Tips Cara Mudah Menghemat BBM
29
Mar
2020
0 Comment Share Likes 853 View

Bahan bakar adalah suatu materi apapun yang bisa diubah menjadi energi. Biasanya bahan bakar mengandung energi panas yang dapat dilepaskan dan dimanipulasi. Sebagai pengguna kendaraan baik mobil ataupun motor, pemakaian bahan bakar adalah salah satu hal yang harus selalu diperhatikan. Selain harganya yang semakin mahal, kita harus menemukan cara untuk menghemat pengeluaran kita.

Cara yang efektif untuk menghemat bahan bakar sebenarnya adalah dengan berkendara dengan benar dan stabil. Nah kali ini gua akan ngasih beberapa tips ke kalian agar pemakaian bahan bakar tidak boros, berikut tips menghemat bahan bakar yang bisa kalian coba.

 

  1. Berakselerasi dengan perlahan-lahan

 

Berkendara dengan menginjak pedal gas secara tidak menentu atau agresif tentu saja akan membuat mobil kalian sangat boros guys, apalagi saat berakselerasi kalian langsung injak gas dalam-dalam. Hal ini bisa mengonsumsi bbm 60% lebih boros lagi. Jadi kalian harus perlahan-lahan untuk berakselerasi biar konsumsi bahan bakarnya lebih hemat lagi.

 

  1. Gunakan AC Secara Efektif

 

Kita sering menyepelekan peran AC dalam mobil, padahal sebenarnya AC membebani kinerja dari mobil itu sendiri. Agar lebih efektif, jangan nyalakan AC sebelum udara panas dari dalam mobil keluar. Optimalkan kinerja AC dengan mematikan switch AC saat membutuhkan engine power, misalnya saat melewati jalan menanjak atau memanfaatkan economy mode yang akan membuat beban dari kompresor berkurang.

 

  1. Kurangi Beban Pada Mobil

 

Kalian pasti pernah dengar mitos semakin ringan mobil maka semakin irit juga bensin yang dipakai, ternyata itu bukanlah mitos. Terlalu banyak beban yang ada pada mobil akan mempengaruhi pemakaian bahan bakar. Kendaraan akan lebih boros bahan bakar sekitar 1-2% untuk setiap beban seberat 50 kg di mobil. Jadi, bawalah barang-barang yang penting saja ketika akan berpergian. Selain itu, kurangi beban kendaraan dengan cara mengisi bahan bakar setengah penuh saja. Karena dengan membawa barang yang beratnya kurang lebih 100 kg, akan meningkatkan konsumsi bahan bakar sekitar 3%.

 

  1. Ganti Gigi Jangan Nunggu RPM Tinggi

 

Mengganti gear atau gigi pada mobil jangan nunggu rpm mentok dulu baru nambah gigi, tetapi cobalah pada putaran mesin sekitar 2.000 rpm di mobil diesel atau sekitar 2.500 rpm di mobil bensin. Hal ini dapat membuat perbedaan konsumsi bbm dan bila perlu kalian memasang 'Indikator Gear Shift' agar bisa menunjukkan titik penggantian gigi yang paling efisien.

 

  1. Memanaskan Mobil Sebelum Dikendarai

Meski sering disepelekan, memanaskan mesin mobil selain mencairkan oli mesin ternyata bisa membantu menghemat bbm juga, tetapi hal ini hanya berlaku untuk mobil-mobil jadul ya guys, kalau mobil-mobil sekarang sudah canggih, teknologi penghematan bbmnya juga tentu saja lebih canggih dibandingkan dengan mobil-mobil tahun lama.

 

  1. Cek Tekanan Angin Pada Ban Mobil

 

Selain mesin, tekanan angin dalam ban juga harus dicek secara berkala. Karena setiap kali roda berputar, maka permukaan ban yang menapak di jalan akan menopang berat kendaraan tersebut. Dalam dunia otomotif, ini disebut sebagai rolling resistance (tahanan gulir). Tekanan angin pada ban yang kurang, akan membuat tahanan gulir membesar dan mengakibatkan pemborosan bahan bakar. Secara natural, tekanan angin berkurang 2 psi setiap bulan rata-rata pada ban, dipakai atau tidak karena sifat kompon karet yang berpori. Karenanya selalu perika tekanan angin pada ban terpakai ataupun cadangan di bagasi.

Nah semoga tips-tips diatas bisa kalian aplikasikan agar kalian bisa menghemat konsumsi BBM mobil kalian.

 

Sources : lookers.co.uk,shell.co.uk

SAMPAIKAN KOMENTAR