Sleeper, Kap Mesin Mobil Mobil Ini Isinya Wow !
06
Feb
2020
0 Comment Share Likes 720 View

Sleeper, Istilah ini bisa merupakan bahasa slang yang memiliki makna sesuatu yang terlihat biasa dari luar tetapi ternyata memiliki sesuatu yang hebat atau wah. Dalam dunia mobil dikenal istilah sleeper car atau mobil sleeper. Maknanya pun serupa. Mobil yang terlihat biasa saja “culun” dari luar tetapi ternyata memiliki performa tenaga mesin yang luar biasa. Mobil sleeper merupakan kebalikan dari mobil ricer.

Ricer sendiri merupakan trend modifikasi mobil yang terlihat atau bergaya seperti mobil cepat/ sport tetapi tidak punya tenaga atau standart. Biasanya aliran ini hanya bermain di modifikasi secara tampak luar sedangkan untuk mesin dan internal yang berhubungan dengan kecepatan tidak ada ubahan. Nah, aliran sleeper ini merupakan mobil yang terlihat standart biasa saja atau bahkan terlihat kuno tetapi memiliki performa seperti mobil sport.

Toyota Innova V Luxury milik sang owner bernama Dimas Arki aslinya menggunakan mesin standart innova bensin 4-silinder berkapasitas 2.000cc. Demi mendapatkan performa pada tungganganya yang lebih mumpuni, Dimas melakukan engine swap pada Innova kesayangannya. Dipilihlah mesin 2JZ-GTE untuk menggantikan mesin Toyota Innova standart, tentunya dengan beberapa perubahan pada engine mounting dan layout bak mesin. Dimensi ruang mesin pada Innova yang cukup luas, dan konfigurasi tata letak mesin yang sama menghadap ke depan, memudahkan proses swap mesin 2JZ-GTE  milik Toyota Supra dengan Chasis dan bodi Innova. Spesifikasi untuk mesin Toyota Supra berkode 2JZ-GE ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 212–227 bhp pada 5.800 hingga 6.000 rpm dan torsi sebesar 283–298 Nm pada 3.800 hingga 4.800 rpm. Sedangkan performa mesin Toyota Innova ini naik secara signifikan dibanding mesin standar Innova tipe 1TR-FE, 4 silinder, 1.988 cc yang memiliki daya sebesar 137 hp. Mesin 2JZ-GTE itu sendiri di kombinasikan dengan transmisi manual 7 percepatan milik Nissan 350z. Sementara untuk urusan turbo mesin ini di kombinasikan dengan turbo merek HKS dan ECU dari Haltech. Pada bagian intercooler menggunakan brand ETS dan radiator racing menggunakan Koyorad. Pada bagian dalam mesinnya, timing belt dan cam gear menggunakan HKS. Demi mengimbangi performa dan tenaga yang makin meningkat derastis, sejumlah upgrade pada sektor kaki-kaki pun di lakukan. Pelek sendiri menggunakan Volkrays dengan tipe TE3700 ring 18″ di balut dengan ban Advan Neova 245/45. Sementara untuk bagian suspensi, menggunakan Tein Basic Coilover. Rem standar Innova digantikan dengan produk Alcon 6-pot pada kaliper depan, dan 4-pot untuk kaliper rem belakang sedangkan piringan cakram berdiameter 355mm ikut di tanamkan di innova ini.

Mobil ini sangat terkenal di jagad youtube dan Mungkin ini adalah satu-satunya Daihatsu Xenia yang menggunakan mesin “V” di Indonesia atau bahkan di dunia. Daihatsu Xenia yang satu ini aslinya menggunakan mesin 1NR-VE 4-silinder 1.300 cc. Mesin yang sama juga digunakan pada Toyota Avanza ini diproduksi lokal di pabrik Daihatsu di Indonesia. Mesin orisinal ini diangkat kemudian di cangkokan mesin Toyota, 1UZ-FE 4.000 cc copotan milik Lexus LS400 dengan segala ubahan pada duang mesin di body. Pabrik Toyota sendiri membuat mesin ini untuk dipakai di Celsior dan Aristo serta produk kembarannya yaitu Lexus LS400 dan Lexus GS400. Perlu kalian tahu bahwa swap mesin seperti ini tidaklah mudah dilakukan. Karena pemasangan mesin ini harus memperhitungkan titik gravitasi yang berubah karena mesin yang lebih berat, mengubah dudukan dan membuat dudukan baru untuk mesin ini, upgrade kaki-kaki, dan yang tidak boleh terlupa adalah upgrade pada sistem pengereman karena lonjakan power yang besar. Xenia V8 ini memakai transmisi otomatis milik Toyota Supra, dengan cakram depan berukuran 260 mm dan belakang 295 mm, suspensi coilover, serta memakai pelek 17 inci.

Honda Civic dengan turbo terbesar di Indonesia ini  mempunyai tampang kalem, tetapi tenaga yang tersembunyi di balik kap mesin mobil sleeper ini sanggup mengeluarkan hingga 404 dk. Edo sang owner sedan berwarna hitam ini mengidolakan seorang drag racer, yang dulu juga sempat menggeber Civic FD1 bertenaga lebih dari 500 dk. Dulu dia (sang pembalap drag) memakai turbo dari Zage dengan boost 2 bar sehingga menghasilkan tenaga 320 dk, lalu sempat di ganti Garrett GT28 boost dengan 2 bar hingga mendapatkan lonjakan power hingga 510 dk. Nah, pria ini terpacu dan optimis bahwa ia bisa melewati acuan tersebut, Civic ini memakai Precision Turbo 5857 yang saya setara dengan turbo Garrett GT30. Mesin berkode R18 pada Civic ini juga sudah pernah merasakan modifikasi dengan aliran N/A sebelum turbo. Hanya saja sang owner ini tidak puas dengan hasil akhir top speednya, karena menurut sang owner output tenaganya masih sama dengan standarnya. “Sudah gue ganti segala macam sampai pakai camshafts Skunk2, malah enggak naik juga tenaga nya,” tutur Edo. Honda Civic milik Edo ini juga dimodifikasi dengan body kit dari Modulo yang mempunyai shape body standart dan kalem, namun tersimpan monster pada dalam kap mesin. Istilah 'sleeper' memang sangat tepat untuk mendeskripsikan Honda Civic FD1 ini. Dengan tenaga 404 dk, mobil ini sudah sanggup bersanding dengan sejumlah soprts car yang ada di indonesia.

SAMPAIKAN KOMENTAR