Sejarah Honda Integra, Mobil Sport Honda yang Terkenal di Balap dan Game
25
May
2021
0 Comment Share Likes 188 View

Bagi pecinta Honda tentu pasti tau dengan Honda Integra. Mobil satu ini emang lebih terkenal di ajang balap dan juga dunia konsol game. Soal sejarahnya, ternyata banyak dari pecinta Honda yang justru malah belum tahu nih soal Honda Integra.

Sejatinya ada 4 generasi Honda Integra yang pernah lahir ke dunia. Keempatnya di Tanah Air merupakan sedan dua pintu yang selalu menggoda para kolektor kelas kakap. Selain populasinya yang sedikit, performa dan handlingnya juga luar biasa mantap. 

Enggak heran kalau Integra pernah dinobatkan sebagai The Best Front Wheel Drive Cars of All Time, khususnya untuk model Type R. Nah, makin penasaran enggak sih lo Pria Intersport? Langsung aja yuk dibahas gimana asal-usul kelahiran Honda Integra ini. 

 

Honda Integra Gen 1

sumber

 

Sebelum membahas generasi pertamanya, lo harus tahu dulu tentang asal muasalnya. Integra sendiri merupakan sedan dua pintu yang awalnya memang dikhususkan untuk pasar Amerika Utara. Produksinya sendiri dimulai sejak 1986 sampai 2006 silam. Kalau di Jepang punya nama Honda Integra. Tetapi di Amerika Serikat, namanya Acura Integra. Acura sendiri perusahaan otomotif Jepang yang memang ditujukan untuk divisi mobil mewah dari Honda. Ibarat Toyota dengan Lexus, nah si Acura ini versi Lexusnya di Honda. Sebelum mengusung merek mobil mewah, awalnya Acura ditujukan pada mobil berdesain sederhana dengan harga yang murah. Tapi kualitasnya juga enggak murahan.

Generasi pertama Honda Integra lahir pertama kali di Jepang pada Februari 1985. Basisnya diambil dari Honda Quint atau Acura Integra dan Rover. Generasi pertama ini diproduksi sejak 1986 sampai 1989. Cirinya adalah menggunakan desain bodi kotak, lampu pop up mirip dengan Prelude. Mobil pintu dua dengan kode bodi DA1 sampai DA4 ditawarkan dengan 2 pilihan mesin. Yakni kapasitas 1.500 cc dan 1.600 cc dengan dua pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. 

Generasi pertama ini juga yang menjadi model pertama Acura Integra yang dikenalkan di Amerika Utara. Mobil tersebut menjadi mobil Jepang pertama yang langsung mendapatkan imej sebagai mobil mewah dengan harga yang cukup terjangkau kala itu. 

Untuk pasar Amerika, Honda juga merilis Integra dengan versi sedan 4 pintu. Sehingga masyarakat AS kala itu bisa memilih mobil yang sesuai dengan selera dan bajet. Sejak kala itu, nama Honda Integra atau Acura Integra di AS dan Jepang kian meroket. 

 

Honda Integra Gen 2

sumber

 

Generasi keduanya diperkenalkan pada tahun 1989, tepatnya di bulan April. Kode bodi pada generasi kedua ini menggunakan DA5, DA9, DB1 dan DB2. Untuk pasar Jepang, Integra generasi kedua ini menjadi mobil pertama yang menggunakan teknologi VTEC. VTEC Kickin yo!

Ada dua tipe yang cukup jadi favorit kala itu. Yang pertama adalah tipe RSi dan XSi. Tipe RSi merupakan tipe terbawah dengan tampilan yang paling standar. Ia tidak dibekali spoiler belakang dan climate control yang ditawarkan sebagai optional. 

Untuk tipe XSi dibekali dengan spoiler belakang, climate control, sunroof dan rem dengan ABS. Versi XSi juga hadir dengan mesin yang lebih kencang dibanding RSi. XSi bisa melesat dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 7,2 detik saja. Lalu ada juga model 4 pintu dengan tipe ESi untuk pasar Jepang.

Honda sendiri kala itu memiliki beberapa kompetitor untuk Integra. Salah satunya ada Toyota Corolla Ceres, Sprinter Marino, Nissan Presea dan Mazda Lantis. Untuk pasar Amerika, Integra dijual dalam tiga tipe, yakni Regular Sport (RS), Luxury Sport (LS) dan Grand Sport (GS). 

Oh iya, jika melihat desainnya, Integra generasi 2 ini mirip Honda Grand Civic tetapi versi 2 pintu. Kap mesinnya terlihat pipih dengan lampu utama yang memanjang. Di sisi samping terdapat lis bodi yang terbuat dari karet berwarna hitam.

 

Honda Integra Gen 3

sumber

 

Di tahun 1993, Honda kembali merilis generasi penerus Integra. Generasi ketiga ini bisa dibilang merupakan generasi dengan masa produksi terpanjang yang ada di sejarah Integra. Sebab produksinya berlangsung sejak 1993 sampai dengan 2001. 

Pada generasi ketiga ini desainnya sudah lebih modern. Bentuknya tak lagi mengotak, melainkan sudah lebih mengedepankan nilai estetika yang lebih berlekuk halus. Kode bodi Integra generasi ketiga ini memakai DB6, DB9 dan DC series. 

Ada 3 varian mesin yang ditanam pada Integra generasi ketiga. Mulai dari 1.600 cc SOHC, 1.800 cc DOHC dan 1.800 DOHC VTEC. Mobil berpenggerak roda depan ini ditawarkan dalam 2 pilihan transmisi. Yakni 5 percepatan manual dengan close ratio dan 4 percepatan otomatis. 

Pada generasi ini juga Honda merilis Integra versi Type R. Honda Integra Type R hanya tersedia untuk pasar Jepang. Di Jepang pun mobil ini juga hanya dijual dalam jaringan Honda Verno. FYI, generasi ketiga Honda Integra dengan kode bodi DB9 menjadi satu-satunya varian yang dibekali penggerak all wheel drive. Dan Integra generasi ketiga ini juga sama sekali tidak dijual untuk pasar Eropa.

 

Honda Integra Gen 4

sumber

 

Pada April 2001, Honda kembali merilis generasi keempat Integra di Jepang. Generasi keempat ini berbagi platform dengan Honda Civic sedan dengan kode bodi ES atau Civic generasi ketujuh. Hanya saja kaki depan dari Integra dengan kode bodi DC ini sudah memakai model MacPherson struts dan trailing arm di belakang. Pada generasi ini, Integra juga dibekali dengan mesin K series yang cukup legendaris menggantikan mesin B series dari generasi ketiga. 

Integra generasi keempat hanya ditawarkan dengan mesin 2.000 cc, 4 silinder dengan kode K20. Tenaganya mencapai 210 hp  yang mana cukup besar di zamannya. Untuk transmisi, Honda menawarkan 5 percepatan manual, 6 percepatan manual close ratio dan 5 percepatan otomatis. Namun sebagai pecinta Honda, transmisi manual pada Integra tetaplah menjadi favorit. Fiturnya pun diperkaya agar konsumen semakin dimanjakan. Sebut saja gardan dengan LSD, lampu HID, kaliper 4 piston Brembo, pelek 17 inci, ban Bridgestone Potenza, jok Recaro serta setir Momo. 

Nama Honda Integra di dunia balap juga cukup disegani. Hal tersebut dapat dilihat pada tahun 1987 dan 1988 Integra mampu memenangkan 2 ajang balap International Motor Sports Association di Amerika Utara. Bahkan di tahun 1992 Integra juga digunakan sebagai safety car pada ajang balap Formula 1 di Canada GP. Hasil positif tersebut tentunya juga berlanjut di konsol video game. Banyak game balap mobil yang menjadikan Honda Integra ini sebagai salah satu mobil yang wajib didapatkan oleh para pemain. 

 

Buat pecinta Initial D juga pasti enggak asing dengan mobil ini. Sebab Honda Integra DC2 Type R hadir di anime yang terkenal dengan mobil Toyota AE86 berkelir putih. Reviewer senior, Richard Hammond pernah mengatakan jika Honda Integra khususnya Type R merupakan mobil untuk purist Honda sejati. Gimana menurut lo, Pria Intersport?

SAMPAIKAN KOMENTAR