Toyota Mark X, Sedan Sport Mewah dan Langka
23
May
2021
0 Comment Share Likes 165 View

Sedan berpenampilan mewah dengan grill di bagian depan dan aksen huruf X yang tidak biasa ini memang pernah digadang-gadang menjadi primadona di kelasnya. Modal body dan mesin yang bisa dikatakan cukup sporty serta fitur yang mumpuni ternyata tidak cukup untuk memikat pasar dan akhirnya henti produksi setelah 15 tahun berkiprah.

Kini, di Indonesia, ia menjadi sedan sport mewah dan langka. Yuk, kita bahas bareng tentang mobil satu ini, Bro!

 

Hampir Jadi Taksi

 

sumber

 

Di awal kelahirannya, Toyota Mark X disebut akan menempati pamor sebagai armada taksi mewah. Benar saja, saking mewahnya, pemilik pribadi Toyota pun melakukan protes kalau Mark-X harus berakhir sebagai taksi. Padahal, ia akan bersanding bareng dengan Mercedes Benz e-Class, lho!

Toyota Mark X yang pertama kali debut pada tahun 2004 dan didapuk sebagai penerus dari Toyota Mark II ini pun harus berhenti diproduksi karena penjualannya yang dirasa kurang maksimal. Toyota Motor Corporation (TMC) sendiri menyatakan kalau selama diproduksi, sedan ini telah terjual sebanyak 6,88 juta unit. Malah, pemberhentiannya dipercepat dari jadwal yang ditentukan gara-gara SUV dan MPV yang makin gila-gilaan di pasaran. 

 

Kini Malah Diburu

Nyesel nggak, kalau nggak beli Toyota Mark X? Boleh, lah. Mobil sedan ini, kini masih diburu banyak orang karena harganya yang bisa dibilang terjangkau tapi punya fitur yang nggak kira-kira. Siapkan kocek Rp200 jutaan deh untuk bawa pulang mobil Toyota Mark X yang keluar awal dekade 2010-an. 

Selain desain yang gagah, mobil ini juga masih bisa diservis di bengkel resmi Toyota. Matanya yang gagah didukung dengan model headlamp unit yang cekatan dan  panel-panel dalam kabinnya yang sangatlah mewah. Jangan lupa ada head unit double dan perangkat yang touch screen. Lalu, bisa lawan panasnya Indonesia dengan  AC digital dengan dual zone. Khas mobil mewah lainnya, ada tuas kemudi lengkap dengan Steering Audio Controller yang elegan. Satu lagi yang makin nggak bisa ditolak; electric sunroof!

Di Indonesia sendiri, mobil ini makin langka karena ternyata hanya terjual ratusan unit. 

 

Variasi Toyota Mark X

 

sumber

 

Balik ke masa lalu, kira-kira Mark X sudah dibuat dalam berbagai variasi berbeda setelah Mark II berjaya sebelumnya. Tahun 2004 awal mulanya dan mobil inipun beredar di Jepang pada tahun 2004-2009. Generasi keduanya dimulai tepat setelahnya. 

Pada generasi keduanya,  Mark X dibekali dengan mesin 2.5L 4GR-FSE V6 dan 3.5L 2GR-FSE V6 dan daya pacu 302-314 bhp. Bukan muka manusia aja yang diberi botox, sentuhan kosmetik juga diberikan buat mobil ini, Bro! Mark X generasi II bahkan dua kali facelift, seperti pada tahun 2012 dan 2016.

Buat menggenjot penjualan, mobil ini juga pernah mengalami penurunan harga hingga 300 jutaan. Di saat terakhirnya, Toyota pun meluncurkan Mark X Edisi Final 250S dan 250S Four di pasar domestiknya, di Jepang. 


Tergiur nggak nih, sama mobil ini? Buat kalian yang emang suka mobil-mobil sedan ganteng gini, kalau ada budget-nya mending nggak usah mikir lama lagi, ya!

SAMPAIKAN KOMENTAR