Starlet KP47, Mobil Balap Legendaris Indonesia Pada Masanya
02
Apr
2021
0 Comment Share Likes 438 View

Pakai yang klasik, jadi asik. Sepertinya, motto itu yang kini marak digandrungi oleh masyarakat Indonesia saat ini. Selalu ada tempat untuk yang klasik, terutama yang punya cerita seru di belakangnya. Begitu juga dengan memilih mobil, selalu ada alasan untuk mencari atau memberikan napas baru buat mobil-mobil lama sehingga bisa kembali ke jalan. Belakangan, Toyota Starlet juga makin banyak diminati dengan modelnya yang ringkas dan mungil.

Starlet bukan hanya mobil keluarga seperti bagaimana ia dipasarkan secara masif di tahun ‘70-an. Semenjak munculnya sirkuit pertama di Jakarta era 1970-an, aspalnya tidak pernah berhenti kedapatan beragam mobil-mobil balap dengan beragam spesifikasi. Kalau diingat-ingat, dari sekian mobil yang mengaspal di balapan dan mencuri hati, pasti ada nama Toyota Starlet KP47. Lalu, apa yang menjadi kelebihan dari toyota Starlet terutama seri KP47 ini? Simak penjelasannya berikut. 

 

Mengenal Toyota Starlet

Lini mobil subkompak memang cukup merajai di tahun 1970-an. Kehadiran Toyota Starlet menggantikan pendahulunya, yakni Publica, mobil keluarga yang digadang-gadang sebagai mobil konsep pemerintah oleh Pemerintahan Jepang pada masanya.

Sebagai mobil yang cukup digandrungi, sejarah mobil ini juga cukup panjang, bahkan sampai 5 generasi dari tahun 1973 hingga 1990-an akhir. Mesin yang ditawarkan pada seri pertamanya berkisar 100-1200 cc. Di Indonesia sendiri, salah satu generasi yang disukai adalah GT Turbo yang kini kembali banyak dicari oleh para penggemarnya untuk sekedar dikoleksi atau dipakai harian

Tapi, kali ini yang jadi pusat perhatian bukan seri biasa atau GT Turbonya, tapi Toyota Starlet KP47 yang legendaris di dunia balapan. 

 

Dibuat untuk Balapan

 

sumber

 

Sebelum masuk ke Indonesia, Toyota Starlet punya sejarah tersendiri di negara asalnya, Jepang. Di tahun '74, dua orang bernama Nobuhide Tachi dan Kiyoshi Oiwa mendirikan TOM'S (Tachi Oiwa Motorsport). Hanya setahun berselang, TOM'S langsung diakui Toyota sebagai mitra resmi dan masih melenggang dengan eksis di jagat Super GT hingga sekarang.

Di arena balap, TOM'S merancang Toyota Starlet untuk bersaing melawan Datsun Sunny dan Honda Civic di Fuji Grand Champion. Saat itu, si kecil mungil ini meninggalkan kesan dengan putaran mesinnya yang hingga 9.500 RPM dan menghasilkan tenaga 180 HP.

Hasilnya, mobil ini memang sukses memenangkan touring car series championship di tiga tahun keemasannya, yakni 1975-1978 bersama Keiichi Suzuki yang didapuk sebagai pemegang kendali setirnya. 

Balapan di Sirkuit Indonesia

 

sumber

 

Sirkuit Sentul bukanlah sirkuit internasional pertama di Indonesia. Sebelumnya, ada Sirkuit Ancol atau Jaya Ancol Circuit Jakarta dan tempat inilah saksi sejarah bagaimana lincahnya Toyota Starlet KP47 di tangan mantan pembalap nasional Tinton Soeprapto. Pada saat itu, Tinton juga ditugaskan oleh Gubernur Jakarta yang menjabat, Ali Sadikin, untuk mengajak pembalap asing melaga di sana. 

 

Kini Jadi Barang Langka

 

sumber

 

Dengan masuknya Toyota Starlet KP47 ke arena balap dengan kode mesin 3K-R 1.300cc Injeksi, 16 Valve dan sudah bisa menyentuh 200 HP lebih pada masa itu, sudah pasti semua orang berebut untuk memilikinya. Dari berbagai tipe yang hadir, setidaknya ada dua jenis yang kini diketahui siapa pemiliknya.

Dilansir dari Kumparan, setidaknya kita bisa mengetahui satu orang yang beruntung mengoleksi bukan hanya satu, tapi dua jenis Toyota Starlet KP47 ini, yakni Anthon Novianto. Salah satu yang ia miliki adalah Starlet KP47 versi TOM'S, walau tersisa bodinya saja. Tapi, tidak lama, tipe TRD bekas salah satu pembalap Jepang pun sampai juga di tangannya. 

Di luar negeri, sudah ada beberapa proyek restorasi Toyota Starlet KP47 ini. Hampir semuanya membutuhkan proses panjang, karena kondisi mobil yang masih original susah untuk ditemukan. Untungnya, kini ada teknologi 3D printing, jadi beberapa ornamen ciri khas bisa diproduksi ulang untuk menambah rasa nostalgia terhadap mobil ini.

Apakah lo salah satu orang yang pernah menyaksikan Toyota Starlet KP47 berlaga di jalanan sirkuit? Jadi ingin memilikinya nggak, sih?

SAMPAIKAN KOMENTAR