Raja Assist Kompetisi Eropa: Kontradiksi Gelandang Korea Selatan
29
Oct
2020
0 Comment Share Likes 352 View

Kompetisi papan atas Eropa sudah bergulir setidaknya lima pekan lebih. La Liga, Serie A, Premier League, dan Bundesliga menyajikan awal musim yang mengasyikan untuk para pecinta sepakbola di seluruh dunia. Pemain-pemain top dengan berbagai aksinya mampu memberi hiburan kepada penggemarnya.

Dari awal musim ini pula, para pecinta sepakbola di dunia melihat pemain yang sudah mapan atau juga nama baru bisa tampil menonjol bersama klubnya masing-masing. Mereka berhasil memberi kejutan dengan penampilan impresif dalam setiap kesempatan turun bertanding.

Gelandang Valencia, Lee Kang-in. Foto: Twitter.com/valenciacf_en
 

Kali ini kami akan mengajak pembaca untuk melihat rekam jejak pemain yang memiliki catatan assist  terbanyak di empat kompetisi papan atas Eropa. Dari nama-nama yang ada sekarang menghadirkan kejutan baru, karena mereka mampu mendobrak 'pelayan-pelayan' kawakan yang selama ini mendominasi jajaran pemberi assist terbanyak.

LaLiga

Gelandang muda asal Korea Selatan, Lee Kang-in berhasil mencuri perhatian di La Liga musim ini. Namanya jadi pemuncak daftar pemberi assist terbanyak kompetisi kasta tertinggi Spanyol. Total sudah tiga assist yang disumbangkannya bersama Valencia.

Tiga assist yang disumbangkan Kang-in tercipta dalam dua pertandingan. Di pekan perdana La Liga, dia memberikan dua assist saat Valencia mengalahkan Levante dengan skor 4-2. Umpannya dikonversi menjadi gol oleh Gabriel Paulista dan Maxi Gómez. Satu lagi diberikannya kepada Toni Lato ketika Los Che kalah 1-2 dari Elche CF di pekan ketujuh La Liga.

 

Catatan assist Lee Kang-in di pekan ketujuh La Liga. Foto: twitter.com/LaLigaEN

 

Meski mampu menduduki posisi teratas pemberi assist terbanyak La Liga, tapi di Valencia sendiri posisinya tidaklah nyaman. Dia sempat tidak dimainkan sama sekali oleh pelatih Javi Gracia di pekan keenam, ketika berhadapan dengan Villarreal. Total menit bermainnya dalam enam laga musim ini juga hanya 248 menit.

Jika Kang-in diturunkan sejak awal, paling lama dia bermain 71 menit. Dalam beberapa kesempatan dia turun sebagai pemain pengganti ketika babak kedua sudah memasuki pertengahan. Situasi sulit ini di luar dugaan, karena banyak yang memprediksi gelandang berusia 19 tahun bakal jadi andalan di musim ini.

Bergabung dengan akademi Valencia sejak 2017, Kang-in adalah salah satu bakat dari Asia yang digadang-gadang bisa bersinar di Eropa. Dia mendapatkan promosi ke tim utama Los Che pada 2018, dan turun dalam beberapa pertandingan.

Musim lalu dia sudah bermain dalam lima pertandingan Liga Champions, dua kali di Copa del Rey, dan 17 kali di La Liga. Saat kepercayaan besar didapatkan, petaka lalu datang. Dia mengalami cedera dan diharuskan istirahat selama lima pekan. Dari sana dia harus kembali bekerja keras mencuri perhatian pelatih.

Mengutip As.com, perjuangan Kang-in terus berlanjut di musim ini. Sang pelatih nampaknya masih belum percaya betul Kang-in bisa konsisten dalam setiap pertandingan. Situasi ini kemudian memunculkan spekulasi dia ingin segera mencari klub baru.

Kontrak Kang-in dengan Valencia akan berakhir pada 2022 mendatang. Klub sudah mengajukan tawaran perpanjangan, tapi dia menolak menandatangani sekarang. Kondisi inilah yang kemudian menyulitkan manajemen, karena secara komersial Kang-in adalah aset besar. Penjualan jersey Valencia di Korea Selatan sangat laris.

Serie A

Ada tiga pemain yang kini menduduki daftar teratas 'pelayan' terbaik di Serie A. Mereka semua sama-sama menyumbangkan tiga assist di awal musim ini. Cristiano Biraghi (Fiorentina), Dries Mertens (Napoli), dan Henrikh Mkhitaryan (AS Roma) yang bercokol di jajaran teratas.

Biraghi mencuri perhatian di musim ini bukan cuma karena bisa memberi tiga assist, tapi juga mencetak satu gol. Pemain yang bisa beroperasi sebagai bek dan gelandang kiri itu tampil impresif bersama Fiorentina. Tapi, torehannya tersebut baru bisa dihasilkan saat pekan keempat dan kelima.

Dia mencetak masing-masing satu gol dan assist ketika Fiorentina ditahan imbang 2-2 oleh Spezia. Lalu dua assist sumbangannya tercipta saat mengalahkan Udinese dengan skor 3-2. Germán Pezzella dan Gaetano Castrovilli adalah rekan setim yang sukses meneruskan umpan Biraghi menjadi gol.

 

Pemain Fiorentina, Cristiano Biraghi (tengah). Foto: acffiorentina.com

 

Fiorentina bisa saja kehilangan Biraghi di musim ini. Karena mereka sempat bernegosiasi dengan Inter Milan untuk melakukan perpanjangan masa pinjaman dengan opsi pembelian. Bersama La Beneamata pun dia mendapat menit bermain yang cukup.

Mengutip Footballitalia.com, setelah kedua klub melakukan negosiasi panjang, kata sepakat tak kunjung ditemukan. Akhirnya pemain berusia 28 tahun itu kembali bersama Fiorentina dan berusaha semaksimal mungkin menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Pemain berikutnya yang sudah menyumbangkan tiga assist di Serie A adalah Mertens. Penyerang milik Napoli itu menunjukkan dirinya belum habis meski sudah berusia 33 tahun. Karena dia juga sudah mengoleksi dua gol di awal musim ini.

Catatan itu dia buat ketika tampil dalam empat pertandingan Napoli. Di pekan pertama, dia menyumbangkan satu gol saat mengalahkan Parma 2-0. Lalu sumbangan satu gol dan dua assist ditorehkan saat Napoli menggilas Genoa 6-0.

Pemain asal Belgia itu meneruskan catatan positif di pekan keempat saat Napoli mengalahkan Atalanta dengan skor 4-1. Dia menyumbangkan satu assist yang kemudian dimanfaatkan menjadi gol oleh Hirving Lozano.

Jika dibandingkan dengan musim lalu, Mertens dalam lima pekan pertama Serie A juga bisa impresif. Tapi dia lebih tajam dalam urusan membobol gawang lawan. Tiga gol dan satu assist yang dia catatkan kala itu. Ditarik secara keseluruhan Serie A musim lalu, dia menyumbangkan masing-masing sembilan gol dan assist dari 31 laga yang dijalani.

Lalu ada nama Mkhitaryan yang memulai musim keduanya bersama Roma dengan catatan impresif. Sebagai penyerang sayap, memang dia dikenal lihai dalam memberikan umpan matang kepada ujung tombak. Tapi di Serie A musim ini, dia menunjukkan tanda semakin klop dengan tim.

Assist pertamanya musim ini disumbangkan pada pekan kedua Serie A saat Roma menjamu Juventus. Lalu dua sisanya dia berikan ketika I Lupi menggulung Benevento dengan skor 5-2 pada pekan keempat. Torehan pemain asal Armenia itu bisa saja terus bertambah asalkan cedera seperti musim lalu tak mengganggu kembali.

Mengutip Transfermarkt.com, di musim lalu Mkhitaryan harus absen 11 kali karena cedera yang mengganggu. Awalnya pekan ketujuh sampai 13 Serie A. Dia bisa kembali bermain selama lima pertandingan berikutnya, dan lagi-lagi kesialan menimpa mulai dari pekan ke-19 hingga 22.

Meski cedera terus melandanya, tapi dalam setiap kesempatan tampil, performa semaksimal mungkin dia berikan untuk Roma. Di musim lalu, mantan pemain Arsenal itu berhasil menyumbangkan Sembilan gol dan lima assist.

Bundesliga

Jonas Hofmann mencuri perhatian di Bundesliga musim ini. Penyerang sayap  Borussia Mönchengladbach itu sudah menyumbangkan empat assist. Torehan yang menempatkannya di jajaran teratas 'pelayan' terbanyak di kompetisi kasta tertinggi Jerman.

Bisa dimainkan di sisi kiri atau kanan, kemampuan Hofmann dalam melepaskan umpan patut diacungi jempol. Pemain berusia 28 tahun itu juga punya naluri gol yang baik. Karena sudah dua kali membobol gawang lawan Mönchengladbach musim ini.

Pada pertandingan pekan kedua Bundesliga melawan Union Berlin, Hofmann menyumbangkan satu assist. Berlanjut ke pekan ketiga berhadapan dengan FC Köln, dia mencatatkan dua assist.

 

Gelandang Borussia Mönchengladbach, Jonas Hofmann. Foto: instagram.com/borussia

 

Berhadapan melawan Wolfsburg pada pekan keempat Bundesliga, giliran Hofmann unjuk ketajaman dengan mencetak satu gol. Kemudian sumbangan masing-masing satu gol dan assist untuk Mönchengladbach saat melawat ke markas Mainz di pekan kelima.

Penampilan Hofmann di awal musim ini mengejutkan penggemar Bundesliga. Ketika tampil di musim lalu, dari 24 pertandingan yang dilakoni, dia cuma berhasil menyumbangkan tiga assist dan lima gol. Torehan yang jauh lebih meningkat dan bisa jadi akan terus dia tambah ke depannya.

Pemain lainnya yang sudah menyumbangkan empat assist di Bundesliga adalah Thomas Müller. Andalan Bayern Munich itu juga sukses mencetak tiga gol ke gawang lawan. Dia mencatatkannya dari lima laga musim ini.

Pemain yang dijuluki Sang Penafsir Ruang itu mencetak satu gol dan assist di laga perdana Bundesliga musim ini saat Bayern menggulung Schalke 04 dengan skor 8-0. Sumbangan satu assist lagi dia berikan di pekan kedua. Sayang Bayern kalah 1-4 dari Hoffenheim.

Melawan Hertha Berlin, Müller menambah satu lagi sumbangan assist-nya untuk Bayern. Dan penampilan gemilang ditunjukan ketika timnya menang 4-1 atas Arminia Bielefeld. Pemain berusia 31 tahun itu mencetak dua gol dan satu assist.

Sebagai penyerang lubang dalam tim, keahlian Müller dalam melepaskan umpan matang tidak perlu diragukan lagi. Musim lalu, dia sukses mencatatkan 21 assist, dan itu jadi yang terbanyak di Bundesliga.

Sejak musim 2014/2015 hingga 2019/2020, baru sekali kali Müller menyumbangkan total assist satu digit untuk Bayern di seluruh kompetisi, yaitu di tahun 2015/2016 sebanyak tujuh kali. Tapi, ketika itu total golnya mencapai 20.

Premier League

Harry Kane menjelma jadi 'pelayan' yang baik dalam skuad Tottenham Hotspur. Bayangkan saja, sebagai ujung tombak yang seharusnya tinggal jadi eksekutor penyelesaian akhir, dia sudah menyumbangkan delapan assist dalam enam pertandingan Premier League musim ini.

Padahal di musim lalu, sumbangan assist pemain asal Inggris itu untuk Tottenham di Premier League cuma dua. Jumlah golnya ketika itu mencapai 18. Statistik yang memang patut diperlihatkan oleh seorang striker murni. Apa yang kemudian membuat peran Kane berubah?

 

Striker Tottenham Hotspur, Harry Kane. Foto: twitter.com/SpursOfficial

 

Manajer Tottenham, José Mourinho mengatakan, targetnya memang memaksimalkan duet Kane dengan Son Heung-min di musim ini. Keduanya saling memahami dan dampak yang diberikan begitu luar biasa. Total kerja sama mereka sudah menghasilkan 29 gol sepanjang bersama-sama di The Lillywhites.

Assist terakhir yang diberikan Kane kepada Son terjadi di laga melawan Burnley, Selasa dini hari WIB 27 Oktober 2020. Sundulan Kane meneruskan umpan sepak pojok dan disambar lagi dengan kepala oleh Son. Tottenham bisa mengakhiri laga dengan kemenangan 1-0.

"Kami coba bermain dengan cara mengarah kepada kualitas mereka berdua. Mereka menikmatinya, dan mereka adalah teman yang sangat baik. Penting ketika Anda memiliki pemain top seperti mereka di dalam tim," tutur Mourinho, dikutip dari Sportsmole.co.uk.

Dari delapan assist yang dicatatkan Kane musim ini, empat di antaranya dilakukan saat Totteham menang 5-2 atas Southampton. Ketika itu dia juga menyarangkan satu gol. Lalu ada tambahan satu assist di laga melawan Newcastle United pada pekan ketiga Premier League.

Meski sudah jadi 'pelayan' yang baik, tapi ketajaman Kane tak berkurang. Dua gol dan satu assist jadi persembahan berusia 27 tahun itu ketika Tottenham menang telak 6-1 atas Manchester United. Torehan serupa dia catatkan ketika bermain imbang 3-3 melawan West Ham United.

SAMPAIKAN KOMENTAR