The Mighty RWB Rotana
18
Mar
2021
0 Comment Share Likes 853 View

Pabrikan Porsche asal Jerman mungkin adalah salah satu pabrikan dengan fans dan para loyalis terbesar di dunia otomotif khususnya mobil sport. Porsche telah menggeluti dunia otomotif lebih dari 80 tahun lamanya dimana dari lini produksinya, Porsche telah melahirkan berbagai mobil-mobil ikonik yang menjadi incaran para pecinta otomotif di seluruh dunia.

Kebanyakan loyalis (purist) dari pabrikan ini akan mempertahankan nilai orisinil dari mobil-mobil Porsche yang mereka miliki untuk menjaga heritage dan nilai jual dari mobil asal pabrikan Jerman ini. Namun berbeda dengan seorang jenius nyentrik asal Jepang Akira Nakai, kecintaan yang mendalam terhadap mobil-mobil Porsche ini ia tunjukkan dengan cara yang tidak umum dilakukan.

 

Japanese Genius Akira Nakai 

Akira Nakai adalah seorang pemilik dari salah satu bengkel tuner khusus Porsche yang memiliki reputasi sebagai bengkel yang memodifikasi ekstrim mobil-mobil besutan Porsche. Melawan arus besar pada kultur pemilik Porsche, Nakai berhasil menyebabkan pro dan kontra yang luar biasa atas hasil kerjanya di bengkel miliknya yang ia beri nama Rauh Welt Begriff atau biasa disebut sebagai RWB.

Modifikasi ekstrim yang biasa Nakai lakukan bersama timnya adalah dengan merubah tampilan serta tongkrongan mobil Porsche menjadi memiliki “ciri khas” kultur modifikasi asal jepang dengan penggunaan wide body serta spoiler (wing) yang besar serta tuning mesin yang memiliki karakter lebih agresif.

Mendapatkan reputasi dari sebuah ajang balap pada trek legendaris Mount Tsukuba di Jepang, Nakai memulai karir otomotif sebagai ketua geng otomotif yang diberi nama Rough World. Nakai memodifikasi mobil-mobil JDM sebagai permulaan hingga akhirnya kecintaannya terhadap Porsche pada masa kecilnya berhasil ia wujudkan dengan membeli mobil Porsche Pertamanya.

Sejak saat itu Nakai menemukan kembali passionnya pada mobil asal Jerman itu dan memulai untuk fokus menggeluti mobil-mobil asal Porsche, dengan produk pertamanya sebuah mobil Porsche 911 yang dimodifikasi menjadi mobil yang siap mengoyak aspal arena balap dan diberi nama Stella Artois, terinspirasi dari merk Bir favoritnya.

 

sumber

 

The Rotana From RWB

Mendapatkan berbagai komentar pro dan kontra pada Stella Artois miliknya, tak membuatnya berhenti untuk berinovasi dan memodifikasi kembali mobil-mobil Porsche selanjutnya. Dan pada artikel kali ini Intersport akan mengupas lebih dalam mengenai salah satu mobil Porsche besutan Nakai yang tak kalah ikonik dari mobil Stella Artois nya, yaitu Rotana.

Alih-alih menggunakan sang legenda Porsche 911 dalam project baru miliknya, Nakai memilih basis mobil dari Porsche 993. Mobil Porsche tersebut memang sudah direncanakan Nakai untuk menjadi mobil balap pribadinya, yang dapat digunakan untuk menjajal sirkuit favoritnya, Mount Tsukuba Race Track, yang memang sedang dekat dengan sebuah event balap yang diikuti oleh Nakai.

Pada bagian eksterior Nakai memberikan sentuhan khas RWB dengan penggunaan velg celong Work Meister RWB-special reversed rims, dengan ukuran 12.5Jx18″ -5 (depan), 14Jx18″ -48 (belakang), offset -5 untuk memungkinkan bodykit pada bagian depan dapat masuk dan memiliki tampilan yang sempurna. Penggunaan bodykit, pemotongan fender dan atap dilakukan secara manual dan digantikan dengan part-part garapan RWB yang menggunakan bahan dasar carbon fiber untuk dapat memangkas bobot keseluruhan dari Rotana miliknya.

Tak lupa juga Nakai menyematkan spoiler dengan ukuran besar, serta menggunakan negatif camber dengan tingkat kemiringan ekstrim khas RWB. untuk urusan warna Nakai memilih warna Matte Purple untuk keseluruhan mobilnya. Warna tersebut didapatkan karena terinspirasi dari sebuah mobil Lamborghini Aventador yang ia lihat saat sedang berkunjung ke Uni Emirate Arab, saat mengerjakan project RWB untuk salah satu kliennya.

Adapun beberapa part pada bagian bodykit Rotana miliknya adalah sebagai berikut RWB full widebody conversion, GT2-look front bumper, RWB rubber lip, RWB elongated front canards, RWB carbon fiber roof, RWB side skirts, RWB aero vented rear fenders, RWB side canards, RWB rear bumper (removed for track use), RWB one-off wing yang ditempelkan pada spoiler original Porsche 993, acrylic slide-type door glass.

 

sumber

 

Untuk urusan performa, Nakai menggunakan mesin turbo dari Porsche 964 dengan kubikasi 3.6L yang mengalami beberapa perubahan ukuran part internal serta Nakai juga menggunakan custom exhaust manifold, custom intake pipe, HPI cone filter, custom intercooler, custom piping, braided oil lines, custom stainless steel exhaust system yang dipasangkan dengan GReddy turbo set berukuran sedang, Nakai juga menyematkan ECU HKS F-Con V Pro yang dipilih untuk menangani manajemen engine yang dibutuhkan untuk menopang performa dari Rotana yang kini memiliki tenaga luar biasa sebesar 575 hp.

Dan pada bagian Interior, kita akan melihat interior “trondol” khas mobil balap.namun tetap tidak melupakan hal-hal penting seperti penggunaan stir Sparco yang di custom untuk mendapatkan offset optimalnya, serta dipasang pada bos custom agar sesuai dengan posisi mengemudi Nakai. Nakai juga menyematkan bucket seat Recaro yang dapat menjaga Nakai tetap dalam posisinya saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Tidak berbeda dengan lokasi Nakai mendapatkan Inspirasi warna pada mobilnya, Nakai juga mendapatkan inspirasi dari nama mobilnya yang ia dapatkan juga saat sedang bekerja di Uni Emirate Arab, dimana Rotana adalah salah satu pengembang properti dengan berbagai hasil gedung yang ia kagumi selama berada disana.

Beberapa sumber seperti Speedtuner.com menyebutkan bahwa Rotana kemungkinan menjadi salah satu mobil pribadi terakhir milik Akira Nakai, yang dimana hal ini kian mengejutkan banyak pihak. Walaupun dengan banyaknya komentar negatif dari para purist Porsche, namun Nakai tetap berhasil dalam memberikan warna baru di dunia modifikasi di seluruh dunia, hal ini juga yang dapat menjadikannya salah satu legenda dari industri yang sama-sama kita cintai ini. 

Jika Pria Intersport berkesempatan untuk memiliki Porsche, apakah Pria Intersport akan memberikan treatment ala RWB di Porsche kalian? Tuliskan komentar kalian di bawah ini ya.

SAMPAIKAN KOMENTAR