Setelah Libur Panjang Ternyata Ada 4 Filter di Mobil yang Wajib di Cek
14
Jun
2021
0 Comment Share Likes 364 View

Umumnya masa liburan digunakan untuk bepergian, entah itu melakukan perjalanan luar kota maupun dalam kota. Namun bagi mereka yang tidak pergi, berdiam diri di rumah juga jadi hal yang mengasyikkan, apalagi mereka yang bosan dengan rutinitas pekerjaan.

Makanya menghabiskan waktu bersantai di rumah menjadi salah satu hal menyenangkan. Mereka yang tak kemana-mana tentu akan jarang menyentuh mobil kesayangan, tapi bukan berarti mobil ini tak butuh diperhatikan. Sebab ada 4 macam filter yang wajib di cek ketika lo lagi liburan, baik itu dengan mobil maupun di rumah aja.

 

Filter yang Wajib Dicek

Filter Bensin

 

sumber

 

Sejatinya bahan bakar yang akan masuk ke dalam mesin disaring dulu lewat filter. Terkadang filter bensin menjadi salah satu filter yang kerap dilupakan oleh para pemilik mobil. Fungsinya cukup vital, menyaring air yang ada di dalam tangki yang bisa menjadi penyebab karat. Usahakan ganti filter bensin setiap 80 ribu km atau 4 tahun sekali. Cara lain bisa juga membersihkan filter ini, tapi akan lebih baik jika diganti baru sebab harganya juga tak terlalu mahal.

 

Filter Kabin

 

 

sumber

 

Filter lain yang tak kalah penting untuk diperiksa dan diganti berkala adalah filter kabin. Fungsinya menyaring udara yang akan dihembuskan AC ke dalam kabin. Umumnya, hampir setiap mobil punya filter kabin, hanya saja lokasinya berbeda-beda. 

 

Jika tidak diganti, kotoran seperti debu, jamur, dan bakteri akan menempel sehingga berpotensi menutup jalur evaporator. Ketika kotoran sudah banyak, hembusan AC terganggu dan menghambat proses pendinginan udara di kabin. Ganti filter kabin setiap 1 tahun sekali agar kualitas AC dalam kabin tetap bersih.

 

Filter Udara

 

sumber

 

Ketiga ada filter udara, fungsinya menyaring debu dan kotoran agar tidak terhisap ke dalam mesin. Secara berkala filter udara wajib dibersihkan dan diganti agar penyaringan maksimal. Umumnya filter ini diganti setiap 10 ribu sampai 15 ribu km sekali.

Untuk mobil yang jarang dipakai, filter udara masih bisa dibersihkan menggunakan udara bertekanan. Namun jika sudah terlalu kotor, usahakan diganti dengan yang baru agar performa mesin tetap terjaga. Filter yang kotor bisa membuat bahan bakar mobil menjadi lebih boros, lho.

 

Filter Oli

 

sumber

 

Yang tak kalah penting adalah filter oli, yang berguna menyaring kotoran di dalam mesin. Tugasnya terbilang paling krusial, sebab langsung berkaitan dengan pelumasan di dalam mesin. Sangat disarankan mengganti filter oli setiap kali lo mengganti oli mesin, toh harga filter juga tidak mahal. 

Jika mengikuti panduan, mengganti oli biasa dilakukan setiap 6 bulan sekali atau 2 kali dalam setahun. Saat mengganti oli usahakan mengganti filternya agar kondisi mesin tetap terjaga. Lebih baik mengeluarkan uang lebih untuk menjaga mesin, dibanding merasa hemat tetapi tidak sayang dengan mesin. 

 

Keempat filter yang ada di mobil ini sebaiknya diperiksa secara berkala dan diganti jika kedapatan sudah kotor. Kebersihan filter yang ada di mobil sangat mempengaruhi keawetan mesin dan performa mesin dalam jangka panjang.

SAMPAIKAN KOMENTAR