Tetap Proper Dengan Modifikasi Negatif Camber
20
Nov
2020
0 Comment Share Likes 93 View

Negatif camber kerap digunakan pada berbagai aliran modifikasi yang sedang marak digunakan oleh banyak car enthusiast di dunia. Modifikasi pada bagian ini mengharuskan modifikator untuk menetapkan sudut kemiringan pada poros roda dan vertical axis sehingga dapat menghasilkan tampilan ban mobil yang mengerucut keluar.

Modifikasi ini memiliki banyak pro dan kontra yang beredar dikalangan penggemar otomotif, beberapa penggemar otomotif menganggap modifikasi seperti ini merupakan hal yang bahaya, karena dapat merusak bagian ban kendaraan serta mengurangi handling pada kendaraan. Anggapan-anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah juga. Lalu, bagaimana caranya adaptasi negatif camber yang proper?

 

sumber: raceland.com

 

Adaptasi dari Ajang Motorsport

Ketika modifikasi camber dilakukan dengan sudut kemiringan yang berlebihan, camber pada dasarnya dapat merusak ban pada kendaraan kalian, karena sudut kemiringan yang diberikan oleh modifikasi camber ini sendiri akan memberikan beban berlebih pada bagian dalam roda, dibandingkan bagian luarnya.

Sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena Pria Intersport juga harus melihat kembali dari kegunaan mobil yang mengaplikasikan modifikasi tersebut. Pada dasarnya modifikasi camber negatif ini merupakan modifikasi yang diadaptasi dari kegiatan motorsport.

Di mana pada kecepatan tertentu, tiap mobil yang sedang berlomba akan membutuhkan sudut kemiringan pada ban kendaraan mereka. Negatif camber yang diberlakukan pada mobil-mobil yang digunakan pada ajang motorsport dapat membantu pembalap untuk tetap mendapatkan traksi dan grip yang maksimal saat berada di tikungan dalam kecepatan tinggi.

Dalam ajang motorsport sendiri tiap tim biasanya akan membekali tiap kendaraan yang berlomba dengan spesifikasi camber negatif dengan sudut kemiringan 3 hingga 5 derajat. Sudut kemiringan tersebut dianggap sebagai sudut kemiringan yang paling aman dan tidak mudah merusak ban kendaraan.

 

sumber: touringcars.net

 

Berbagai pro dan kontra yang beredar mengenai modifikasi camber ini sepatutnya tidak dilihat hanya dari satu sudut pandang, karena kembali lagi modifikasi ini merupakan adaptasi dari ajang motorsport yang di mana dibutuhkan kontrol maksimal serta ketahanan pada mobil itu sendiri.

Jika dilihat dari sudut pandang fungsional, modifikasi camber negatif dilakukan untuk kebutuhan mobil yang digunakan pada trek balap, maka modifikasi ini merupakan keputusan yang tepat. Dikarenakan modifikasi ini akan membantu pengemudi untuk melahap trek yang ada.

Sisi fungsional pada trek balap, pasti akan berbeda dengan kebutuhan fungsional, kebutuhan pada jalanan perkotaan, atau kebutuhan mobil harian. Untuk mengaplikasikan modifikasi di mobil harian kalian, tentunya akan banyak lagi faktor yang mempengaruhi fungsional pada modifikasi camber negatif.

 

Modifikasi Camber Untuk Mobil Harian

Sah-sah saja jika mobil harian yang Pria Intersport gunakan telah atau akan mengaplikasikan modifikasi camber negatif pada mobil kalian. Namun tetap perlu dilihat kembali fungsi dan kebutuhannya. Mungkin sebagian Pria Intersport yang telah mengaplikasikan modifikasi ini, menggunakan mobilnya untuk melahap trek balap pada akhir pekan, sehingga peng-aplikasian modifikasi ini akan sangat membantu.

Tetap saja akan menjadi hal yang sah walau hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Namun sudut kemiringan yang aman harus tetap menjadi kunci utama pada gaya modifikasi ini.

Di luar dari penggunaan sudut kemiringan yang aman, tetap saja sebagian dari kita pernah melihat ataupun mengaplikasikan modifikasi camber negatif ini di luar dari sudut aman yang telah direkomendasikan.

Setuju atau tidak, menurut Intersport, tampilan yang dihasilkan dari modifikasi camber negatif ini, memiliki keunikan tersendiri, banyak pula aliran modifikasi yang membutuhkan aspek camber negatif ini. Salah satu contohnya adalah aliran modifikasi Hellaflush.

Tampilan yang cenderung lebar dengan dipadukan body kit dan over fender berpadu secara harmonis untuk menciptakan tampilan mobil yang unik dan memiliki kesan yang sporty.

 

 

Walau memiliki tampilan dan tongkrongan yang unik, fungsi keselamatan dan kenyaman juga tidak boleh menjadi hal yang dilupakan, akan percuma jika kendaraan yang kalian modifikasi menjadi tidak aman digunakan.

Kerapkali beberapa modifikator hanya berfokus pada hasil tampilan akhir semata. Tidak memperhatikan spesifikasi pada parts yang digunakan serta membuatnya memiliki kinerja yang di luar batas kemampuan maksimalnya. Sehingga faktor keamanan menjadi tidak optimal, dan cenderung membahayakan.

Salah satu cara agar kalian tetap dapat mendapatkan faktor keamanan dari mobil yang mengaplikasikan modifikasi camber negatif adalah dengan menggunakan part aftermarket yang berkualitas dan memiliki reputasi yang baik.

 

 

sumber: carid.com

 

Selain itu, perhitungan yang tepat pada beban maksimal pada ban juga harus diimplementasikan, karena jika tidak maka anggapan pada awal artikel ini akan menjadi nyata. Beberapa kasus yang terjadi adalah ketika ban yang tidak dapat menampung tekanan angin secara maksimal, maka ban akan rentan mengalami kerusakan yang dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti rusaknya bagian kulit ban hingga menyebabkan pecah ban saat berkendara.

Untuk mengetahui berbagai tips dan trik pada fitment velg yang proporsional, Pria Intersport dapat melihatnya di artikel berikut Tips dan Trik Fitment Pada Mobil.

Modifikasi merupakan hal yang tidak memiliki batasan dalam pengerjaannya, di mana kreativitas manusia menjadi satu-satunya batasan yang mungkin tidak akan ada habisnya. Berbagai aliran modifikasi, fungsi dan esensi menjadi bagian-bagian yang tidak dapat dipisahkan.

Namun ada baiknya jika modifikasi tidak hanya mementingkan hasil akhir pada tampilan modifikasi saja. Pria Intersport juga harus bertanggungjawab terhadap keselamatan berkendara masing-masing, dengan modifikasi yang proporsional terhadap fungsional yang diterapkan.

Cek terus Intersport.id untuk mendapatkan informasi menarik seputar otomotif yang dapat memberikan referensi serta inspirasi untuk dapat memodifikasi mobil kalian secara baik dan proporsional.

SAMPAIKAN KOMENTAR