Toyota Corolla 1974, Ikon Mobil Orang Kaya Di Tahun 70-An
20
Feb
2020
0 Comment Share Likes 430 View

Siapa yang tidak kenal dengan Toyota Corolla. Nama Toyota Corolla memang identik sebagai salah satu mobil terlaris di dunia. Sejak lebih dari 5 dekade lalu, tepatnya di tahun 1966, nama Toyota Corolla di kancah global menjadi salah satu ikon mobil Jepang dengan harga rasional dan tampilan menarik untuk kebutuhan masyarakat dunia. Beragam versi bodi dihadirkan Toyota Corolla, mulai dari versi sedan, coupe, sampai station wagon pada saat generasi awal

Tetapi perlu diketahui bahwa saat Toyota Corolla pertama kali mulai diproduksi di Indonesia, PT. Toyota Astra Motor langsung menghadirkan Toyota Corolla generasi kedua atau Toyota Corolla KE20. Diproduksi di tahu  1972 setelah mulai dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1970, Toyota Corolla KE20 langsung identik sebagai sebutan CorBet alias Corolla Betawi.

Usut punya usut, ketika itu pertumbuhan di kota Jakarta sedang mengalami kemajuan pesat. Jadi era awal 70an mulai bermunculan para 'tuan tanah' di Betawi yang mendapatkan uang berlimpah hasil dari menjual tanah, atau bermunculan pula banyak usaha mulai berkembang di Jakarta pada masa tersebut. Dan untuk meningkatkan status gengsi masyarakat pada masa tersebut, mobil pabrikan Jepang yang satu inilah yang kemudian laris manis dibeli oleh konsumen di masanya. Bahkan saking populernya, Toyota Corolla sempat digunakan sebagai armada taksi President Taxi di masanya. Penasaran bagaimana ulasan mengenai mobil ikonik yang satu ini? Berikut informasinya untuk Mas Bro.

 

EKSTERIOR MOBIL TOYOTA COROLLA 1974

Jika ditilik dari bagian depannya, mobil Toyota Corolla keluaran tahun 1974 ini menampilkan desain grille yang sporty dan selaras dengan format headlight yang memiliki tampilan besar. Untuk lis bumper depan menggunakan detil chrome, dengan area bawah bumper tersedia lampu sein. serta lubang udara untuk masuk ke mesin. Mobil ini juga tampil detngan detil tambahan lampu kabut, yang mana pada masanya juga menjadi aksesoris tambahan yang bisa dipasang ke mobil. Menariknya adalah Toyota Corolla KE20 ini memiliki penempatan kaca spion yang tidak menempel di pintu, melainkan menempel di fender depan.

Kemudian jika kita tinjau desain di bagian samping mobil ini, Toyota Corolla 1974 memiliki bentuk garis bodi "coke bottle styling", di mana pada gaya ini di bagian garis quarter panel fender belakang dibuat lebih melekuk dibandingkan dari fender depan sehingga terlihat lebih indah. Mobil ini mendapatkan aksesoris berupa talang air di pintu. Kemudian pada sisi pelek menggunakan pelek kaleng 13 inci dengan dop berkelir chrome.

Beralih ke bagian belakang mobil ini. Bentuk belakang mobil Toyota Corolla 1974 memiliki tampilan menarik karena bentuk taillight yang horizontal dengan menggabungkan lampu rem, lampu sein, dan lampu mundur dalam satu area. Bumper menggunakan aksen chrome menarik. Dari segi desain, buritan belakang mobil ini seolah melandai dari sisi kaca belakang sampai ke fascia belakang mobil klasik Toyota ini.

 

INTERIOR MOBIL TOYOTA COROLLA 1974

Sekarang beralih ke bagian interior mobil ini. Ruang dashboard mobil Toyota Corolla 1974 tampak memadukan detil panel dashboard plastik dengan aksen panel bawah berlapis besi seperti warna eksterior. Setirnya sendiri menggunakan model palang dua dengan tombol klakson di sisi kiri dan kanan dari area setir. Mobil ini juga memiliki tuas tarik untuk wiper dan lampu yang ditempatkan di dekat speedometer dan tachometer, sedangkan tuas lampu sein ditempatkan seperti biasa di belakang setir.

Kemudian untuk bagian kursi atau joknya, mobil Toyota Corolla 1974 pada masanya sudah mengikuti konsep jok mobil yang memiliki headrest tersambung ke sandaran jok. Untuk jok depan bisa dengan fleksibel diatur rebah dan tegak serta maju dan mundur jok. Sedangkan jok belakang model standar seperti jok sedan biasanya.

 

FITUR MOBIL TOYOTA COROLLA 1974

Karena mobil ini merupakan mobil yang bisa dibilang cukup ‘jadul’, kebanyakan orang tidak akan terlalu berharap banyak pada aspek entertainment alias hiburannya. Tetapi siapa sangka, untuk mobil keluaran tahun 1970an, ternyata di Toyota Corolla 1974 sudah menyediakan fitur hiburan. Terlihat adanya sebuah head unit yang menempel dalam frame dashboard mobil, yang mana fitur di head unit tersebut hanya bisa dipakai untuk memutar radio FM dan AM saja. Tetapi fitur hiburan radio seperti ini sekalipun tentu sudah terhitung cukup mumpuni pada masanya dahulu. Dan adanya fitur hiburan seperti ini menjadi salah satu alasan lain mengapa mobil ini cukup populer dan digemari pada masanya.

 

SISTEM OPERASI TOYOTA COROLLA 1974

Kini kita masuk ke bagian yang paling vital dari sebuah mobil, yakni bagian jantung pacu alias mesinnya. Mobil Toyota Corolla 1974 ini diketahui memiliki mesin 3K 1166 cc 8-valve OHV dengan sistem karburator. Mesin yang juga digunakan pada generasi pertama Toyota Kijang ini diklaim dapat menghasilkan tenaga sebesar 68 PS. Tenaga dari mesin tersebut kemudian disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi manual empat percepatan.

Bisa dikatakan Toyota Corolla 1974 alias Toyota Corolla KE20 banyak berperan penting terhadap suksesnya Toyota di Indonesia. Karena mobil inilah, akhirnya mobil MPV Toyota Kijang bisa dikembangkan karena secara teknis menggunakan mesin dan transmisi dari mobil ini. Tidak hanya itu, melalui mobil yang satu ini pula, Toyota secara sukses membuktikan bahwa mobil sedan ini populer dan cocok untuk masyarakat yang ada di Tanah Air.

SAMPAIKAN KOMENTAR