Yuk Lihat Ford Falcon XB GT Coupe 1973 “V8 Interceptor” Mad Max
15
Apr
2020
0 Comment Share Likes 1665 View

Kalian pasti pernah mendengar film tahun 80an-90an dengan judul Mad Max yang di bintangi oleh aktor kawakan Mel Gibson. Yang menjadi icon pada film tersebut selain Mel Gibson sebagai pemeran dari Mad Max adalah kendaraan yang digunakan oleh Mad Max, Yup itu adalah ford falcon dengan warna hitam yang mempunyai supercharger. Mobil keren ini disebut juga sebagai “Prusuit Special” atau juga sering di sebut sebagai Last of The V8 Interceptor. Mobil ini sendiri muncul di dalam beberapa film Mad Max seperti Mad Max 1, Mad Max 2 : The Road Warior, dan Mad Max : Fury Road.

Pada dasarya mobil yang di gunakan pada film ini berbasis pada Ford Falcon buatan tahun 1973 bernama Ford Falcon XB GT Coupe Hardtop dengan mesin 5.8 L Cleveland V8 yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 300bhp dengan torsi sebesar 515Nm. Mobil ini berasal dari Ford Australia yang di produksi mulai tahun 1973 hingga 1976. Pada tahun 1976 Byron Kennedy dan George Miller sebagai sang pembuat film Mad Max memulai produksi film Mad Max yang pertama, sementara sutradara sekaligus seniman Jon Dowing ditunjuk untuk merancang dan memodifikasi Ford Falcon Interceptor. Ia menunjuk rumah modifikasi Graf-X Internasional yang bermarkas di Melbourne, Australia sebagai bengkel yang menengani proyek Ford Falcon Interceptor ini. Ray Beckerley, John Evans, serta seniman Rod Smyte adalah orang di balik layar kesuksesan mobil Ford Falcon Interceptor yang popular di film Mad Max. Di tangan dingin mereka mobil ini di rubah menjadi mobil yang sangat keren dan terligat sangat garang pada masanya, ditambah lagi warna yang di pilih untuk mobil ini mampu menawarkan gambaran mobil yang kekar.

Cukup banyak yang di rubah pada mobil Ford Faalcon ini, yang sangat terlihat jelas adalah pada sisi cat, dimana saat mobil ini sampai di garasi Graf-X Internasional mobil ini masih berwarna putih. Lalu team dari Graf-X merubah warna nya menjadi hitam dengan logo Interceptor di sisi lambung depan mobil. Modifikasi lainya di bagian eksterior dapat kita lihat dari bagian depan dimana terdapat dua buah headlamp yang mempunyai frame berwarna emas, di bagian bumper mobil ini menggunakan Nose cone dan Air Dam yang di desain dan dirancang oleh Arcadipane, model Nose cone ini di kenal sebagai Concorde. Menuju ke bagian kap mesin depan, kalian akan melihat mesin yang di lengkapi dengan supercharger dari Weiand 6-71 yang dimana sebagian dari mesin ini menonjol keluar kap, seperti kebanyakan mobi Muscle Amerika. Pada sisi samping dari supercharger yang terlihat terdapat beberapa lubang udara guna mengalirkan angin sebagai pendingin tambahan ke ruang mesin. Melihat sisi samping dari Ford Falcon Interceptor ini kalian akan takjub dengan presisi dan fitmen pada kaki kakinya, mobil ini di buat rendah ke depan dengan pemakaian ban yang berbeda ukuran pada bagian depan dan belakang, peleknya pun mengggunakan pelek bermodel american muscle yang di balut warna hitam. Terdapat sesuatu yang menarik pada sisi samping yaitu 4 buah pipa knalpot yang menjulang ke atas di bagian samping belakang pintu. Menilik ke bagian belakang gaya khas mobil coupe muscle sangat terlihat di sini, lekukan shape buritanya terkesan miri mirip dengan Dodge. Di bagian atap kalian akan menemukan spoiler dengan model Ducktail yang penempatanya cukup nyleneh.

Di bagian interiornya tidak ada yang special, semua terlihat standart. Jok berbahan kulin yang di kemas dengan warna hitam, dashboard ala mobil tahun 80an dimana masih berbentuk sudut mengotak. Lalu ada tambahan lampu sirine yang cukup besar di bagian sisi penumpang. Gimmick berupa beberapa tombol untuk mengaktifkan fitur fitur yang di gunakan untuk keperluan film pun di pasangkan di bagian konsol tengah beserta tambahan instrumen cluster di dekatnya. Stir racing palang tiga juga turut menghiasi sisi interior Ford Falcon Interceptor ini. Persenjataan lengkap di letakkan pada bagian doortrim, disana kalian akan menemukan pisau besar, cup holder, serta beberapa kantong penyimpanan yang terinspirasi dari pocket sabuk perang dunia ke 2.

Itulah sedikit pengetahuan tentang Ford Falcon XB GT Coupe 1973 “V8 Interceptor” Mad Max. Mobil ini pun pernah sangat popular di masanya. Mungkin sebagia dari kita belum terlahir saat film itu booming. Namun aura legend dari mobil itu masih sangat terasa. Selain mobil dari serial Mad Max ini masih ada mobil mobil legendaris lainya yang berasal dari film film yang popular jaman dahulu, seperti Mazda RX 7 yang di gunakan pada film Kamen Rider RX, De Lorean DMC pada film Back To The Future, Dodge Charger RT pada film Fast and Fourious dan lainya. Pada artikel selanjutnya kita akan bahas mobil mobil legenda pada film film Hollywood, jad tetap pantengin terus Intersport.id ya.

Sources : Wikipedia, Uniquecarsandparts.com

SAMPAIKAN KOMENTAR