Best Starting XI Pekan Pertama Premier League 2020/2021
15
Sep
2020
0 Comment Share Likes 278 View

Premier League 2020/2021 telah dimulai. Hingga Minggu 12 September 2020, sudah enam pertandingan yang berlangsung. Kompetisi kasta tertinggi di Inggris itu selalu dinanti-nanti pecinta sepakbola.

Tim-tim yang biasa menghuni posisi papan atas Premier League, seperti Liverpool, Arsenal, dan Tottenham Hotspur sudah memainkan laga pekan pertamanya. Sedangkan Manchester City, Manchester United, dan Chelsea belum kebagian jatah di akhir pekan ini.

Liverpool berhasil memenangkan laga sengit saat meladeni perlawanan tim promosi, Leeds United. Skuad asuhan Juergen Klopp akhirnya keluar sebagai pemenang dengan keunggulan 4-3.

 

Mohamed Salah dan Juergen Klopp merayakan kemenangan Liverpool atas Leeds United di pekan pertama Premier League 2020/2020. Sumber: Twitter.com/LFC.

 

Raihan tiga angka juga didapatkan oleh Arsenal. Tim besutan Mikel Arteta melawat ke Craven Cottage, markas Fulham. Kemenangan dengan skor 3-0 menjadi modal positif The Gunners dalam menatap musim ini.

Hasil tak memuaskan didapat Tottenham pada laga pekan pertamanya di Premier League 2020/2021. Menjamu Everton, skuad asuhan Jose Mourinho dipaksa menyerah dengan skor tipis 0-1.

Tim yang kerap kali mengejutkan di setiap musim Premier League, Leicester City juga tampil apik di laga pekan pertama. Mereka menang tiga gol tanpa balas saat melawat ke The Hawthorns Stadium, markas West Bromwich Albion.

Dari enam pertandingan awal Premier League 2020/2021, Intersport coba merangkum 11 daftar pemain terbaik. Mereka yang terpilih memiliki peranan penting dalam tim masing-masing;

1. Vicente Guaita (Crystal Palace)

Penjaga gawang Crystal Palace ini melakukan satu penyelematan gemilang di menit akhir saat berhadapan dengan Southampton di Selhurst Park. Berkat aksi gemilang itu, Guaita membuat timnya mengemas tiga angka berkat keunggulan 1-0.

Guaita sukses membuat striker Southampton, Danny Ings gigit jari. Ketika pertandingan akan segera usai, Ings mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan, tapi dengan sigap dia menghalaunya. Kiper kelahiran Torrent, Spanyol itu melakukan lima penyelamatan.

 

   Lima peluang mengarah ke sasaran yang diciptakan Southampton ke gawang Crystal Palace. Sumber: Whoscored.com

 

2. Timothy Castagne (Leicester City)

Castagne turut menyumbangkan satu gol saat Leicester mengalahkan West Bromwich Albion di The Hawthorns Stadium. Sundulannya usai menerima umpan silang membuat bola bersarang mulus ke dalam gawang tuan rumah.

Sebagai bek sayap kanan, dia kerap membantu tim dalam memberi tekanan ke pertahanan lawan. Rajin membantu serangan, tapi tak lupa akan bertahan. Itulah yang diperlihatkan Castagne dalam pertandingan. Catatan statistik menunjukkan dia melakukan tiga kali tekel dan dua intersep ketika West Bromwich Albion hendak melancarkan serangan.

3. Gabriel Magalhães (Arsenal)

Rekrutan anyar Arsenal menjalani debut dengan manis. Sukses membuat gawang timnya aman dari kebobolan, Gabriel juga berhasil menyumbangkan satu gol ke gawang Fulham. The Gunners akhirnya bisa membawa pulang tiga angka berkat keunggulan 3-0.

Gol Gabriel dicetak ketika pertandingan memasuki menit 49 usai meneruskan umpan sepak pojok dengan sundulan. Bek asal Brasil itu juga mencatatkan dua tekel dan tiga kali clearances.

4. Rob Holding (Arsenal)

Holding mendapat kepercayaan tampil sejak menit pertama dari manajer Arsenal, Mikel Arteta. Kesempatan itu didapatkannya karena kondisi David Luiz, Sokratis Papastathopoulos, dan Skhodran Mustafi yang menderita cedera.

Holding membayar lunas kepercayaan Arteta. Kolaborasinya bersama Gabriel dan Kieran Tierney sebagai tiga bek tengah Arsenal benar-benar membuat pemain Fulham kesulitan menembusnya. Dia melakukan dua tekel, tiga intersep, dan tiga clearances.

 Area clearances Rob Holding saat Arsenal mendapat tekanan dari Fulham. Sumber: Whoscored.com

 

5. Lucas Digne (Everton)

Bek sayap kiri Everton ini tampil bagus saat menghadapi Tottenham Hotspur. Sumbangan assist lewat eksekusi tendangan bebas bisa diteruskan dengan sundulan oleh Dominic Calvert-Lewin. Gol itulah yang membuat skuad asuhan Carlo Ancelotti membawa pulang kemenangan 1-0.

Sepanjang 90 menit, Digne juga tampil disiplin dalam menjaga pertahanan. Winger kanan Tottenham, Lucas Moura berhasil diredam agresivitasnya. Terhitung ada tujuh kali dia melakukan clearances, satu intersep, dan dua tekel dalam laga tersebut.

6. James McArthur (Crystal Palace)

McArthur menjadi salah satu gelandang yang memiliki peran signifikan saat Crystal Palace mengalahkan Southampton. Dia berhasil menjadi penyeimbang antara lini depan dan belakang tim berjuluk The Eagles.

Penguasaan lini tengah yang dilakukan Crystal Palace lewat McArthur dan James McCarthy membuat pemain Southampton sulit untuk mengembangkan permainan. Ketika lawan hendak mengkreasikan serangan demi memecah kebuntuan, McArthur dengan sigap memotong aliran bolanya.

7. Jeff Hendrick (Newcastle United)

Hendrick menjadi bintang kemenangan Newcstle United atas West Ham United. Dia menyumbangkan masing-masing satu assist dan gol sehingga membuat timnya mengakhiri laga dengan keunggulan dua gol tanpa balas.

Jumlah passing yang dilakukan Hendrick pada pertandingan ini memang tidak banyak, yakni 27 kali. Namun, persentasi akurasinya mencapai 78 persen. Ketika Newcastle United dalam tekanan, pemain berusia 28 tahun itu juga turut membantu bertahan. Dengan begitu, keseimbangan tim tetap terjaga.

 Gelandang Newcastle United, Jeff Hendrick mencetak gol ke gawang West Ham United. Sumber: Twitter.com/NUFC.

 

8.Dennis Praet (Leicester City)

Praet memang cuma 74 menit diturunkan saat Leicester City menang tiga gol tanpa balas atas West Bromwich Albion. Namun, sepanjang berada di atas lapangan, kontribusi yang diberikan begitu signifikan.

Kejeliannya dalam melihat pergerakan Castagne pada menit 56 berujung gol pembuka keunggulan Leicester City. Dia melepaskan umpan silang ke arah Castagne yang menusuk ke dalam kotak penalti. Bola pun dengan mudah disundul lalu menjadi gol.

9. Willian (Arsenal)

Debutan Arsenal satu lagi, Willian tampil memukau di laga melawan Fulham. Dua assist disumbangkannya sehingga The Gunners membawa pulang kemenangan dengan skor 3-0.

Kontribusinya tidak cuma terjadi dengan memberi assist kepada Pierre-Emerick Aubameyang dan Gabriel. Gol pertama Arsenal yang dicetak Alexandre Lacazette pun tak lepas dari peran pemain asal Brasil itu.

10. Richarlison (Everton)

Richarlison membuat pemain bertahan Tottenham Hotspur bekerja keras mengamankan gawang dari kebobolan. Meski dijaga ketat, tapi dia beberapa kali mampu menciptakan peluang. Walau tidak mencetak gol, tapi dia didapuk sebagai pemain paling berpengaruh sepanjang 90 menit.

Di antara pemain Everton lainnya, Richarlison menjadi yang terbanyak dalam melepaskan tendangan langsung ke gawang Tottenham. Total striker asal Brasil itu melakukannya sebanyak tujuh kali.

11. Mohamed Salah (Liverpool)

Salah menjadi bintang kemenangan Liverpool atas Leeds United. Juara bertahan Premier League harus berjuang ekstra keras guna mengalahkan tim yang baru saja promosi ke kasta tertinggi sepakbola Inggris.

Pemain asal Mesir mencetak hattrick pada pertandingan yang berkesudahan dengan skor 4-3. Dua di antara gol Salah, dilakukannya melalui titik putih. Berkat gol-golnya itu, banyak torehan sejarah yang dibuat.

Salah menjadi pemain kedua setelah mantan striker Manchester United, Teddy Sheringham yang berhasil mencetak gol di laga pembuka Premier League dalam empat musim beruntun. Dia juga bersanding dnegan mantan pemain Charlton Athletic pada musim 1988-1989, John Aldridge sebagai pemain yang bisa mencetak hattrick di pekan pertama Premier League.

SAMPAIKAN KOMENTAR