.com

 

Namun, walaupun mendapat banyak penilaian negatif tentang beberapa gaya rambutnya, gayanya tetap saja menjadi magnet dan diikuti oleh banyak orang. Penulis jadi mengingat pada medio awal 2000-an, pemain yang berposisi sebagai pemain sayap ini pernah memotong rambutnya dengan gaya Mohawk. Sontak hal tersebut menjadi perbincangan di banyak media dan orang berbondong-bondong meniru gaya potongan tersebut.

Rambut Mohawk menjadi penanda zaman di tahun tersebut. Selain faktor Beckham, saat itu skena musik awal hingga pertengahan 2000-an didominasi oleh aliran pop-punk dan sebagainya. Sebut saja Travis Barker, drummer grup blink-182 yang juga bergaya serupa.

Rasanya tulisan ini akan sangat panjang jika membahas tentang David Beckham dan fashion yang tak ada habisnya.

Cristiano Ronaldo

Nama mega bintang sepakbola Portugal, Cristiano Ronaldo tentu tak asing lagi bagi para penikmat si kulit bundar. Aksi-aksi solonya di lapangan sering kali mengundang decak kagum dan juga sangat merepotkan barisan pertahanan lawan.

Selain permainan gemilangnya di dunia sepakbola, membahas tentang Cristiano Ronaldo akan selalu menarik termasuk juga soal fashion dan cara berbusananya.

Style CR7 dari masa ke masa. Sumber : flickr.com
​​

Elegan dan simpel adalah dua kata yang pantas untuk mewakili gaya Ronaldo dalam berpakaian. Ronaldo hampir jarang sekali terlihat berpakaian yang terlalu mencolok mata. Ia kerap kali hanya memakai kaos polos dan ripped-jeans serta dilengkapi dengan sneakers putih. Walaupun terlihat sangat sederhana, nyatanya gayanya tersebut membuat mantan pemain termahal di dunia ini menjadi sangat maskulin dan elegan.

Cristiano Ronaldo sendiri adalah pemilik akun Instagram dengan jumlah pengikut paling banyak di dunia. Sejak tulisan ini dibuat, pemilik akun @cristiano ini sudah mengumpulkan 317 juta pengikut di jagat dunia maya.

Faktor ini menjadi salah satu alasan banyak merek fashion dunia memakai jasanya sebagai model dan ambassador. Beberapa di antaranya yang pernah bekerja sama dengan mantan pemain Real Madrid ini adalah Louis Vuitton, Dolce Gabbana dan Gucci. Para rumah mode terkemuka ini mengantri untuk membuat kapten Portugal ini mengenakan produk mereka.

Selain menjadi model untuk merek lain, ternyata Ronaldo juga memiliki jiwa pengusaha. Fakta bahwa ia memiliki sebuah brand fashion dengan tajuk CR7 sejalan dengan singkatan nama dan nomor punggung kesukaannya.

CR7 sendiri didirikan oleh Ronaldo sekitar tujuh tahun lalu dengan berfokus pada produk untuk pria khususnya jeans dan celana dalam. Selain itu, Ronaldo juga mempunyai kerajaan bisnis lain selain CR7 ini. Pemain dengan kekayaan bersih mencapai 450 juta dollar atau setara 6,3 triliun rupiah ini juga ikut mencoba peruntungan di bisnis sneaker, parfum, restoran, pusat kebugaran dan hotel.

Keisuke Honda

Keisuke Honda tampil dengan jas dan dasi, dibalut syal abu-abu. Sumber:dailymail.co.uk

 

Dari benua Asia ada nama Keisuke Honda yang acap kali tampil modis ketika di luar lapangan. Pemain yang sempat bermain untuk AC Milan memiliki keunikan sendiri. Ia terlihat sering mengenakan dua jam tangan di tangan kanan dan kirinya. Karena hal tersebut, membuat pemain kelahiran 13 Juni 1986 ini dilirik untuk menjadi model untuk brand jam tangan Gaga Milano yg terkenal mahal itu.

Beberapa kali dalam kesempatan pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini sering menggunakan setelan formal lengkap dengan jas dan dasi. Tampilan seperti tersebut membuat Honda lebih mirip sebagai seorang eksekutif muda dibandingkan seorang pesepakbola.

Pemain yang saat ini bermain untuk Melbourne Victory juga pernah tampil dalam sampul sebuah majalah fashion ternama di Jepang. Majalah GQ edisi Februari 2011 tersebut menampilkan foto Honda sebagai sampul mereka. Tampak juga tulisan “Men of The Year 2010”. Sebuah pengakuan dari publik industri fashion dunia tentang menawannya Honda dalam memperhatikan penampilannya.

Kembali ke dunia sepakbola, Keisuke Honda pernah membela salah satu klub raksasa Eropa dari negeri Italia, AC Milan. Sebelum berlabuh ke Milan, ia sempat selama tiga musim di CSKA Moskow dari 2010-13. Penampilan gemilangnya di Piala Dunia 2010 mampu menggegerkan khalayak melalui gol tendangan bebas jarak jauhnya itu membuat dirinya akhirnya dapat hijrah ke benua biru. Di AC Milan sendiri, Honda jarang mendapatkan tempat reguler. Selama empat musim kebersamaan di I Rossoneri, Honda tampil sebanyak 81 kali dan mencetak 11 gol.

Setelah itu, petualangan sepakbolanya membawa dirinya hingga ke Liga Meksiko bersama Pachuca. Honda juga pernah juga bermain di Liga Premier Azerbaijan bersama Neftci Baku.

Ketika bermain bersama Melbourne Victory di musim 2018-19, Honda juga di waktu yang sama juga menerima pinangan tim nasional Kamboja untuk mengisi posisi sebagai pelatih. Hal tersebut, membuat pemain yang sudah membukukan 98 caps dan 37 gol bersama tim nasional Jepang ini menjadi pemain paling sibuk di dunia karena harus membagi waktunya antara Melbourne dan Kamboja.

Neymar

Neymar Fashion Style. Sumber: footballwallpaper31.blogspot.com

 

Di era sepakbola saat ini rasanya hampir tidak ada penikmat si kulit bundar yang tidak mengenal nama Neymar. Pemain termahal di dunia saat ini selalu sukses memukau mata banyak kawan juga lawannya di lapangan hijau.

Selain aksi-aksi menawannya di dunia sepakbola, rupanya pemain yang saat ini membela Paris-Saint Germain juga begitu menawan di dunia fashion. Neymar pernah terlihat mengenakan koleksi teranyar dari Balmain, sebuah butik desainer kenamaan asal Prancis, dalam ajang UNFP (Union Nationale des Footballeurs Professionnels). Saat itu Neymar mengenakan koleksi Balmain edisi musim Fall/Winter.

Ketertarikan Neymar di dunia fashion, sering kali membuat dirinya menghadiri acara fashion week. Selama bermain untuk PSG ia juga pernah menghadiri Paris Fashion Week 2020. Neymar juga menghadapi The Balmain Fashion Week 2020-21. Dalam acara yang dihelat Tommy Hilfiger, Neymar juga pernah menampakan dirinya.

Dalam banyak unggahan di akun instagramnya, pemain tim nasional Brasil ini juga acap kali mengunggah potret dirinya lengkap dengan padu padan busana yang menawan. Beberapa unggahan terakhirnya di akun @neymarjr, ia juga terlihat menggunakan banyak produk dari salah satu merek ternama, Puma.

Balik ke dunia sepakbola, pemain dengan nama lengkap Neymar da Silva Santos Júnior ini mengawali karirnya bersama klub liga utama Brasil, Santos. Di Santos ia bermain sebanyak 103 kali dan sukses mencatat 54 gol. Neymar juga memenangi anugerah pemain terbaik Amerika Selatan di tahun 2011.

Kegemilangan karirnya di Santos, membuat dirinya dilirik banyak klub besar benua biru, Eropa. Barcelona beruntung bisa memikat dirinya dan pada 25 Mei 2013 Neymar resmi mengumumkan ia akan menandatangani kontrak bersama FC Barcelona. Gelontoran dana hingga 57 juta euro saat itu Neymar yang baru berusia 20 tahun membuat dirinya masuk 10 besar dalam daftar transfer terbesar dunia).

Bersama Blaugrana ia sukses mempersembahkan dua gelar La Liga, dua gelar Copa del Rey, Piala Super Spanyol, sekali Liga Champions Eropa dan sekali Piala Dunia Antarklub FIFA.

Kebersamaan Neymar bersama Barca tidak berlangsung lama. Ia hanya menghabiskan empat musim di Camp Nou dan akhirnya pindah ke Paris-Saint Germain. PSG saat itu berani membayar mahal untuk mendapatkan jasa Neymar dengan menebus buy-out clause sebesar 222 juta euro.

Nilai transfer fantastis ini menjadikan Neymar sebagai pemain termahal di dunia. Ia juga menggeser Paul Pogba yang pada tahun 2016 memecahkan rekor transfer dengan angka 105 juta euro.

Sergio Ramos

Sergio Ramos. Sumber:twitter.com/vamoshazard

 

Nama Sergio Ramos adalah jaminan dari sebuah pertahanan tangguh dalam dunia sepakbola. Ia dikenal sebagai pemain yang tampil lugas dan tidak akan membiarkan setiap lawan melewatinya.

Kehebatannya dalam menjaga pertahanan, membuat mantan kapten Real Madrid ini begitu disegani setiap kawan bahkan juga lawannya. Ia juga sukses mempersembahkan banyak gelar bagi klubnya dan juga untuk tim nasional Spanyol.

Selain penampilannya di atas lapangan hijau, Sergio Ramos juga mencuri perhatian dengan tampilannya dalam berbusana di luar lapangan. Selain itu, pemain Paris-Saint Germain ini juga tampil modis bahkan ketika dia cedera dan mendukung rekan setimnya dari bangku penonton.

Dalam suatu kesempatan, Ramos tampil menawan dengan menggunakan sepasang boots Brogue dari merek kenamaan Gucci. Ramos juga sering tampil simpel dan elegan ketika mengenakan kaos polos, denim jeans dan sepatu sneakers.

Mantan pemain Sevilla ini juga menandatangani sponsor bersama Adidas. Sebelumnya, Ramos sudah bekerja sama dengan kompetitor Adidas, Nike selama 10 tahun terakhir. Under Armour, Puma dan New Balance adalah sederet brand yang pernah bekerjasama dengan dirinya.

Selama karirnya sebagai pesepakbola, Ramos sudah memiliki banyak koleksi trofi dalam lemarinya. Ia memenangkan lima kali trofi La Liga, dua Copa del Rey, empat Piala Super Spanyol, tiga gelar Piala Super Eropa dan empat gelar Piala Dunia Antarklub FIFA. Anugerah yang paling besar yang pernah ia capai yaitu empat kali juara Liga Champions bersama Real Madrid dan sekali mengukuhkan diri sebagai juara Piala Dunia 2010 untuk negaranya Spanyol.

Héctor Bellerín

Catwalk Bellerín di Paris Fashion Week 2020. Sumber: dailymail.co.uk

 

Penggemar sejati sepakbola pasti sudah tak asing lagi dengan nama Héctor Bellerín. Ia adalah seorang bek sayap kanan berbakat yang saat ini bermain untuk tim Liga Premier Inggris, Arsenal. Bellerín sudah bergabung bersama Arsenal sejak 2011 hingga saat ini.

Sebelumnya, ia memulai karir sepakbolanya berawal dari klub akademi Barcelona B. Di tahun 2011 ia pindah ke Arsenal B dan berhasil promosi ke tim senior dua tahun berselang. Bersama Arsenal ia sudah tampil sebanyak 183 kali dan mencetak 8 gol. Angka yang cukup fantastis untuk pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini.

Meskipun memiliki kemampuan dan potensi, tetapi karirnya di tim nasional Spanyol terhitung lambat. Faktor keberadaan Jordi Alba di posisi yang sama membuat pemain berusia 26 tahun ini kesulitan menembus tim utama negeri Matador.

Secara karir sepakbola tidak terlalu moncer tidak membuat Bellerín patah arang. Ia memiliki minat yang besar terhadap dunia fashion. Seperti banyak foto yang terunggah di akun Instagramnya, ia selalu tampil modis dalam setiap kesempatan.

Banyak orang menjadikan akun instagramnya sebagai inspirasi dalam berbusana. Bahkan merek ternama H&M sempat merilis artikel khusus untuk dirinya beberapa waktu lalu. “Fashion seperti kegiatan aktivis. Dan, busana kami juga bisa menyebarkan pesan positif untuk yang lainnya.” pungkas Bellerín yang dilansir Complex Magazine.

Minat Bellerín di dunia fashion juga membuat dirinya sering kali menghadiri banyak acara fashion show. Salah satu ajang yang sering didatangi adalah London Fashion Week’s Men edisi terbaru ini.

Jerome Boateng

Jerome Boateng di peluncuran Nike x OFF White. Sumber: soccerbible.com

 

Selama ini Jerome Boateng dikenal khalayak sebagai salah satu pemain sepakbola berbakat asal Jerman. Timnya saat ini Bayern Munchen adalah salah satu tim besar yang mendominasi Bundesliga, Jerman.

Selain kemampuan hebatnya di dunia sepakbola, Boateng ternyata juga terkenal di industri fashion. Kemampuan Boateng dalam berbusana membuat dirinya didapuk sebagai salah satu pria menawan menurut Majalah GQ Jerman di tahun 2015 silam.

Di akun instagramnya, Boateng pun sering mengunggah banyak potret dirinya dengan beragam gaya dan busana. Balenciaga, Zanotti, Buscemi, Balmain, dan Givenchy merupakan beberapa label yang ia senangi untuk mendukung penampilannya.

Ada satu fakta menarik tentang mantan pemain Manchester City ini. Boateng juga dikenal sebagai kolektor sepatu sneakers. Tercatat pemain berpostur 190 cm ini sudah mengoleksi lebih dari 650 pasang sepatu. Dia juga dikontrak merek internasional salah satunya adalah Nike. Boateng dan Nike berkesempatan meluncurkan koleksi Nike x OFF-WHITE edisi Piala Dunia.

Kembali ke dunia sepakbola, Boateng sendiri memulai karirnya di sepakbola dengan tim muda Hertha Berlin sebelum akhirnya promosi ke tim utama di tahun 2007. Setelahnya ia pindah ke Hamburg SV hingga tahun 2010. Tampil gemilang di Hamburg membuat dirinya berkesempatan bergabung dengan klub besar lainnya. Salah satu yang sukses mendapatkan jasa sang pemain adalah Manchester City. Tetapi, di The Citizen dirinya hanya bertahan semusim dan hanya bermain sebanyak 16 kali. Saat ini, pemain kelahiran 3 September 1988 ini memperkuat Bayern Munchen yang sudah dibelanya sejak tahun 2011 silam

Dari sekian banyak nama pemain bintang dalam daftar ini. Siapa yang menurut Pria Intersport paling modis dalam berbusana? Share di kolom komentar, ya.

SAMPAIKAN KOMENTAR