Tua-Tua Keladi ala Motuba
22
Feb
2021
0 Comment Share Likes 134 View

Makin tua, makin jadi. kalimat tersebut Intersport rasa cocok untuk disematkan kepada beberapa contoh mobil-mobil tua yang semakin tahun, semakin cantik dipandang pula. Namun yang perlu digaris bawahi adalah tergantung dengan perawatan dari pemilik masing-masing.

Dunia otomotif memang dapat dikaitkan dengan dunia seni, dimana sebuah mobil adalah mahakarya dari jalan panjang riset dan pengembangan bertahun lamanya hingga dapat dirasakan manfaatnya oleh para penggunanya. Selain memberikan manfaat berupa kegunaan membawa penggunanya bergerak lebih cepat, sebuah mobil juga dapat menjadi hobi dari para penggunanya.

Hal-hal seperti modifikasi, restorasi hingga perawatan sebuah mobil menjadi kegiatan yang menarik dan dapat dinikmati oleh sebagian besar Pria Intersport tentunya. Selain memberikan kepuasan, mobil juga dapat menjadi identitas tersendiri bagi penggunanya.

Sebelumnya Intersport pernah membahas tentang tips dan trik seputar pemilihan mobil project. Di artikel kali ini Intersport akan lebih spesifik memberikan informasi tentang salah satu tren yang sedang digeluti oleh para Pria Intersport dalam memilih mobil project-nya.

Mobil tua atau yang umurnya sudah di atas 10 tahun ternyata peminatnya semakin banyak saja. Bahkan pada forum-forum di media sosial punya sebutan khusus akan mobil-mobil yang berumur lebih dari 10 tahun ini, yaitu Motuba atau Mobil Tua Bangka. Belakangan ini kategori Motuba masih banyak dicari di bursa atau platform pembelian mobil bekas untuk digunakan sebagai mobil harian, mobil kedua (project) atau koleksi dan penyaluran hobi otomotif.

 

sumber

 

Kenapa pilih Motuba?

Faktor ekonomi mungkin masih menjadi salah satu alasan utama bagi Pria Intersport yang memilih mobil tua dibandingkan dengan mobil baru. Harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan mobil baru menjadi daya tarik yang paling nyata, selain harga, beberapa mobil tua dengan fasilitas dan fitur mewah yang sudah tua juga cenderung memiliki harga yang lebih murah serta memiliki nilai prestisius yang lebih tinggi.

Sebagai contoh sebuah sedan mewah asal Toyota seperti Camry tahun 2010 hanya dibanderol sekitar 140 jutaan saja, dengan budget segitu, jika memilih mobil baru mungkin pilihan yang Pria Intersport dapatkan sangatlah terbatas pada model-model LCGC saja yang konotasinya memiliki fitur nilai prestisius dan ukuran mesin yang jauh tertinggal.

Namun walaupun seperti itu, Pria Intersport harus mengingat juga bahwa mobil-mobil dalam kategori Motuba, adalah mobil-mobil yang telah berumur lebih dari 1 dekade lamanya, tentunya ada saja kekurangan dan “cacat” yang dimiliki oleh Motuba tersebut. Jika sudah memutuskan untuk membeli Motuba, tentunya Pria Intersport harus menerima berbagai konsekuensi dan “PR” yang ada.

Layaknya sebuah mobil bekas, performa pada Motuba tentunya sudah tidak sesempurna saat mobil tersebut pertama kali keluar dari lini produksi, sehingga tentunya akan banyak ditemui part-part yang sudah harus diremajakan sehingga mobil tersebut dapat kembali ke performa  optimalnya. Nah, kalau sudah ada yang Motuba jadi incaran lo, ada beberapa tips yang bisa kalian aplikasikan saat memutuskan untuk meminangnya.

 

Tips dan Trik membeli Motuba

Mengingat usianya, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan apabila Anda ingin membeli Motuba. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bagian interior. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bagian Interior mobil Motuba itu sendiri. Karena Pria Intersport bisa menilai bahwa Motuba terawat atau tidak dilihat dari kondisi dan orisinalitas interior, bukan tanpa alasan hal ini dikarenakan komponen interior Motuba sangat sulit dicari suku cadangnya jika ada kerusakan, seandainya tersedia biasanya dari part copotan yang harganya akan cukup tinggi, sesuai dengan kondisinya. 

Hal kedua yang wajib diperhatikan adalah sektor mesin dan kaki-kaki mobil. Komponen-komponen di bagian ini sangat berpotensi sudah aus dan perlu segera diremajakan akibat pemakaian. Sudah menjadi resiko membeli Motuba pasti part mesin dan kaki-kaki perlu diganti, untuk menambah kenyamanan dan keamanan berkendara karena bagian inilah yang paling fatal karena memiliki kontak langsung dengan jalanan.

 

sumber

 

Selanjutnya adalah bagian chassis. Bagian chassis merupakan bagian yang penting, namun seringkali tak dilirik bagi para calon pembeli Motuba. Hal ini dikarenakan akses visibilitas yang sangat sulit. Walaupun jarang mendapati masalah yang berarti, namun kekokohan dari chassis sebuah mobil dapat ditopang secara keseluruhan. Pastikan kondisi chassis tidak mengalami karat yang parah, mengingat Indonesia adalah negara tropis dan memiliki tingkat probabilitas karat yang sangat tinggi.

Jangan lupa juga untuk membawa mekanik langganan yang terpercaya untuk dapat ikut melihat kondisi Motuba yang hendak dibeli, gunanya adalah untuk memastikan kondisi mesin paling tidak minim kerusakan sehingga dapat menghindari penggantian part yang dapat membuat kantong jebol.

Dan yang terakhir adalah bagian eksterior, mencari Motuba dengan keadaan eksterior sempurna merupakan hal yang sulit. Paling tidak pertimbangan utamanya adalah asal tidak ada penyok dan karat yang parah sebenarnya sudah cukup baik. Baret halus atau cat yang sedikit pudar bisa dimaklumi mengingat usia mobil yang sudah lebih dari satu dekade. Terlebih saat ini sudah banyak beredar bengkel cat dengan inovasi dan teknologi mutakhir yang dapat menghidupkan kembali masa kejayaan Motuba tersebut. Salah satunya adalah dengan Wetgloss dan Paint Protection Spray.

Setelah meminang Motuba impian kalian masih ada satu lagi masalah yang harus kalian cari jalan keluarnya. Salah satu kendala yang kerap dialami oleh pemilik Motuba adalah memilih bengkel yang tepat untuk mempercayakan mobil kesayangannya. Hal ini menjadi hal yang cukup “tricky” karena mobil yang sudah tua akan lebih sulit dicari spare parts-nya. Mungkin jika kalian membeli Motuba dari pabrikan-pabrikan seperti, Toyota dan Daihatsu kalian masih bisa bernafas lega, karena beberapa dealer resmi Toyota dan Daihatsu masih menyediakan berbagai spare parts dari mobil-mobil keluaran mereka walaupun yang sudah berumur.

 

sumber

 

Namun jika bukan, Pria Intersport harus lebih pintar dan jeli lagi dalam mencari spare parts yang dibutuhkan pada Motuba kalian. Meskipun begitu, Pria Intersport tidak perlu takut karena Motuba telah memiliki berbagai platform komunitas yang cukup solid dan ramah. Kalian dapat bertanya-tanya dengan sesama anggota forum yang mungkin saja memiliki kendala dan Motuba yang sama dengan yang Pria Intersport miliki.

SAMPAIKAN KOMENTAR