VW Kenalkan Atlas Cross Sport R Yang Bakal Ikut Ajang Baja 100
14
Dec
2019
0 Comment Share Likes 479 View

Volkswagen pada pagelaran Los Angeles Auto Show 2019 menyatakan akan mengikuti ajang offroad yang cukup popular bernama Baja 1000. Baja 1000 yang berlangsung di sebuah gurun ini rencananya akan diikuti oleh VW menggunakan mobil versi desert offroad dari Atlas Cross Sport. mobil yang telah dibuat khusus untuk menerjang gurun pasir ini telah dilengkapi mesin 2.0 liter inline four yang mampu mengeluarkan tenaga cukup besar di keempat roda alias AWD, dan suspensi nya pun telah memakai suspensi yang tentunya memiliki travel distance yang mampu membuat nya menerjang kondisi dataran  apapun.

Diberi nama Atlass Cross Sport R, mobil ini akan mengikuti ajang Baja 1000 dalam kelas Baja Class 7 (Open Production Unlimited). Dibatasi regulasi yang harus memakai mesin yang maksimal menggunakan enam silinder, VW harus mengulik ulang mesin yang biasanya dipakai dalam kompetisi World Rally Championship dan Rallycross untuk bisa dimasukkan ke Atlass Cross Sport R. Mesin tersebut seharusnya mampu menghasilkan setidaknya 600HP namun pada mobil ini rencananya akan diturunkan tenaganya hingga sekitar 480HP dengan alasan “balance of performance and reliability” dan regulasi. Meskipun begitu sejak pernyataan VW di LA Auto Show mobil ini masih dalam proses testing.

Ajang ini bakal diadakan pada November, dan rencananya mobil ini akan dipiloti oleh Tanner Foust yang dikenal telah menjajal banyak ajang motorsport lain seperti Formula Drift dan Rallycross. Tanner yang pernah menggunakan VW Passat pada ajang Formula Drift ini akan ditemani oleh Rhys Millen yang pernah memecahkan rekor di Pikes Peak Climb Hill untuk menjadi konsultan dalam tahapan development Atlass Cross Sport R. Tanner Foust mengatakan di a sangat tahu kapabilitas mesin dan drivetrain mobil ini, ia sangat excited dan tak sabar untuk segera merasakan mobil ber-DNA VW Beetle ini .

Volkswagen Motorsport mengatakan pihaknya akan membuka kompetisi desain untuk livery mobil ini pada awal 2020. Mereka pun berharap kompetisi ini akan mendorong khususnya para “art students” seantero Amerika untuk ikut mengirimkan karya terbaik mereka.

Ada campaign unik yang dibuat oleh VW dalam rangka ikut nya mereka ke Baja 1000, yaitu mereka akan menanam 1 pohon setiap mil yang ditempuh oleh Atlass Cross Sport R dan totalnya diperkirakan akan berjumlah 1000 pohon apabila VV mampunya menuntaskan rute Baja 1000.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR