Sudah Tahu Tentang Teknologi Sun Visor LCD Transparan?
12
Jan
2020
0 Comment Share Likes 413 View

Para Pria Intersport sudah akrab dengan Sun Visor? Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, Sun Visor ini berfungsi untuk menghalangi sinar matahari yang menyilaukan. Bentuknya memang sederhana, tetapi ternyata bisa dibilang sangat krusial. Sejak 100 tahun yang lalu, Sun Visor ini tidak pernah mengalami perubahan bentuk, tetapi saat ini ada beberapa pihak yang tertarik untuk mengembangkan perangkat yang satu ini.

Bosch, salah satu perusahaan pengembang teknologi, saat ini tengah menciptakan sebuah sun visor canggih yang berbeda dengan sun visor konvensional. Perangkat ini diberi nama Virtual Visor dan memiliki wujud yang jauh berbeda dengan sun visor. Jika pada umumnya penghalang cahaya matahari dibuat dari plastik yang dibungkus dengan kain atau kulit, Virtual Visor justru berupa LCD (Liquid Crystar Display) yang transparan. Perangkat Virtual Visor ini sendiri pertama kali dikenalkan pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat. Teknologi ini berhasil menyabet penghargaan Best of Innovation pada CES 2020 Innovation Awards untuk kategori In-Vehicle Entertainment and Safety.

Cara kerja perangkat ini sebenarnya cukup sederhana, tetapi memang membutuhkan teknologi yang cukup canggih. Perangkat ini akan terhubung dengan sistem monitoring pengemudi dan penumpang yang berupa kamera. Nantinya sebuah progran A.I. akan menganalisa dan mendeteksi posisi wajah pengemudi dan penumpang. Sistem akan menciptakan bayangan yang terfokus hanya di area mata dengan menggelapkan beberapa segmen di LCD. Area lain tetap transparan, dan hal ini akan membuat pengemudi memiliki area pandang yang lebih luas. Tidak hanya itu, kemunculan bayangan tersebut tersebut juga tidak bersifat statis, tetapi mengikuti pergerakan pengemudi atau penumpang depan.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika perangkat ini akan diaplikasikan pada mobil yang ada di pasaran saat ini. Yang pertama pasti biaya produksinya, dan hal ini pasti akan berpengaruh pada harga mobil. Kemudian sun visor konvensional seringkali digunakan pula sebagai alat berkaca, sehingga jika diganti dengan LCD, fungsi ini secara otomatis tidak akan bisa digunakan.

SAMPAIKAN KOMENTAR