Transformasi Suzuki Jimny 1984 Jadi JA71
20
Sep
2020
0 Comment Share Likes 423 View

Suzuki Jimny memang tak ada matinya. Buktinya, begitu keluar generasi terbaru, banyak orang antri untuk mendapatkan SUV kompak legendaris tersebut.

Desainnya yang khas dan mengingatkan akan model lawasnya, membuat banyak orang memburunya. Maklum, banyak yang memiliki kenangan dengan Suzuki Jimny, mungkin termasuk Anda, pria Intersport.

Di pasar mobil hobi, Suzuki Jimny lawas pun makin diburu, khususnya untuk generasi kedua yang punya kode bodi SJ. Bagi para kolektor mobil 4x4, mobil itu pun wajib masuk dalam garasi.

Bicara soal Suzuki Jimny generasi kedua, mobil ini pertama kali mengaspal di Indonesia pada medio 1983. Waktu itu, masuknya Jimny SJ410 merupakan versi regenerasi dari Jimny generasi pertama dengan kode bodi LJ.

Waktu itu, Suzuki Jimny memasarkan sejumlah varian: hardtop dan soft top yang lebih lumrah dikenal Jimny Sierra.

 

Barang Langka

Hal yang membuat populasi Suzuki Jimny SJ410 lantaran pajak tahunan yang terbilang tinggi. Wajar, mobil ini masuk dalam kategori 4x4. Sehingga, Suzuki Indonesia saat itu turut merilis varian Jimny ramah kantong dengan penggerak 4x2, Suzuki Katana.

Bonda Adi Nugraha bisa menjadi salah satu orang yang beruntung. Ya, dia menjadi segelintir pemilik Suzuki Jimny tersebut.

Suzuki Jimny Super lansiran 1984 itu didapat Bondan pada November 2019 lalu. Selain alasan popularitasnya yang sedang naik daun, nilai kenangan Bondan terhadap Suzuki Jimny jadi alasan kuat bagi dirinya untuk membeli dan merawat mobil tersebut.

"Dulu tuh pertama kali belajar nyetir pakai Katana, terus pas jaman kuliah juga pernah pakai Katana. Jadi ya karena kangen nostalgia dan akhirnya ya sudah pas ulang tahun saya November kemarin, sebagai kado untuk diri sendiri saya beli Jimny ini saja," cerita Bondan.

Suzuki Jimny Super itu ia peroleh di kawasan BSD, Tangerang Selatan. Kondisinya sudah dimodif untuk garuk tanah dan menggunakan ban 31, velg lebar, over fender --ala Jimny Sierra.

 

Berburu Part Sampai ke Jepang

Di tangan Bondan, Suzuki Jimny Super dibangun dengan terinspirasi JDM Style, mengacu Jimny JA71.

 

"Ciri khas JA71 itu ada di grille-nya yang model jadi satu sama fog lamp, bumpernya pesek hampir rata sama grille, lalu spion juga berbeda dengan JA11, dan decal pada body-nya yang juga punya khas tersendiri," jelas pria berusia 46 tahun itu.

Berbagai ubahan yang dilakukan Bondan pada Jimny kesayangannya itu, yakni meliputi  grille, spion, bumper depan, jok, sun visor, inclinometer, dan setir.

"Tantangan terberatnya itu cari pernik-pernik untuk tampilan JA71-nya. Grille saya sempat hunting sampai ke Jepang, tapi malah akhirnya dapat di Bandung. Lalu jok dapat dari Ayong mamba motor, dan bumper dari Medan," beber Bondan.

Dengan berbagai modifikasi yang dilakukannya selama kurang dari setahun, Bondan

pun mengaku puas dengan mobil kesayangannya itu. Ia pun berencana akan membenahi perkabelan atau wiring agar lebih enak dilihat.

"Mungkin nanti sekalian kalo agak longgar waktunya, mau repaint bodi, beresin karet-karet, sama ganti kaca," tutup Bondan.

 

Detail Modifikasi

Eksterior

- Convert Jimny JA11 ke JA71

- Grille JA71

- Bumper JA71

- Spion JA71

- Atap canvas

- Velg kaleng R16 made in Russia dengan PCD 5X139

Interior

- Jok JA71

- Auto retract seatbelt

- Sunvisor

- Inclinometer

- Setir palang 4 JA71

Mesin

- Mesin G13B

Kaki-kaki

- Coil Spring suspension

- Wide Axel JB32

- Body lift

SAMPAIKAN KOMENTAR