Tips Dan Trik Menghindari Fenomena Water Hammer
14
Mar
2021
0 Comment Share Likes 153 View

Bagi Pria Intersport yang tinggal di Jakarta atau sekitarnya mungkin sudah tidak asing dengan fenomena banjir yang kian melanda setiap tahunnya. Untuk Pria Intersport yang saat ini masih tinggal di daerah yang rawan  banjir, ada beberapa hal dan tips yang harus lo tahu.

Bukan rahasia jika sebuah mesin mobil yang beredar di Indonesia mayoritas masih menggunakan mesin Internal Combustion yang membutuhkan adanya ledakan api pada ruang mesinnya. sehingga sudah jelas bukan jika pembakaran yang ada pada sebuah mobil akan terganggu oleh air jika sampai masuk kedalam ruang bakar. Masalah paling umum yang terjadi adalah konsleting pada bagian elektrikal pada sebuah mobil.

 

sumber

 

Waspada Terjadinya Water Hammer

Dengan keadaan mobil yang sudah berumur kerap kali ketahanan mobil akan air semakin berkurang yang dapat mengakibatkan air dapat masuk kedalam kabin karena isolasi pada mobil yang sudah tidak optimal sehingga dapat mengakibatkan karpet mobil menjadi basah dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Jika mobil kalian hanya mengalami kejadian tersebut, maka Pria Intersport dapat cukup bersyukur karena dapat terhindar dari masalah besar yang menakutkan jika sebuah mobil harus berhadapan dengan debit air yang tinggi seperti banjir.

Masalah besar tersebut biasa disebut dengan kejadian water hammer. Seperti namanya yang terdengar kuat, water hammer adalah fenomena dimana sebuah hantaman air yang masuk kedalam ruang mesin sehingga dapat mengakibatkan hancurnya komponen mesin yang bahkan beberapa diantaranya menggunakan material logam yang keras.

Hal ini dapat terjadi karena sifat air yang incompressible, dimana sebuah volume air tidak akan bisa berkurang bahkan saat dikompresi dengan tenaga yang tinggi, sehingga jika air masuk kedalam ruang bakar secara berlebih, akan dapat merusak mesin karena tekanan sebuah air pada dinding mesin yang tidak dapat terkompresi dan dapat membengkokkan hingga memecahkan bagian bagian yang ada pada ruang bakar mesin, seperti piston, stang piston hingga kruk as.

 

sumber

 

Pada masalah yang kecil seperti kerusakan pada stang piston atau piston itu sendiri, maka yang dapat dilakukan adalah mengganti komponen mesin yang rusak dengan part yang baru, namun jika masalah yang terjadi adalah merembetnya kerusakan akibat air tersebut hingga dinding silinder pada sebuah mobil hingga mesin tersebut tidak dapat digunakan lagi, maka yang Pria Intersport harus 

Terjadinya water hammer adalah ketika air masuk dari saluran udara mobil (intake manifold) yang biasanya terletak pada bagian depan mobil, seperti yang kita telah dibahas sebelumnya bahwa sebuah mobil akan mengandalkan 3 elemen yang harus selalu berdampingan untuk menggerakkan sebuah mesin internal combustion.

nah pada saluran udara (intake manifold) merupakan bagian yang sangat rawan jika terkena air apalagi jika air merendam mobil hingga bagian tersebut. lantas bagaimana cara menghindari kejadian mengerikan tersebut?.

 

Tips Menghindari Masalah Water Hammer

Mudahnya adalah dengan menghindari genangan air yang berlebih atau banjir. sehingga Pria Intersport tidak perlu mengambil resiko untuk mengalami water hammer. namun bagaimana jadinya jika Pria Intersport sudah terlanjur melewati genangan yang tinggi?

Jika pada kondisi yang sangat terpaksa Pria Intersport harus menerjang banjir paling tidak Pria Intersport harus lakukan tips dan trik ini. Langkah pertama adalah jangan asal menerjang banjir secara sembarangan, perhatikan ketinggian air yang ada di depan kalian.

Lalu yang kedua, jaga kondisi kecepatan mobil kalian pada kecepatan yang konstan, karena saat sebuah mobil menerjang banjir akan menghasilkan gelombang air yang dipecah oleh mobil, jika dilakukan pada kondisi kecepatan yang tidak konstan, maka gelombang air yang ditimbulkan akan menimbulkan gelombang yang lebih tinggi.

 

sumber

 

Tips ketiga adalah dengan menghindari menerobos banjir di jalan yang memiliki dua arah. Karena pada saat kendaraan dari arah lain membawa gelombang yang ditimbulkan oleh mobil tersebut, maka secara langsung gelombang tersebut dapat mengenai permukaan yang lebih tinggi dari letak intake manifold yang ada pada mobil kalian. 

Tips terakhir adalah ketika sudah terasa “pincang” pada mesin mobil kalian (brebet), segera matikan mesin mobil kalian untuk menghindari kerusakan yang lebih parah, karena saat terjadi kepincangan pada mesin. Hal tersebut dapat mengindikasikan air sudah masuk kedalam ruang bakar mesin. Saat mobil sudah kalian matikan, jangan langsung coba hidupkan mesin kendaraan kalian.

Tujuannya adalah karena walaupun mobil terendam dengan debit air yang cukup tinggi, namun pada kondisi mobil yang tidak bekerja, maka yang perlu dilakukan hanyalah membersihkan keseluruhan mesin kalian hingga tidak ada lagi air yang terdapat pada ruang mesin. dan hampir dapat dipastikan mesin mobil Pria Intersport akan aman dari masalah water hammer.

Berikut adalah tips dan trik versi Intersport dalam menghadapi fenomena banjir untuk menghindari masalah-masalah yang tidak diinginkan. Semoga informasi diatas dapat berguna dan dapat Pria Intersport gunakan saat terjadinya fenomena yang tak bisa terhindarkan tersebut.

SAMPAIKAN KOMENTAR