11 Stadion Euro 2020, Altar Suci Sepak Bola Eropa
08
Jun
2021
0 Comment Share Likes 132 View

EURO 2020 sudah di depan mata. Sabtu 12 Juni 2021 WIB pesta sepak bola terbesar di Benua Biru ini dimulai. Ajang ini diundur selama satu tahun karena tantangan global pandemi COVID-19. Sekarang aktivitas mulai menuju normal. Penonton sudah boleh masuk ke stadion, dengan jumlah terbatas dan penerapan protokol kesehatan ketat. Singkatnya Euro 2020 siap digelar, berlangsung di banyak negara Eropa dan beragam bersejarah yang menjadi tempat pertandingan.

 

Trofi Euro 2020 – Foto: Twitter UEFA

 

Bicara kota penyelenggara ada 11 stadion yang akhirnya ditetapkan sebagai tempat penyelenggaraan. Sebelumnya jumlah stadion mencapai 13. Setelah melalui berbagai pertimbangan, kota atau tempat penyelenggaraan berkurang menjadi 11 lokasi. Kota mana saja yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan? Berdasarkan tempat penyelenggaraan per grup, berikut 11 kota tersebut: Roma dan Baku (Grup A), Kopenhagen dan St. Petersburg (Grup B), Amsterdam dan Bukarest (Grup C), London dan Glasgow (Grup D), Sevilla (Grup E), serta Munchen dan Budapest (Grup F).

Dari belasan kota penyelenggara ini berarti ada stadion yang menjadi lokasi pertandingan yang memiliki sejarah menarik. Berikut stadion-stadion bersejarah yang akan dipakai untuk Euro 2020 nanti:

 

Estadio La Cartuja – Foto: Twitter @cartujastadium

 

ESTADIO LA CARTUJA, SEVILLA

Stadion ini merupakan salah satu yang ditawarkan Sevilla untuk bidding Olimpiade Musim Panas 2004 dan 2008. Namun bidding yang diikuti Sevilla tidak membuahkan hasil. Stadion ini peletakan batu pertamanya dilakukan pada 1997, lalu selesai dibangun pada 1999. Pembukaan stadion pada 5 Mei 1999. Arsitek Estadio La Cartuja adalah Antonio Cruz Villalón dan Antonio Ortiz García.

Tempat ini dikelola oleh Sociedad Estadio Olímpico de Sevilla S.A. Adapun kepemilikan sahamnya adalah 40 persen Pemerintah Daerah Andalusia, 25 persen Pemerintah Spanyol, 19 persen Dewan Kota Sevilla, 13 persen Kongres Sevilla, dan 3 persen dibagi dua antara klub sepak bola terbesar di Sevilla, yaitu Real Betis dan Sevilla FC.

Timnas Spanyol sesekali memakai stadion ini untuk menggelar pertandingan kandang. Stadion ini juga kerap dipakai buat final Copa del Rey. Federasi Tenis Kerajaan Spanyol pun menjadi pelanggan tempat ini untuk final Piala David, pada 2004 dan 2011. Saat dipakai untuk tenis, stadion dipasang atas di salah satu sisinya. Lapangan tenis yang diletakkan di stadion ini memakai tanah liat.

Pada 23 April 2021 Estadio de La Cartuja diumumkan UEFA sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Euro 2020. Stadion ini menggantikan Stadion San Mames di Bilbao, yang dianggap kurang layak untuk penyelenggaraan Euro 2020 di tengah pandemi COVID-19.

 

Krestovsky Stadium – Foto: Twitter

 

KRESTOVSKY STADIUM, ST PETERSBURG

Stadion ini dibangun sebagai salah satu venue penyelenggaraan Piala Dunia 2018. Desain stadion ini merupakan pengembangan dari Toyota Stadium di Jepang, yang dirancang Kisho Kurokawa. Lokasi stadion ini ada di bekas Stadion Kirov. Kapasitas stadion saat Piala Dunia 2018 mampu menampung 68 ribu penonton, dengan 104 skybox yang mewah.

Total biaya stadion ini mencapai 24 miliar rubel. Laga resmi di Krestovsky Stadium adalah pertandingan Liga Utama Rusia, antara FC Zenit St Petersburg melawan FC Ural. Laga itu berlangsung pada 22 April 2017. Pencetak gol pertama di stadion ini adalah Branislav Ivanovic.

Final Piala Konfederasi 2017 juga diadakan di sini. Mempertemukan Chile vs Jerman. Hingga sekarang jumlah penonton dalam laga itu masih menjadi pemegang rekor di stadion tersebut. Sekarang stadion ini kontrak dan hak penggunaannya dimiliki Zenit Arena LLC. Itu merupakan anak perusahaan dari klub sepak bola JSC Zenit.

Pada 16 Desember 2018 stadion ini dipakai untuk olahraga hoki. Tepatnya dalam ajang Channel One Cup antara Rusia melawan Finlandia. Sebanyak 81 ribu penonton memadati stadion, hingga memecahkan rekor jumlah penonton hoki es di Rusia dan Eropa. Konser musik tidak ketinggalan diselenggarakan di Krestovsky Stadium. Salah satunya pada 2 Agustus 2019 ketika Rammstein memainkan konser dalam roadshow bertajuk "Euro-Stadion-Tour".

 

Stadio Olimpico – Foto: Twitter

 

STADIO OLIMPICO, ROMA

Terletak di Foro Italico Sports Complex, Stadio Olimpico ini dibangun ulang untuk Piala Dunia 1990. Aslinya sudah dibangun pada 1927 dan dibuka pada 1932. Pada 1960 stadion ini turut dipakai untuk Olimpiade Roma. Jadi Olimpico ini kaya akan sejarah. Rekor penonton di stadion ini mencapai 100 ribu orang dan uniknya terjadi bukan saat mementaskan acara olahraga. Justru konser musik yang memecahkan rekor penonton Stadio Olimpico. Itu terjadi pada 6 Juni 1998 ketika Claudio Baglioni menggelar konser khusus, dengan panggung berada di tengah-tengah dan dikelilingi kursi hingga tribune.

Stadio Olimpico memiliki label bintang empat dari UEFA. Ukuran bintang empat antara lain kapasitas lebih dari 8.000 penonton, kekuatan cahaya lampu lebih dari 1.400 lux, ramah terhadap kepentingan penyiaran, dan lain-lain. Di Eropa selain Stadio Olimpico, tempat bintang empat lainnya adalah Santiago Bernabeu, Wembley, hingga Allianz Arena. Estadio do Dragao dan Estadio da Luz juga masuk kategori bintang empat.

Berbagai acara final yang pernah berlangsung di Stadio Olimpico adalah Olimpiade Roma 1960, Piala Eropa 1968, Kejuaraan Atletik Eropa 1974, Summer Universiade 1975, Kejuaraan Klub Eropa 1977, Euro 1980, Kejuaraan Klub Eropa 1984, Kejuaraan Dunia Atletik 1987, Piala Dunia 1990, Liga Champions 1996, Summer Deaflympics 2001, Liga Champions 2009, dan Euro 2020. Stadio Olimpico menjadi markas resmi untuk timnas sepak bola dan rugby Italia.

Di Euro 2020 nanti Stadio Olimpico menjadi tempat pertandingan utama untuk Timnas Italia. Antara lain menghadapi Turki, Swiss, dan Wales di penyisihan Grup A. Lalu juga untuk penyelenggaraan satu pertandingan di perempat final. Dua klub sepak bola utama di Roma juga memakai Olimpico sebagai markas. Dua klub itu adalah SS Lazio dan AS Roma. Dan, Derby della Capitale telah bertahun-tahun menjadi salah satu partai terpanas di Italia.

Allianz Arena – Foto: allianz-arena.com

 

ALLIANZ ARENA, MUNCHEN

Fußball Arena München menjadi nama resmi stadion ini bila dipakai untuk penyelenggaraan agenda UEFA dan FIFA. Sebab nama asli stadion ini tidak bisa dipakai lantaran bentrok dengan sponsor dua badan sepak bola tersebut. Tempat ini berlokasi di Munchen, Bavaria. Kapasitasnya mencapai 70 ribu penonton. Ciri stadion ini adalah eksterior panel plastik ETFE yang digelembungkan. Stadion juga yang pertama di dunia dengan eksterior yang bisa berubah-ubah warnanya. Allianz Arena menjadi stadion kedua di Jerman dalam hal daya tampung. Di urutan pertama ada Westfalenstadion Dortmund.

Penghuni utama Allianz Arena adalah FC Bayern. Mereka pindah ke tempat ini sejak musim 2005/2006. Sebelumnya Bayern bermain di Stadion Olimpiade Munchen sejak 1972. Pada April 2006 FC Bayern membeli saham 11 persen yang dimiliki 1860 Munich. Fakta itu membuat FC Bayern menjadi pemakai utama stadion tersebut. Allianz sebagai penyedia jasa keuangan membeli hak nama stadion selama 30 tahun.

Desainer utama stadium ini adalah Herzog & de Meuron. Stadion ini dirancang sedemikian rupa, sehingga pintu masuk utama ke stadion berasal dari lapangan terbuka yang ditinggikan, yang terpisah dari tempat parkir bawah tanah terbesar di Eropa. Atap stadion ini memiliki roller blind built-in yang dapat ditarik bolak-balik, untuk memberikan perlindungan dari sinar matahari.

Di Euro 2020 nanti Allianz Arena akan dipakai untuk markas Timnas Jerman menjamu Prancis, Portugal, dan Hungaria. Semua dalam penyisihan Grup F. Kemudian ditambah satu lagi untuk pertandingan perempat final. Jadi tempat ini diagendakan dipakai untuk empat pertandingan. Melihat jadwal yang ada di Grup F, stadion ini bakal menjadi pusat perhatian mata pecinta sepak bola Eropa.

 

Wembley Stadium – Foto: wembleystadium.com

 

WEMBLEY STADIUM, LONDON

Ini adalah venue utama Euro 2020. Disebut venue utama karena paling banyak menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan. Ada tiga partai penyisihan grup yang semua melibatkan Timnas Inggris, kemudian dua pertandingan babak 16 besar, seluruh pertandingan semifinal, dan final atau partai puncak dari pesta sepak bola Eropa 2020.

Stadion Wembley merupakan tempat bersejarah. Erat kaitannya dengan Kerajaan Inggris. Wembley pertama kali dibangun untuk kepentingan pameran kerajaan pada 1923. Sejak itu sampai akhirnya dirobohkan dan dibangun ulang dengan menghapus semua bentuk bangunan masa lalu, Stadion Wembley hadir untuk menjadi lebih modern. Pada Olimpiade London 2012, Stadion Wembley menjadi arena pertandingan sepak bola.

Rekor penonton Stadion Wembley dipegang pertandingan antara Cardiff City vs Portsmouth pada 17 Mei 2008. Ketika itu ada 89,874 penonton yang menyesaki stadion. Tapi rekor penonton paling banyak di luar sepak bola adalah konser Adele pada Juni 2017, yang ketika itu bisa mengumpulkan sampai 98 ribu penonton. Pemilik stadion ini adalah The FA atau Asosiasi Sepak Bola Inggris.

Stadion Kebanggaan Rumania, Arena Nationala yang terletak di Bucharest

 

ARENA NATIONALA, BUCHAREST

Arena Nationala yang terletak di Bucharest, Rumania mendapat kepercayaan dari UEFA untuk menjadi lokasi gelaran EURO 2020. Mereka mengajukan diri menjadi tuan rumah karena merasa layak dan memiliki fasilitas bagus sehingga bisa menunjang terselenggaranya pertandingan dengan baik. Stadion ini biasanya digunakan sebagai kandang oleh Timnas Rumania dan berbagai final penting di kompetisi lokal.

Dinamo Bucuresti menjadi klub yang menggunakan Arena Nationala sebagai kandang reguler, baik ketika bermain di kompetisi kasta tertinggi Rumania atau kejuaraan Eropa yang mereka ikuti. Dengan kapasitas 55.634 kursi, stadion ini menjadi salah satu yang paling megah dan memiliki teknologi mumpuni. Dibangun oleh perusahaan asal Jerman dan Italia, Arena Nationala memiliki atap yang bisa ditutup dan dibuka.

Teknologi tersebut digunakan pada Arena Nationala bukannya tanpa alasan. Karena ketika musim dingin tiba, salju akan turun kencang ke dalam lapangan. Jika situasi itu terjadi, pihak pengelola stadion akan menutup atapnya agar pertandingan bisa terus dilanjutkan tanpa adanya gangguan dari tumpukan salju di lapangan, karena itu akan menyulitkan pemain yang bertanding.

Mengutip UEFA.com, Arena Nationala merupakan stadion dengan kategori empat atau yang tertinggi. Standar minimumnya memiliki panjang lapangan 105 meter dan lebarnya 68 meter. Para penonton juga tak lagi harus berdiri ketika menyaksikan jalannya pertandingan, karena sudah dibuat dengan sistem single seat.

Karena standarnya yang tinggi itulah, Arena Nationala dipercaya menjadi tuan rumah Final Liga Europa 2011/2012 lalu. Di mana duel antar tim Spanyol terjadi. Atletico Madrid menjadi juara usai mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor tiga gol tanpa balas.

Akan ada empat pertandingan EURO 2020 yang dilangsungkan di Arena Nationala nanti. Tiga di antaranya adalah pertandingan dari Grup C yang melibatkan Austria, Makedonia Utara, dan Ukraina. Sisanya satu lagi adalah pertandingan babak 16 besar. Sayangnya, ketika mereka menjadi tuan rumah, tapi Timnas Rumania gagal lolos ke EURO 2020 karena kalah di babak play-off dari Islandia.

 

Hampden Park – Foto: hampdenpark.co.uk

 

HAMPDEN PARK, GLASGOW

Stadion ini usianya sudah 114 tahun. Dibuka pertama kali pada 31 Oktober 1903. Terletak di Glasgow, ibukota Skotlandia. Pemilik stadion adalah Scottish Football Association atau Asosiasi Sepak Bola Skotlandia. Rekor penonton di tempat ini adalah pertandingan antara Skotlandia vs Inggris pada 17 April 1937. Ketika itu 149.547 pasang matang berjubel di stadion.

Ciri khas Hampden adalah stadion berbentuk mangkok dengan semua tempat duduk di dalamnya. Stadion ini memiliki lintasan atletik, sehingga bisa dipakai multifungsi kejuaraan atletik. Pelanggan stadion ini bisa dibagi ke dalam beberapa masa. Pertama-tama Hampden Park dipakai Queen's Park FC pada 1903-2021. Kemudian Timnas Skotlandia sejak 1906 hingga sekarang. Pernah dipakai pula Glasgow Tigers pada 1969-1972. Kemudian Scottish Claymores pada 1998-2004. Celtic FC juga sempat memakai stadion ini pada 1994-1995.

Hampden Park secara tradisional dikenal sebagai tempat favorit untuk konser musisi kelas dunia. Lihat saja daftar musisi yang pernah tampil di sini, mulai Genesis, The Rolling Stones, Rod Stewart, Tina Turner, Bon Jovi, Eagles, Robbie Williams, Eminem, U2, Oasis, George Michael, Red Hot Chili Peppers, Take That, AC/DC, Coldplay, Pink, Rihanna, Beyonce, hingga Ed Sheeran.

Pada Euro 2020 nanti ada empat pertandingan yang akan dipentaskan di Hampden Park. Tiga laga adalah penyisihan Grup D antara Skotlandia vs Republik Ceko, Kroasia vs Republik Ceko, dan Kroasia vs Skotlandia. Ditambah satu pertandingan di babak 16 besar.

Parken Stadium – Foto: visitcopenhagen.com

 

PARKEN STADIUM, COPENHAGEN

Stadion ini adalah markas buat FC Copenhagen dan Timnas Denmark. Tempat ini bisa menampung 38.065 penonton untuk pertandingan sepak bola. Kalau dipakai konser bisa buat kapasitas sampai 50-55 ribu penonton, dengan pengaturan panggung di tengah atau samping.

Tempat ini mulai dibangun pada 1990 dan selesai pada 1992. Dibuka pada 9 September 1992. Pernah menjalani renovasi pada 2001 dan 2009. Di stadion ini tersedia layanan WIFI gratis pada seluruh area. Hal itu karena stadion ini namanya dikontrak perusahaan telekomunikasi Telia. Jadi penonton yang datang ke sini tidak perlu kehilangan sinyal.

Parken Stadium pernah menjadi saksi bisu penyerangan suporter terhadap wasit. Ini terjadi dalam pertandingan Denmark vs Swedia, dalam kualifikasi Euro 2008, 2 Juni 2007. Seorang pendukung Denmark masuk ke lapangan dan menyerang wasit Herbert Fandel. Ini setelah wasit memberi Swedia hadiah penalti pada menit ke-89 dan mengusir gelandang Denmark, Christian Poulsen, karena meninju striker Swedia Marcus Rosenberg.

Di Euro 2020 Parken Stadium menjadi tempat pertandingan untuk Denmark melawan Finlandia, Denmark vs Belgia, dan Rusia vs Denmark. Pertandingan Denmark vs Finlandia menjadi salah satu yang paling awal, yaitu digelar pada 12 Juni 2020.

Puskas Arena – Foto: obudagroup.hu

 

PUSKAS ARENA, BUDAPEST

Nama stadion ini diambil dari legenda sepak bola Hungaria, Ferenc Puskas. Pukas Arena terletak di Budapest, ibukota Hungaria. Stadion mulai dibangun pada 2017 dan selesai dikerjakan pada 2019. Stadion ini menempati bekas Ferenc Puskas Stadium yang dirobohkan, kemudian dibangun yang baru. Puskas Arena termasuk stadion kategori bintang empat dari UEFA.

Puskas Arena sejak pertama kali dibuka pada 2019 hingga sekarang, selalu menjadi tempat pertandingan Timnas Hungaria. Rekor penonton terjadi dalam pertandingan Hungaria vs Uruguay pada 15 November 2019, Ada 65.114 penonton yang menyesaki stadion dengan kapasitas 67 ribu ini. Pertandingan Hungaria vs Uruguay itu merupakan momen pembukaan atau peresmian stadion. Striker Manchester United Edinson Cavani menjadi pencetak gol pertama di Puskas Arena, ketika membawa Uruguay mengalahkan Hungaria 2-1. Cavani mencetak gol pertama dalam laga itu.

Pada Euro 2020 nanti bakal ada pertandingan akbar di Puskas Arena. Selain pertandingan Hungaria vs Portugal dan Hungaria vs Prancis, juga ada pertemuan juara Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018, yaitu Portugal vs Prancis. Semua mata bakal melirik ke Puskas Arena, tidak ingin ketinggalan pertandingan akbar antara juara Eropa melawan juara Dunia. Selain penyisihan Grup F itu juga ada satu pertandingan lain yang telah terjadwal di stadion ini. Laga itu adalah satu pertandingan babak 16 besar.

Baku Olympic Stadium – Foto: bos.az

 

OLYMPIC STADIUM, BAKU

Stadion bintang empat UEFA ini usianya masih muda. Mulai dibangun pada 2011 dan dibuka pada 2015. Olympic Stadium terletak di Baku, ibukota Azerbaijan. Kapasitasnya mencapai 69,870 penonton. Rekor penonton di stadion ini adalah Qarabag vs AS Roma pada 27 September 2017. Saat itu ada 67,200 penonton. Stadion ini menjadi markas dari Timnas Azerbaijan dan Qarabag FK yang memakainya khusus untuk pertandingan kompetisi internasional.

UEFA memberi jatah empat pertandingan untuk Olympic Stadium Baku di Euro 2020. Tiga pertandingan itu adalah Wales vs Swiss, Turki vs Wales, Swiss vs Turki, dan satu pertandingan perempat final. Tidak ada Azerbaijan? Tidak ada karena mereka tidak lolos ke Euro 2020, sehingga harus jadi penonton di rumah sendiri.

 

Johan Cruyff Arena – Foto: johancruijffarena.nl

 

JOHAN CRUYFF ARENA, AMSTERDAM

Tempat ini adalah stadion utama di ibukota Belanda, Amsterdam. Markas AFC Ajax sejak pertama kali dibuka. Dibangun dari 1993 hingga 1996, tempat ini menjadi stadion terbesar di Belanda. Sebelumnya Johan Cruyff Arena dikenal dengan nama Amsterdam ArenA. Akhir musim 2018/2019 kemudian diganti menjadi nama yang sekarang. Tidak salah, nama itu mengacu kepada legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff, yang meninggal pada 2016.

Stadion ini memiliki atap yang bisa dibuka dan ditutup. Kapasitasnya mencapai 55.500 penonton untuk pertandingan sepak bola. Kalau untuk konser musik bisa menampung 68 ribu penonton. Johan Cruyff Arena adalah stadion dengan kategori bintang empat dari UEFA. Jadi sering dipakai untuk pertandingan besar di Eropa dan dunia.

Pemilik Johan Cruyff Arena adalah Gemeente Amsterdam, atau semacam pemerintah kota Amsterdam. Ukuran lapangannya adalah 105 x 68 meter persegi. Rekor penonton di tempat ini terjadi saat Ajax menghadapi Real Madrid di Liga Champions, 13 Februari 2019. Ada lebih dari 54 ribu pasang mata di stadion ketika itu.

UEFA mengalokasikan empat pertandingan untuk Euro 2020 di Johan Cruyff Arena. Tiga pertandingan penyisihan Grup C yang semuanya melibatkan Timnas Belanda, masing-masing melawan Ukraina, Austria, dan Makedonia Utara. Ditambah satu pertandingan di babak 16 besar.

Demikian 11 stadion penuh sejarah yang akan dipakai untuk Euro 2020. Terbentang dari Saint Petetsburg di ujung utara, Sevilla untuk posisi paling barat, kemudian Roma di tempat paling selatan, dan Baku di ujung timur, Euro 2020 siap mementaskan banyak pertandingan hebat di “altar suci” sepak bola Eropa. So, jangan sampai ketinggalan ya Pria, Intersport!

SAMPAIKAN KOMENTAR