Sudah Tahu Sederet Muscle Car Mopar Ini?
15
Apr
2020
2 Comment Share Likes 2697 View

Sebelum ada mobil-mobil semacam Ford Mustang dan Shelby di pasaran, dunia otomotif sudah lebih dulu mengenal Mopar pada awal tahun 1960-an. Mopar, yang merupakan kesatuan dari ‘motor’ dan ‘parts’ pada awalnya beroperasi di bawah perusahaan Chrysler pada tahun 1920-an.

Kemudian pada tahun 1937, Mopar secara resmi memulai kiprahnya sebagai brand independen dan menyediakan motor parts untuk muscle car dengan performa tinggi. Sementara itu, Chrysler yang dianggap sebagai pionir asli dari muscle car itu sendiri mulai populer pada masa pasca Perang Dunia II. Dengan mesin Hemi V-8 bertenaga 300 hp yang diperkenalkan pada produksi C-300 tahun 1955, Chrysler berhasil membentuk konsep mobil dengan akselerasi dan tenaga yang mengagumkan.

Chrysler, pada masa awal produksinya membeli mobil-mobil Dodge dan memperkenalkan Plymouth yang sebagian besar menggunakan parts dari Mopar. Di bawah naungan Mopar, Chrysler berhasil muncul sebagai salah satu dari tiga produsen mobil terbesar di Amerika Serikat, selain Ford dan General Motors. Mopar memiliki peran yang penting dalam mengembangkan kultur otomotif di Amerika Serikat. Karena itu, kali ini kita akan bahas mengenai beberapa muscle car yang mendapat campur tangan cukup besar dari Mopar dalam pembuatannya.

  1. 1970 Dodge Challenger T/A

Bagi penggemar Mopar, muscle car Dodge memang merupakan salah satu muscle car tercepat dalam sejarah otomotif. Dodge Challenger sendiri diperkenalkan pada tahun 1969 dan diprodksi sebanyak 2.539 model hingga tahun 1974. Challenger T/A menggunakan desain bodi khas Chrysler dengan warna yang menarik, headlight bundar, dan aksen garis yang besar, sementara Mopar membuat mesin 340 cid V8 yang bisa menghasilkan tenaga 290 hp.

 

  1. 1970 Dodge Super Bee

Dodge Super Bee keluaran tahun 1970 merupakan salah satu Mopar Hemi muscle car yang paling langka. Mobil ini hadir dengan pilihan transmisi manual empat percepatan atau transmisi otomatis Torqueflite tiga percepatan. Mobil ini juga hadir dengan beberapa pilihan mesin, yakni mesin 383 yang memproduksi 335 horsepower, sementara varian tertingginya menggunakan mesin dual-quad 426 Hemi V8 yang menghasilkan 425 horsepower dan torsi 490 lb-ft. Super Bee merupakan mobil coupe dua pintu dengan rear-wheel-drive.

 

  1. 1970 Plymouth Superbird

Plymouth Superbird merupakan mobil yang dirakit khusus untuk mendominasi track balap NASCAR, dan tujuannya berhasil tercapai. Pada tahun 1970, Superbird memenangkan 18 balapan dengan spoiler radikalnya yang dipasangkan di bagian belakang. Mobil rear-wheel-drive ini menggunakan mesin klasik yang populer dari Mopar, yakni mesin 426 Hemi V8 yang menghasilkan tenaga 425 horsepower.

 

  1. 1965 Plymouth Barracuda

Plymouth pertama kali diperkenalkan pada tahun 1928 oleh Chrysler, tetapi baru pada tahun 1960-an muscle car Mopar ini benar-benar bisa menghasilkan seri Barracuda yang cukup bersaing. Meskipun Barracuda model tahun 1965 dan 1966 tidak bisa mengatasi mesin yang masif, mobil yang satu ini bisa menggunakan mesin four-barrel Commando 273-cid.

 

  1. Chrysler C-300

Penggemar Mopar manapun pasti akan menceritakan tentang asal mula Mopar pada Chrysler C-300 tahun 1955. Mobil tersebut merupakan muscle car original pertama yang menggunakan konsep mesin Hemi V-8 bertenaga 300 hp yang menjadi sangat umum digunakan di masa sekarang. Pada masa itu, mesin ini merupakan mesin yang mengagumkan berkat tenaga yang dihasilkan. Pada masa kejayaannya, mobil ini bahkan bisa menghasilkan tenaga 340 hp.

 

  1. Plymouth Fury

Mobil Plymouth Fury diperkenalkan di tahun yang sama dengan Chrysler C-300, tetapi kemudian dijadikan pengganti dari mobil Plymouth Belvedere. Mobil Plymouth Fury ini mengalami beberapa perubahan dari model full size menjadi mid size, dan berhenti diproduksi pada tahun 1989. Model tahun 1956 bisa menghasilkan tenaga sebesar 240 hp, sementara model terakhir keluaran tahun 1989, yakni Police Fury, hanya bisa menghasilkan tenaga sebesar 175 hp.

 

  1. Dodge Dart 413 Max Wedge

Mopar mendapatkan kontrol penuh atas track balap dan para penontonnya dengan meluncurkan Dodge 413 Max Wedge. Mesin mobil Max Wedge yang satu ini merupakan mesin yang sukses mengantarkan Mopar dan Chrysler masuk ke dalam tiga produsen mobil terbesar di Amerika Serikat pada masa itu. Bersaing dengan mesin-mesin bertenaga 400 hp buatan Ford dan Pontiac, Mopar berhasil melampauinya dengan menggunakan mesin Max Wedge yang mampu menghasilkan 425 hp yang ditanamkan di dalam mobil Dodge Dart 413.

 

  1. Plymouth GTX

Plymouth GTX adalah sebuah muscle car mid-size yang melakukan debutnya pada tahun 1967 sebagai Belvedere. Mobil ini menggunakan mesin Super Commando 440 yang diketahui menghasilkan tenaga 375 hp, sementara mesin lain yang tersedia adalah mesin Chrysler Hemi 426 yang menghasilkan tenaga 425 hp. Pada tahun 1968 dan awal tahun 1970, Plymouth GTX mendapat beberapa perubahan kecil dan besar pada bagian desainnya, tetapi masih dengan mempertahankan mesin yang sama.

 

  1. Plymouth Roadrunner

Mobil yang satu ini pasti sudah tidak asing di telinga kita.  Plymouth Roadrunner bisa dibilang sebagai mobil klasik, tetapi yang membedakannya dari produksi Mopar lainnya adalah konsep desain minimalis yang tidak terlalu mewah. Terlepas dari semua hal itu, mesin yang digunakan mobil ini sama dengan muscle car Ford atau Pontiac manapun. Mobil ini menggunakan mesin 383ci V8 yang menghasilkan 335 hp, dan mesin ini merupakan mesin eksklusif Roadrunner.

 

  1. Dodge Hemi Dart LO23 Super Stock

Mobil Dodge Hemi Dart LO23 Super Stock ini merupakan hasil dari kolaborasi yang dilakukan antara Chrysler dan Hurst Performance sebagai sebuah usaha untuk menciptakan sebuah mobil yang bisa berkompetisi di kelas drag racing class. LO23 sendiri melambangkan bahwa mobil Hemi Dart ini terbatas hanya untuk balapan for Super Stock di bawah Kelas B. Di dalam mobil ini ditanamkan sebuah mesin Mopar standar Hemi I .e.426 cubic-inch yang diketahui mampu menghasilkan tenaga sebesar 425 hp.

 

Sumber artikel dan gambar : https://www.hotcars.com/15-memorable-mopar-muscle-cars-you-wanna-see/ (dengan pengubahan seperlunya)

SAMPAIKAN KOMENTAR