Musim Baru La Liga: Utang Big Match, Kejar Start Positif
11
Sep
2020
1 Comment Share Likes 334 View

TIDAK terasa LaLiga musim 2020/2021 segera bergulir. Tepatnya mulai Sabtu 12 September 2020, para pencinta sepak bola akan disuguhi kembali persaingan ketat di kompetisi kasta tertinggi Spanyol.

Walau diprediksi persaingan juara agaknya masih milik Real Madrid CF dan FC Barcelona. Namun patut diketahui atmosfer panas LaLiga tidak melulu didominasi Barca dan El Real. Semua tim bakal bersaing ketat. Terutama di pekan-pekan awal, demi mencatat start positif buat modal perjalanan semusim.

 La Liga 2020/2021 – Sumber gambar: La Liga

 

Di pekan pertama nanti tim besar seperti Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, Sevilla, hingga Getafe belum turun bermain. Laga pekan pertama mereka harus diutang, untuk memberi kesempatan persiapan lebih longgar, setelah musim kemarin harus menuntaskan pertandingan di Eropa, saat LaLiga sudah kelar. Real Madrid dan Getafe musim ini baru mulai main di pekan kedua. Sedangkan Barcelona, Atletico Madrid, dan Sevilla malah lebih lama. Baru turun ke lapangan di pekan ketiga atau akhir September mendatang.

Padahal seharusnya di pekan pertama kalau normal ada jadwal Atletico Madrid menghadapi Sevilla FC. Laga itu menjanjikan drama seru. Atletico dengan juru taktik Diego Simeone dan barisan pemain yang tangguh, bakal melawan Sevilla sang juara Liga Europa 2019/2020. Namun laga itu harus ditunda. Baru dimainkan pada 12 Januari 2021. Jadi di pekan pertama nanti hanya ada 7 pertandingan yang tersaji.

GRANADA VS ATHLETIC BILBAO, Paling Pertama

PERTANDINGAN ini menjadi pembuka La Liga 2020/2021. Digelar paling pertama pada Sabtu 11 September 2020 sore waktu setempat atau Sabtu 12 September 2020, pukul 21.00 WIB. Sudah pasti ini partai sangat ditunggu, karena ada peluang besar tercipta gol pertama musim ini, kemudian siapa pemain yang akan mencetak gol pertama itu.

Sebagai tim yang pernah menjadi juara La Liga sebanyak 8 kali, Athletic Bilbao tidak ingin dipermalukan Granada. Meski dalam mengawali musim ini, Granada statusnya lebih tinggi atas Athletic Bilbao, karena musim kemarin finis di peringkat lebih baik. Musim ini Granada juga lolos ke kualifikasi Liga Europa. Sementara Athletic Bilbao gagal dapat tiket ke Eropa.

Duel nanti turut mempertaruhkan gengsi wilayah. Granada yang bertindak sebagai tuan rumah adalah wakil kawasan Andalusia. Sedangkan Athletic Bilbao merupakan kebanggaan masyarakat Basque.

CADIZ VS OSASUNA, Menunggu 14 Tahun

INI adalah pertandingan paling ditunggu Cadiz CF. Setelah absen dari kasta tertinggi kompetisi Spanyol, Cadiz musim ini eksis lagi. Mereka adalah salah satu dari tiga tim berstatus promosi di musim ini. Kali terakhir Cadiz bermain di La Liga pada 14 tahun lalu. Cadiz adalah runner-up Segunda Division musim kemarin, sehingga termasuk tim paling awal memastikan promosi ke La Liga 2020/2021.

Lawan pertama Cadiz di kompetisi musim ini adalah Osasuna. Tim yang musim kemarin finis di papan tengah klasemen akhir. Di musim ini Osasuna tidak banyak mengubah kekuatan tim. Jabatan pelatih kepala tetap dipegang Jagoba Arrasate. Tim yang bermarkas di Pamplona ini sudah pasti tidak ingin dipermalukan tim promosi seperti Cadiz.

REAL VALLADOLID VS REAL SOCIEDAD, Ukuran Musim Kemarin

MUSIM kemarin Real Soceidad berhasil meraih tiket ke kompetisi Eropa, tepatnya Liga Europa. Itu setelah finis di posisi keenam klasemen akhir. Mereka berhak lolos langsung ke babak utama atau penyisihan grup. Status itu diyakini memberi tambahan kepercayaan diri buat skuat Real Sociedad untuk mengawali La Liga 2020/2021.

Di pekan pertama ini Real Sociedad melawat ke markas Real Valladolid. Klub yang saham terbesarnya dimiliki Ronaldo Nazario, salah satu legenda besar sepak bola Brasil. Musim kemarin Valladolid hanyalah tim papan tengah. Jarang bersaing di papan atas. Tapi hampir tidak pernah pula mendekati zona degradasi.

Tidak banyak perubahan komposisi pemain dari kedua tim dalam menghadapi persaingan di La Liga 2020/2021. Jadi kekuatan tim dan cara bermain kedua kesebelasan mungkin tidak jauh berbeda dari musim kemarin. Di musim 2019/2020, dari catatan head to head Real Sociedad lebih unggul. Karena menang di kandang, lalu imbang di markas Valladolid.

 Unai Emery – Sumber foto: villarrealcf.es

 

VILLARREAL VS HUESCA, Pembuktian Unai Emery

SETELAH dipecat Arsenal FC, sekarang saatnya buat Unai Emery membuktikan tangan dinginnya masih kompetitif untuk menangani suatu tim. Unai Emery diberhentikan Arsenal pada akhir 2019, setelah itu menganggur sampai kompetisi 2019/2020 selesai. Baru datang tawaran dari Villarreal.

Tanpa berpikir dua kali Unai Emery menyetujui kontrak yang ditandatangani pada 23 Juli 2020. Di Villarreral tugas Unai Emery tidak hanya di kompetisi domestik. Karena Villarreal juga lolos ke Liga Europa. Jadi ada tiga ajang yang diikuti Villarreal di musim 2020/2021, yaitu La Liga, Piala Raja, dan Liga Europa.

Nah laga pekan pertama La Liga 2020/2021 ini menjadi kesempatan Unai Emery untuk memperlihatkan kemampuan manajerialnya masih berkualitas. Villarreal akan menghadapi tim promosi, Huesca. Tim yang naik kasta setelah menjadi juara Segunda Division musim kemarin. Akankah Huesca mampu memberi kejutan buat Villarreal yang menatap hidup baru bersama Unai Emery? Itu menjadi bumbu renyah untuk menanti hasil pertandingannya.

VALENCIA VS LEVANTE, Derby Pekan Pertama

PEKAN pertama La Liga 2020/2021 diwarnai Derby Valencia. Adalah bentrok antara Valencia CF melawan Levante UD yang menjadi pemanas pekan pertama. Kedua tim ini sama-sama berasal dari region Valencia. Untuk putaran pertama ini Valencia yang bertindak sebagai tuan rumah terlebih dahulu.

Dengan kapten Jose Gaya yang menjadi pahlawan Timnas Spanyol saat bermain imbang melawan Jerman di Nations League Grup 4, beberapa hari lalu, Valencia siap melumat Levante. Valencia di musim ini ditangani sosok baru, Javi Garcia. Ia menggantikan Albert Celades yang digusur jelang kompetisi selesai.

Sedangkan Levante yang musim kemarin selesai di papan tengah, masih ditangani pelatih Paco Lopez. Kapten tim juga tetap dijabat Jose Luis Morales. Sebagai tim tamu, Levante diprediksi akan bermain lebih bertahan. Mengingat tuan rumah punya ambisi besar di bawah pelatih anyar.

 Real Betis – Sumber foto: en.realbetisbalompie.es

 

ALAVES VS REAL BETIS, Menanti Sentuhan Pellegrini

LAGI-lagi ini adalah pertemuan antartim papan bawah dari La Liga musim kemarin. Deportivo Alaves dan Real Betis di kompetisi COVID-19 lalu, sama-sama finis di papan bawah, bahkan menempel. Real Betis urutan 15, Alaves di peringkat 16.

Tapi yang bikin menarik pertemuan antara Alaves melawan Real Betis di pekan pertama nanti adalah kedua tim sama-sama memiliki pelatih baru. Alaves sekarang dilatih Pablo Machin. Sementara Real Betis ditangani Manuel Pellegrini. Kita tahu Manuel Pellegrini merupakan salah seorang pelatih dengan rekam jejak juara. Jadi layak untuk dinantikan bagaimana nanti kiprahnya saat menangani Real Betis, sejak pekan pertama musim ini.

PARTAI TUNDA, Terasa Hambar

ADA tiga pertandingan di pekan pertama yang ditunda. Ketiga laga itu adalah Barcelona vs Elche, Real Madrid vs Getafe, dan Atletico Madrid vs Sevilla. Rasanya memang hambar melihat La Liga dengan empat tim besar, Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Sevilla, absen bertanding. Tapi itu adalah fakta yang tidak bisa dihindari. Operator La Liga memberi kesempatan buat keempat tim itu melakukan persiapan lebih panjang, supaya sama dengan tim lainnya. Mengingat mereka mengakhiri kompetisi lebih lambat, karena tugas di Eropa.

Yang disayangkan adalah Derby Madrid antara Real Madrid melawan Getafe harus diutang. Padahal derby ini selain Real vs Atletico, sangatlah ramai. Getafe selalu berusaha mengusik kemapanan Real sebagai raksasa Madrid dan Spanyol.

Lalu partai ketiga yang ditunda adalah pertemuan antara Atletico melawan Sevilla. Seandainya berlangsung sesuai jadwal pekan perdana, partai ini bakal menjadi bigmatch pertama La Liga 2020/2021, seperti yang telah dijelaskan di awal tulisan.

PEKAN KEDUA, Real Madrid Beraksi

PADA pekan kedua ini masih ada tiga pertandingan yang diutang, dipindah ke tanggal lain. Tiga laga itu adalah Levante vs Atletico Madrid, Sevilla vs Elche, dan Athletic Bilbao vs Barcelona. Kalau Real Madrid dan Getafe sudah mulai bermain di pekan kedua.

Jadi pertandingan paling ditunggu di pekan kedua ini adalah Real Sociedad melawan Real Madrid. Kita tahu Real Madrid adalah juara bertahan La Liga. Semua penasaran bagaimana Real Madrid mengawali perjuangan mempertahankan gelar La Liga. Tentu saja masih di bawah arahan Zinedine Zidane sebagai pelatih bertangan dingin.

Total ada 7 pertandingan sesuai jadwal yang akan berlangsung pada pekan kedua. Tujuh laga itu adalah Getafe vs Osasuna, Villarreal vs Eibar, Celta Vigo vs Valencia, Huesca vs Cadiz, Granada vs Alaves, Real Sociedad vs Real Madrid, dan Real Betis vs Real Valladollid. Rangkaian pekan kedua La Liga ini berlangsung pada 17-23 September 2020.

 Ronald Koeman dan Barcelona – Sumber foto: fcbarcelona.com

 

PEKAN KETIGA, Wajah Baru Barcelona

SEKARANG saatnya semua jadwal pertandingan berlangsung normal. Ada 10 pertandingan pada pekan ketiga. Semua tim yang diberi kelonggaran persiapan, mulai turun bermain. Inilah kesempatan pertama buat Barcelona, Atletico Madrid, dan Sevilla turun gelanggang. Termasuk Elche, tim promosi yang juga baru turun di pekan ketiga, karena jadwal pekan pertama dan kedua mempertemukan mereka dengan Barcelona dan Sevilla. Lagipula Elche juga baru selesai memainkan play-off promosi pada pekan kedua Agustus lalu.

Pastinya di pekan ketiga nanti semua mata akan tertuju kepada performa Barcelona di tangan pelatih anyar mereka, Ronald Koeman. Kebetulan lawannya juga mentereng, Villarreal. Tidak kalah penting adalah apakah Lionel Messi nanti akan diturunkan sebagai starter? Setelah drama mau pergi dari Barcelona berakhir antiklimaks. Maka itu bigmatch pekan ketiga mendatang sudah pasti jadi label buat Barcelona vs Villarreal.

Adapun jadwal selengkapnya pekan ketiga yang akan berlangsung di minggu keempat September adalah Alaves vs Getafe, Atletico Madrid vs Granada, Barcelona vs Villarreal, Real Betis vs Real Madrid, Eibar vs Athletic Bilbao, Cadiz vs Sevilla, Osasuna vs Levante, Valencia vs Huesca, Real Valladolid vs Celta Vigo, dan Elche vs Real Sociedad.

SAMPAIKAN KOMENTAR