Sempat Ditolak, Formula E Tetap Digelar di Monas
14
Feb
2020
0 Comment Share Likes 291 View

Beberapa waktu lalu, ajang balap mobil listrik yaitu Formula E sempat ditolak untuk digelar di Monas. Salah satu alasan yang membuat gelaran tersebut ditolak adalah karena sedang ada proyek revitalisasi dan termasuk kedalam area cagar budaya.

Tapi, baru saja tersiar kabar Formula E di Jakarta akhirnya telah resmi dinyatakan akan tetap digelar di Kawasan Monas, Medan Merdeka. Kepastian ini menyusul dengan telah diberikannya izin penyelenggaraan oleh Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka.

Kawasan Monas dipastikan tetap menjadi lokasi sirkuit Formula E seri Jakarta, setelah pada pekan lalu terganjal masalah izin dan Sekretariat Negara (Setneg). Setelah melalui serangkaian proses, akhirnya izin diberikan untuk Formula E tetap berlangsung di kawasan ikon kota Jakarta tersebut.

“Kami berterima kasih atas keputusan tersebut, dan kami akan melakukan koordinasi secara berkelanjutan dengan semua pemangku kepentingan,” kata Dwi Wahyu Daryoto, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda).

Keputusan ini juga mendapat apresiasi dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang telah mewujudkan dan mengupayakan datangnya balap Formula E ke Jakarta. Anies juga akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk pastikan semua fasilitas selesai sesuai jadwal.

Dalam waktu dekat, publikasi tata letak dan pembangunan sirkuit segera dilakukan di Kawasan Medan Merdeka. Ini menyusul studi lapangan yang telah rampung dilakukan oleh Formula E Operations (FEO), FIA, dan tim perancang sirkuit dari Hermann Tilke yang didampingi tim OC (Organising Committee).

OC memerhatikan dengan seksama poin-poin yang perlu diperhatikan sesuai dengan surat persetujuan dari Komisi Pengarah. Poin terpenting adalah penekanan Kawasan Medan Merdeka sebagai cagar budaya.

“Ada UU No 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya, harus kami perhatikan penuh dalam pembangunan sirkuit dan fasilitas lainnya,” tambah Dwi, yang juga berperan sebagai Chairman OC Jakarta E-Prix.

Seri Jakarta E-Prix ditetapkan akan digelar pada tanggal 6 Juni 2020, menjadi salah satu dari 12 kota di dunia sebagai tuan rumah seri balapan mobil listrik musim 2019/2020 ini. Formula E menjadi salah satu kegiatan dalam Program Langit Biru untuk Jakarta, kampanyekan penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

SAMPAIKAN KOMENTAR