Sejarah Mitsubishi Galant Eterna, Sarat DNA Balap Reli
02
Jun
2021
0 Comment Share Likes 525 View

Di kalangan pecinta retro, nama Mitsubishi Galant Eterna mulai jadi bahan perbincangan lagi nih. Selain punya desain yang 1980’s-1990’s yang kental, mobil ini juga punya performa mesin yang oke punya, lho. Enggak heran belakangan ini banyak yang mencari mobil sedan satu ini. 

Mitsubishi Galant Eterna ini bisa dibilang cukup menjadi salah satu mobil sedan legenda di Tanah Air. Sebab sejak pertama kali dirilis pada 1989, ia kerap membawa angin segar bagi pecinta kecepatan. Di era kemunculannya, Galant Eterna bisa dibilang tak memiliki lawan sepadan, bro.

Mobil yang satu ini dibuat sebagai generasi penerus dari Lancer DanGan. Di Indonesia, Eterna ditawarkan dengan mesin 1.800 cc, DOHC, 16 klep dan sudah memakai injeksi. Sebenarnya Mitsubishi Galant Eterna dengan kode bodi E31 hingga E39 ini merupakan generasi ketujuh di keluarga Galant. 

Performa mesinnya tak perlu diragukan lagi. Galant Eterna sanggup melesat hingga kecepatan 220 km/jam jika dalam kondisi mesin sehat. Hal ini pula yang membuat banyak orang menjadikan mobil ini sebagai mobil balap reli di Indonesia dan dunia. Yang cukup menarik, Galant Eterna bisa dibilang jadi salah satu sedan yang cukup canggih. Sebab ia dibekali dengan fitur ECS dynamics, alias suspensi semi aktif yang dikontrol secara elektronik pertama yang ada di dunia. Bayangin, kurang keren apa coba!

 

Edisi Terbatas

 

sumber

 

Galant generasi keenam ini juga hadir dalam varian edisi terbatas. Kala itu Mitsubishi menjalin kerjasama dengan tuner asal Jerman, AMG. Di Indonesia, model ini masih dimiliki oleh salah satu senior drift bernama Denny Pribadi. Bahkan ia masih menggunakan mobil ini untuk digunakan harian beraktifitas. 

Selain eksterior yang sporty, interior dari mobil ini juga bisa dibilang mewah. Desain dasbornya dibuat bertingkat, dengan instrumen cluster yang memakai model analog. Fitur yang masih jarang di tahun tersebut sebut saja spion elektrik, power window, pengatur jok elektrik sudah disematkan pada Galant Eterna. 

Sehingga tak heran jika di zamannya Eterna ini menjadi salah satu mobil yang mewah. Dalam 2 tahun belakangan, Galant Eterna kembali diincar untuk dijadikan mobil koleksi atau mobil hobi. Apalagi harga bekasnya saat ini bisa dibilang sangat terjangkau, berkisar Rp30 jutaan sampai Rp60 jutaan tergantung kondisi.

SAMPAIKAN KOMENTAR