Jornada Terakhir La Liga 2020/2021: Penutup Dengan Atmosfer Sengit
22
May
2021
0 Comment Share Likes 68 View

Jornada atau pekan terakhir La Liga Spanyol 2020/2021 akan berlangsung serentak pada Sabtu, 22 Mei 2021. Ada 10 pertandingan serentak yang terjadwal pada pekan terakhir. Pertandingan harus diselenggarakan bersamaan, terutama buat tim yang masih saling bersaing, demi menjaga asas fair play dan sportivitas. Persaingan itu mulai di jalur juara, perebutan peringkat di zona Liga Champions atau Liga Europa, hingga adu sikut untuk menghindari degradasi. Jadi sudah sewajarnya kompetisi, jornada terakhir La Liga bakal seru, ketat, dan menegangkan. Akan banyak cerita yang muncul, entah yang bahagia atau sedih. Di situlah nanti rasanya menang atau kalah dan sukses atau gagal menjadi begitu tipis.

Persaingan La Liga 2020/2021 – Foto: Twitter.com/LaLiga

 

Melihat jadwal pertandingan pada jornada terakhir La Liga atau pekan ke-38, tidak ada tim di empat besar yang sedang bersaing di jalur juara akan bentrok langsung. Atlético Madrid, Real Madrid, Barcelona, dan Sevilla, menghadapi lawan-lawan yang di penghujung La Liga musim ini ada di papan tengah atau malah papan bawah. Apakah ini menjadi peluang buat keempat tim papan atas itu bisa mudah memetik kemenangan? Oh, tentu tidak. Karena dalam sepak bola tidak ada yang pasti. Semua kemungkinan punya peluang untuk terjadi, alias bola itu bundar. Tim yang sudah degradasi pun bisa tiba-tiba mengejutkan tim yang sedang ada di puncak klasemen.

Maka itu jornada terakhir La Liga 2020/2021 tidak akan bosan untuk ditunggu dan ditonton. Karena diyakini semua pertandingan bakal punya tensi tersendiri.

Lantas apa saja pertandingan di jornada terakhir La Liga 2020/2021 nanti? Berikut analisis pertandingan per pertandingannya:

Celta Vigo vs Real Betis

Kedua tim ini sudah aman dari degradasi. Celta Vigo dan Real Betis sama-sama penghuni papan tengah klasemen sementara. Tapi bukan berarti pekan terakhir nanti akan hambar.

Namun pelatih Celta Vigo dan Real Betis diprediksi bakal menurunkan mayoritas pemain yang musim ini belum dapat banyak menit bermain. Opsi memasang banyak pemain muda, juga sepertinya terbuka dilakukan.

Melihat situasi dan kondisi kedua tim, agaknya pertandingan Celta Vigo vs Real Betis bakal berakhir seri. Kalaupun ada yang menang, hanya akan tercipta kedudukan akhir tipis.

Eibar vs FC Barcelona

 

FC Barcelona – Foto: Twitter.com/FCBarcelona

 

Pada jornada terakhir Barcelona bakal melakoni laga tandang. Pergi ke markas Eibar, yaitu Ipurua Municipal Stadium. Barcelona datang untuk mencari kemenangan, demi menebus pertemuan pada putaran pertama lalu, saat Eibar datang ke Camp Nou.

Pada pertemuan putaran pertama La Liga atau pekan ke-19 antara Barcelona vs Eibar, pertandingan berjalan ketat. Eibar yang ada di posisi lebih bawah, mampu memberi kesulitan tersendiri buat Barcelona.

Bahkan Eibar unggul lebih dulu pada menit ke-57, ketika Kike menjebol gawang Barcelona. Tuan rumah baru membalas lewat Ousmane Dembele pada menit ke-67.

Diprediksi Barcelona tidak akan kesulitan mengalahkan Eibar di pekan terakhir nanti. Apa sebabnya? Karena Barcelona sedang berkejaran di jalur juara, sehingga bakal punya fokus 100 persen. Tebak hasil pertandingan untuk Eibar vs Barcelona nanti adalah 0-2 buat kemenangan tim tamu. Setuju?

Elche vs Athletic Bilbao

Tuan rumah menjamu tamunya dalam posisi terjepit. Karena Elche ada di zona merah rawan degradasi. Maka Elche harus bisa mengalahkan Athletic Bilbao, demi mendapatkan poin krusial di jornada terakhir.

Sebaliknya Athletic Bilbao sudah aman tetap bertahan di La Liga kasta tertinggi. Hal itu bisa membuka kemungkinan Athletic Bilbao menurunkan banyak pemain pelapis. Selain untuk memberi kesempatan menambah menit bermain, juga untuk menghindari cedera para pemain utama. Sebab selepas jornada terakhir ada jadwal internasional timnas negara.

Sebaliknya skuad Elche akan bermain habis-habisan. Para pemain siap berdarah-darah untuk mempertahankan timnya tetap di posisi terhormat. Kalaupun di akhir musim gagal dan harus degradasi, mereka sudah membuktikan berjuang sampai akhir.

Granada vs Getafe

Pertandingan ini tidak ubahnya ingin mencari akhir manis untuk menutup La Liga 2020/2021. Sebagai tuan rumah adalah Granada yang di ujung musim ini ada di papan tengah. Sedangkan Getafe ada di papan tengah dan sempat bersaing untuk mengamankan posisi dari ancaman degradasi.

Di putaran pertama lalu Granada yang bermain di kandang Getafe, mampu memenangi pertandingan dengan kedudukan 1-0. Gol tunggal dicetak bunuh diri Angel Montoro. Jadi nanti merupakan peluang Getafe untuk balas dendam, atas kekalahan di kandang pada putaran pertama.

Sebaliknya Granada boleh jadi ingin memperpanjang dominasi atas Getafe. Tapi prediksi Granada yang punya posisi di klasemen lebih bagus, sepertinya bisa mengamankan kemenangan di pertandingan terakhir menghadapi Getafe nanti.

Levante vs Cadiz

Jadwal Levante vs Cadiz nanti adalah pertemuan antar tim papan tengah. Perjalanan kedua tim di La Liga musim ini tidak terlalu mentereng untuk bersaing di papan atas. Maka orbit mereka di sepanjang musim ini lebih banyak berkutat di papan tengah. Hasilnya di akhir musim benar ada di papan tengah.

Untuk pertandingan pekan terakhir nanti, pelatih Levante dan Cadiz bisa menurunkan pemain pelapis. Sama seperti tim lainnya yang sudah aman dari ancaman degradasi, dan tidak berpeluang untuk finis di zona kompetisi Eropa.

Maka pilihan bijak adalah memberi kesempatan buat pemain pelapis bermain. Sambil memberi pengalaman bermain di La Liga, buat para pemain muda. Siapa tahu ada pemain muda yang menonjol di akhir musim, untuk bisa bersaing masuk dalam tim utama musim depan.

Osasuna vs Real Sociedad

 

Real Sociedad – Foto: Twitter.com/RealSociedadEN

 

Di awal musim La Liga musim ini Real Sociedad sempat menguasai puncak klasemen. Tapi seiring perjalanan waktu mulai kehabisan bensin, dan paling maksimal hanya bisa finis di peringkat kelima atau zona Liga Europa. Namun posisi itu sudah dianggap yang terbaik, mengingat persaingan ketat.

Menjalani pertandingan terakhir musim ini Real Sociedad bertandang ke markas Osasuna. Di musim ini Osasuna ada di papan tengah. Diprediksi pertandingan Osasuna vs Real Sociedad bakal berimbang. Hal ini mengacu pada hasil pertandingan terakhir kedua tim.

Tampaknya Osasuna dan Real Sociedad mulai kehabisan energi. Namun pertandingan terakhir tetap harus diusahakan berakhir manis. Jangan sampai tidak meninggalkan kesan yang positif di akhir musim. Jadi diperkirakan pertandingan Osasuna vs Real Sociedad tetap bakal seru.

Real Madrid vs Villareal

 

Real Madrid – Foto: Twitter.com/realmadrid

 

Sejak gagal lolos ke final Liga Champions musim ini karena disingkirkan Chelsea di semifinal, Real Madrid memeras keringat betul untuk bisa finis sebagai juara La Liga Spanyol. Karena hanya tinggal itu kemungkinan trofi yang bisa didapat. Termasuk pertandingan terakhir melawan Villarreal ini juga wajib dimenangi Real Madrid, apapun hasil akhir pada jornada La Liga ini.

Dilihat dari perbandingan materi pemain. Real Madrid diprediksi tidak kesulitan untuk mengamankan kemenangan atas Villarreal. Real Madrid juga didukung bermain di kandang pada pekan terakhir, sehingga punya motivasi lebih tinggi untuk bisa menang agar tidak malu.

Namun Villarreal bukan tim yang mudah ditaklukkan. Posisi mereka di papan tengah. memperlihatkan Real Sociedad sejatinya mampu bersaing dengan tim yang punya materi lebih bagus. Termasuk menghadapi Real Madrid dalam pertandingan nanti. Maka itu kalaupun Real Madrid nanti menang, bisa jadi hanya dengan angka yang tipis.

Real Valladolid vs Atletico Madrid

 

Atlético Madrid – Foto: Twitter.com/Atleti

 

Ini merupakan tumbukan antara langit dan bumi. Atlético Madrid adalah tim papan atas, lama menguasai puncak klasemen. Bahkan berpeluang besar menjadi juara di akhir musim La Liga 2020/2021. Oleh karena itu kewajiban Atlético Madrid di pekan terakhir ini adalah mengalahkan Real Valladolid.

Peluang Atlético Madrid untuk menang dan kalah bisa dikatakan sama besarnya. Tapi kalau Atlético Madrid mampu bermain tenang dan penuh percaya diri, diyakini bisa meraup poin penuh di kandang Real Valladolid. Berkaca hasil pertemuan pertama musim ini, Atlético Madrid mampu menang mudah atas Real Valladolid.

Dalam laga kandang ketika itu Atlético Madrid menang 2-0 atas Real Valladolid. Dua gol Atlético Madrid dicetak Thomas Lemar dan Marcos Llorente. Maka itu apa yang bisa dilakukan Real Valladolid nanti walaupun sebagai tuan rumah, akan lebih fokus menguatkan barisan pertahanan.

SD Huesca vs Valencia

Tidak ada yang menyangka Valencia terpuruk di papan bawah pada musim ini. Persisnya Valencia memiliki selisih poin yang tipis dengan tim batas bawah zona aman dari degradasi. Maka itu pertandingan terakhir nanti melawan Huesca jangan sampai menelan kekalahan. Walaupun itu harus dilakoni Valencia di kandang Huesca.

Tapi Huesca juga punya kepentingan besar. Posisi mereka ada di zona merah dan bisa saja pekan terakhir jadi penentu Huesca aman bertahan atau degradasi. Oleh karena itu cara bermain Huesca pasti akan 100 persen menyerang. Tidak peduli lagi Valencia akan bermain seperti apa dan menurunkan skuat macam apa.

Jadi diperkirakan pertandingan Huesca melawan Valencia nanti akan seru. Sengit sejak menit pertama. Terutama bagaimana Huesca ingin membuktikan kepantasan mereka tetap ada di kasta tertinggi Spanyol, yaitu La Liga.

Sevilla vs Deportivo Alavés

Paling penting buat Sevilla di pertandingan ini adalah mereka sudah aman bermain di Liga Champions musim depan. Apapun hasil pertandingan melawan Deportivo Alaves pada jornada terakhir nanti. Sevilla paling pahit akan finis di peringkat keempat, atau batas bawah zona Liga Champions untuk La Liga.

Sedangkan Deportivo Alaves adalah tim yang ada di papan bawah. Sedang megap-megap untuk bisa bertahan di kasta La Liga. Kalau bisa mengalahkan Sevilla di jornada terakhir, bakal jadi momen positif. Tapi sudah pasti tidak mudah buat Deportivo Alaves bisa mengalahkan Sevilla. Apalagi pertandingan dijalani di kandang Sevilla.

Diprediksi hasil paling bagus yang bisa didapat Deportivo Alaves adalah seri melawan Sevilla. Namun peluang buat Deportivo Alaves memenangi pertandingan tetap ada. Karena prinsipnya bola itu bundar. Semua kemungkinan tetap bisa terjadi.

Pekan Penutup Penuh Kesan

La Liga 2020/2021 segera ditutup. Jornada terakhir bakal menghadirkan persaingan yang sengit. Namun lebih dari itu kompetisi musim 2020/2021, mengukir sejarah sendiri. Bahwa dalam satu musim penuh La Liga diselenggarakan tanpa kehadiran penonton secara penuh.

Stadion masih terasa kosong, walaupun ada beberapa pertandingan yang diujicobakan dihadiri penonton dengan jumlah sangat-sangat terbatas. Semua karena pandemi COVID-19. Ini menjadi sejarah tersendiri, kompetisi digelar dengan suasana yang sunyi.

Namun kompetisi musim ini tetap penuh kesan. Persaingan menuju tangga juara begitu seru, karena melibatkan empat tim sampai di ujung jalan. Berbeda dengan musim-musim sebelumnya ketika hanya Barcelona dan Real Madrid yang bergantian bersaing di jalur juara.

Usaha selamat dari zona degradasi juga keras. Banyak tim yang masih terancam hingga pekan terakhir. Tapi pada akhirnya takdir tetap mereka dapatkan, ada yang degradasi ke kasta kedua. Ini semua membuat jornada terakhir La Liga menjadi penuh kesan. Setuju, Pria Intersport?

SAMPAIKAN KOMENTAR