Tak Mau Kalah Dengan Supra, Toyota 86 Akan Segera Meluncur
15
Jan
2020
0 Comment Share Likes 222 View

Salah sat brand otomotif besar di dunia asal Jepang yaitu Toyota kini tengah gemar memperkenalkan mobil terbaru mereka namun membawa unsur nostalgic dari produk legendaris mereka. Salah satu yang baru meluncur setelah sempat mati suri dalam waktu yang cukup lama adalah Toyota Supra.

Mengekor dari kesuksesan meluncurkan Toyota Supra terbaru di dunia, Toyota kembali akan meluncurkan salah satu mobil yang cukup diminati oleh para car enthusiast di dunia yaitu Toyota 86. Ya, Toyota yang bekerja sama dengan  Subaru kini tengah mempercepat proses pengembangan untuk model Toyota 86 dan BRZ.

Produk sportscar  kembar ini dikabarkan akan hadir lewat generasi baru, bukan sekadar facelift lagi. 86  dan BRZ yang sudah hampir satu dekade dipasarkan di dunia tersebut dikatakan sudah waktunya untuk mengalami pembaruan baik dari sisi eksterior, interior hingga mesin.

Menurut Autocar, baik Toyota maupun Subaru telah berkomitmen untuk mempersiapkan model pengganti dari 86 dan BRZ. Salah satu tujuannya adalah bagi Toyota untuk menegaskan hadirnya divisi kendaraan performa tinggi melalui sub-brand Gazoo Racing (GR).

Walaupun belum resmi, rumornya generasi terbaru 86 akan memakai nama GR86, seperti GR Supra dan GR Yaris yang dikembangkan langsung oleh Toyota GR. Akio Toyoda selaku bos Toyota bahkan ingin meningkatkan citra mereknya melalui mobil-mobil kencang baru Toyota.

Kabar yang beredar lainnya untuk generasi baru dari Toyota 86 dan Subaru BRZ ini akan menggunakan platform dari TNGA (Toyota New Global Architecture). Hal tersebut  dikarenakan seluruh platform yang dimiliki oleh Subaru saat ini tidak mendukung sistem penggerak roda belakang.

Sementara Toyota mendapat jatah untuk platform dari 86 dan BRZ baru, Subaru justru kembali akan berada di sektor dapur pacunya. Kemungkinan besar mesin 2.0 liter boxer NA akan bertahan, dengan kemungkinan lain diadopsinya mesin 2.4 liter turbo Subaru dari model Ascent, Legacy atau Outback.

Tentunya, seiring bergantinya generasi, 86 dan BRZ akan berubah penampilan pula. Seperti hasil rekaan Autocar, tampilan eksterior mengadopsi gaya desain yang sama seperti Supra pada fascia depan, namun dengan garis body lebih halus.

Akan menarik menerka apakah ToyoBaru (Toyota/Subaru) akan tetap menggunakan format kapasitas empat penumpang atau beralih ke 2-seater untuk 86 dan BRZ nantinya. Meski belum terucap kapan akan diluncurkan, kemungkinan pada tahun 2021 kedua mobil ini sudah menampakkan dirinya.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR