Tips Memilih, Mengganti, dan Merawat Ban Mobil
03
Apr
2020
1 Comment Share Likes 347 View

Ban, adalah komponen penting pada kendaraan karena ban menjadi pusat penopang, meredam getaran, penyeimbang kendaraan dan sekaligus kaki pada sebuah kendaraan, jika kalian memiliki kendaraan entah itu mobil atau motor pastilah kalian akan selalu mengganti ban tersebut juka sudah terlihat aus atau ban tersebut sudah di katakan “gundul”. Tentunya ini menjadi prioritas utama kalian sebagai pemilik kendaraan selain isi bensin / bahan bakar dan servis rutin. Jika ban kendaraan kalian menggalami kendala seperti bocor atau kekurangan angin maka ha ini akan menjadi salah satu penghambat hari hari kalian, ya padahal ini Cuma hal sepele sih tapi masih banyak pemilik kendaraan yang mengabaikanya. Untuk itu, kali ini kita akan bahas mengenai Tips memilih, mengganti, dan merawat ban mobil kalian.

Memilih

Agar kalian lebih nyaman dan aman dalam berkendara tentunya kalian harus memperhatikan pmilihan ban yang tepat untuk kendaraan kalian, jangan sampai kalian salah memilih ban yang cocok untuk kendaraan dan medan yang akan kalian lalui karena bisa berakibat fatal.
1. Tipe Ban
Ban itu sendiri terdiri dari berbagai tipe tergantung dengan jenis mobil, kondisi dan kontur jalanan yang akan di lewati mobil kalian. Nah untuk kode ini kalian bisa melihatnya pada ban mobil kalian, jika di depan angka ukuran ban trdapat huruf yang menandakan peruntukanya P (passenger),T (cadangan), LT (Light Truck), ST (Special Trailler) selain itu masih ada seri ban seperti MT,AT,Snow, dan lainnya.
2. Ukuran Ban
Nah ini juga sangat penting untuk kalian ketahui karena ukuran ban sangat menentukan kenyamanan mobil kalian. Caranya adalah kalian dapat melihat angka angka yang ada di ssisi luar ban, contoh ban dengan kode 205/55 R 16 91 V maka 205=lebar ban/55=ketebalan ban R16=ring diameter pelek serta 91V adalah tekanan maksimum ban dan maksimum speed.
3. Tahun pembuatan
Setiap ban punya tahun pembuatan, usahakan jika kalian membeli ban baru kalian harus memilih ban dengan tahun pembuatan yang baru karena ban dengan tahun pembuatan yang sudah lama karetnya dapat mengeras dan membuat ban tersebut tidak awet jika kita pakai, caranya adalah membaca kode pembuatan di sisi luar ban.
4. Pola alur ban
Pola atau alur ban juga mempengaruhi performa mobil kalian lho, jadi jangan salah memilih pola alur ban, jika kalian ingin grip mobil kalian stabil dan cengkramanya kuat maka pilihlah ban dengan alur V, pola ini juga berpengaruh ketika kalian berkendara dalam keadaan hujan.

Mengganti

Mengganti ban mobil di saat ban kalian sudah aus atau ber umur adalah wajib bagi kalian karena ban adalah komponen yang sangat pentin dan vital pada sebuah kendaraan , lalu kapankah saat yang pas untuk mengganti ban mobil kita dan apa saja tipsnya?
1. Pada saat permukaan ban kendaraan kalian sudah mulai menipis “gundul” karena ban yang tidak mempunyai ulir dapat menyebabkan mobil kehilangan kendali/licin. Kalian bisa mendeteksi ini lewat TWI (Tread Wear Indicator) yang ada pada ban.
2. Ban benjol, ban benjol ini sepertinya umum terjadi namun ban benjol juga sangat berbahaya ketika di pakai. Kita tidak akan tahu bahwa benjolan pada ban itu dapat meletus kapaan saja, dan bisa kalian bayangkan jika itu terjadi pada saat berkendara dengan kecpatan tinggi.
3. Permukaan ban yang pecah pecah juga sangat tidak di rekomendasikan untuk jangka waktu pemakaian lama, karena karet lapisan ban terluar mampu mengelupas dan tentunya akan membahayakan penggendara lainya.
4. Kilometer / jarak tempuh, ini sih relatif berpengaruh dan tidak karena jarak tempuh juga bukan acuan yang berarti kita harus menggantinya.

Merawat

Ngga Cuma cewe yang butuh perawatan, ban pun juga butuh perawatan lho. Kenapa ban butuh perawatan? Ya tentu saja agar kalian lebih merasa nyaman dan aman ketika berpergian, dan tetunya agar terhindar dari kerusakan pada ban itu sendiri, lalu apa saja yang di lakukan untuk perawatan ban?
1. Selalu periksa tekanan angin ketika mobil akan di pakai berpergian, jika misal mobil akan di tinggal dalam waktu yang lama kalian bisa menggunakan dongkrak/jack stand untuk menjaga agar ban mobil tidak bersentuha dengan lantai.
2. Periksa berat beban yang akan di bawa ketika berpergian karena suspensi dan ban punya load maksimum untuk hal ini, jadi jangan sampai kalian membawa beban hingga overload ya.
3. Rotasi perputaran pada ban juga sangat berpengaruh kepada ke awetan ban yang akan kalian gunakan, caranya adalah ban depan mobil kalian bisa kalian pindah ke belakang guna meminimalisir beban berat mobil. Cara ini terbukti efektif supaya ban mobil kalian awet, paling tidak kalian bisa melakukan rotasi ban kurang lebih setiap 5000km sekali.
4. Kebersihan ban mobil juga perlu di perhatikan, jika semisal kalian suka dengan offroad maka pasti ban kalian akan selelu terkena lumpur dan lumpur/tanah itu jika terlalu lama melekat pada ban akan membuat ban itu menjadi keras karetnya.

Jadi itulah beberapa tips tentang Memilih, Merawat, dan Mengganti ban mobil. Sebenarnya masih ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi umur ban mobil kita, namun semuanya kembali ke kesadaran sang empunya mobil. So utamakan keselamatan kalian di jalan dan juga pengendara lain ya guys.

SAMPAIKAN KOMENTAR