Transformasi Honda Prelude Dengan Gaya Street Racing Di Tangan Big Mike
15
Oct
2020
0 Comment Share Likes 590 View

Bicara tentang mobil asal pabrikan Honda, tentu kita akan teringat tentang mobil-mobil seperti Honda Civic, Accord atau bahkan Acura NSX. Bisa dikatakan bahwa pada awal dekade 2000, honda sedang mengalami masa emas terhadap mobil ciptaannya, setiap model yang dikeluarkan pada masa itu memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri.

Salah satunya adalah Honda Prelude, dikenalkan pada tahun 1978, bersamaan dengan Toyota Celica, Nissan Silvia bahkan adiknya sendiri yang memiliki harga lebih murah yaitu Honda Civic. Honda Prelude merupakan line up pabrikan honda yang miliki power dan handling yang cukup baik pada masanya, namun ternyata faktor tersebut tak menjadikan Honda Prelude sebagai pilihan yang banyak digemari.

Kalahnya pamor Honda Prelude menjadikan model ini berhenti di produksi pada tahun 2001 di generasi kelima, faktor ini juga yang mengakibatkan banyak modifikator yang enggan merombak model ini, para modifikator lebih memilih unit Honda Civic yang pada masa itu masih menjadi primadona kendaraan kompak yang dapat diandalkan di jalan perkotaan.

Namun faktor faktor diatas tidak berpengaruh pada Big Mike, Big Mike Pertama kali membeli Honda Prelude dari seorang teman nya, pada saat membeli kendaraan tersebut, Big Mike mendapatkan unit yang sudah tidak lagi dalam kondisi standar pabrikan.

 

Transformasi Pertama


Honda prelude yang baru saja dibelinya telah mengadaptasi aliran modifikasi Street Racing, Prelude yang dipinangnya telah mengalami beberapa perubahan pada tampilan eksterior dan kaki-kakinya,

(sumber: Instagram/thebigmike)

dirasa modifikasi yang ada sebelumnya belum memenuhi seleranya, Big Mike memutuskan untuk kembali merombak Prelude miliknya dengan upgrade kaki-kaki menjadi coil over serta merubah warna kendaraannya dengan cat yang lebih segar dengan warna merah maroon, Mike juga menambahkan Carbon Fiber Hood, pada Prelude miliknya, alhasil pada saat itu Mike berhasil memenangkan beberapa kontes modifikasi lokal yang diadakan disekitar kediamannya.

 

Bermain Dengan Warna

(sumber: Instagram/thebigmike)

Namun kepuasannya ternyata tidak berlangsung lama, alih alih membeli mobil project yang baru, Mike lebih memilih untuk merubah kembali tampilang mobilnya dengan kembali mengganti warna Prelude nya menjadi warna hijau yang digunakan oleh kendaraan polisi hutan setempat, pilihan Mike terhadap pewarnaan pada Prelude miliknya membawa banyak decak kagum dari para rekannya.

Setelah 2 kali mengalami perubahan tampilan Prelude miliknya telah menjadi inspirasi bagi para modifikator lain, 2 versi Prelude miliknya pun masing masing pernah menjadi Cover Majalah modifikasi  honda yaitu Honda Tunning, 2 kali menunjang sukses dengan prelude miliknya, Mike Belum juga puas, sehingga pada akhirnya Pada tahun 2016 Mike kembali merombak mobilnya, yang kali ini semakin radikal.

 

Ubahan Besar Dari Dapur Pacu Hingga Interior

Mike memutuskan untuk merombak dapur pacu pada mobil nya, Mike memberikan kehidupan baru terhadap mobilnya dengan menukar mesin original Prelude-nya dengan mesin Honda Accord F20B yang hanya tersedia di jepang tahun 2000an , Mike juga memberikan nilai estetika pada ruang mesin Prelude milik nya, dengan memberikan warna pada Custom Cover Valve miliknya, Mike juga menambahkan Custom Header, Fuel System aftermarket dan banyak part Custom, yang disematkan pada Prelude miliknya yang menjadikan Prelude miliknya kini memiliki 460 daya kuda, dan torsi sebesar 360 nm, Mike juga memberikan setiap unit dari baut pada mobilnya, sebuah baut yang telah diseragam kan dari sebelumnya menggunakan baut hexagonal, menjadi kunci allen atau kunci L.

Pada sisi aerodinamika Mike mengcustom lampu utamanya menjadi intake yang memberikan udara lebih ke ruang mesin, untuk membantu kinerja Turbo Versi Garrett GTX28, menurut mike versi ketiga dari Prelude miliknya memiliki tingkat kerumitan yang luar biasa, karna sebagian besar part yang disematkan, merupakan part custom yang hanya di produksi khusus untuk dirinya.

Menemukan banyak kesulitan sudah pasti terjadi mengingat modifikasi yang dilakukan Mike kali ini merupakan modifikasi yang paling radikal namun menurut Mike “batasan terbesar yang kita miliki ada dalam fikiran kita sendiri, jika kamu cukup bisa mengesampingkan kemalasan, ketidaksabaran, dan kepercayaan akan hal yang instan maka kamu dapat mengejar kesempurnaan pada project yang kamu sedang lakukan” ungkap Mike.

Pada sisi eksterior Mike juga kembali memberikan perubahan dengan mencustom bemper depan nya, Mike menyatukan Bemper Jun Aftermarket dan Bemper original Honda, pada bagian fender Mike juga mengcustom fender original milik nya untuk menambah Pressure Relief Zone pada kendaraan miliknya. Lanjut pada bagian side skirt, Mike kembali mengcustom sideskirtnya dengan mengambil inspirasi dari sideskirt yang digunakan pada balap Nascar.

Pada bagian interior Mike menambahkan roll cage untuk menambah keamanan dan kekuatan pada Prelude miliknya, setiap klaster bawaan honda prelude telah diganti menjadi part Aftermarket, dan mengkustom setiap panel yang ada, dan memberikan finishing dengan bahan Alcantara pada seluruh sudut interior mobilnya.

 

(sumber: Instagram/thebigmike)

 

Mengejar Sempurna

Setiap detail pada mobil ini dikerjakan untuk terlihat dan berfungsi sempurna, setiap centimeter pada modifikasi Prelude milik mike, ini dikerjakan secara simetris bahkan pada hal hal yang diperhatikan banyak orang, seperti contoh pada bagasi prelude milik Mike.

Menurut Mike pada project ketiga ini memiliki 3 poin utama dalam pengerjaan Prelude-nya, kesabaran eksekusi dan detil, selain nya merupakankerja keras, pengetahuan, inspirasi, inovasi,dedikasi,dan uang yang banyak, namun ternyata menurutnya pula bahwa kesenangan juga merupakan faktor penting saat kalian mencoba untuk terjun ke dunia modifikasi

Normal nya hanya memiliki tonjolan disebelah kiri untuk menaruh,ban cadangan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, namun Mike merasa jika hanya ada satu tonjolan saja, mobil akan terasa kurang simetris, sehingga akhirnya Mike mengcustom keseluruhan bagasinya sehingan mempunyai tonjolan yang sama persis pada kanan dan kiri honda prelude nya, tidak berhenti sampai situ, Mike juga mengubah cara membuka bagasinya menjadi hanya dengan tarikan knop tanpa penggunaan kunci

Sebagai sentuhan akhir untuk menandai lahirnya versi ketiga pada Prelude miliknya, Mike kembali mengganti warna pada monilnya menjadi space grey dengan finishing clear yang dilapis hingga 4 lapisan, dan baru baru ini Mike juga memambahkan custom livery pada bagian samping Honda Prelude miliknya.

 

(sumber: Instagram/thebigmike)

 

Salah satu media otomotif asal Amerika,Donut Media, menyebut bahwa mobil Big Mike merupakan gambaran jika seorang Steve Jobs memiliki sebuah mobil project, karna Prelude milik Mike dikerjakan dengan sangat teliti dan hati hati, seperti seorang Steve Jobs yang terus berinovasi  titik kesempurnaan.

Untuk tetap update dengan mobil project Honda Prelude milik Big Mike, kalian dapat cek instagram nya di @thebigmike, karena kabarnya Mike akan kembali mengerjakan mobil project terbarunya, kira kira menurut kalian mobil apalagi yang cukup beruntung mendapatkan sentuhan sang perfeksionis Big Mike?

SAMPAIKAN KOMENTAR