Sederet Mobil Drift Yang Nggak Nguras Kantong
12
Dec
2019
0 Comment Share Likes 659 View

Mobil bisa dibilang merupakan mesin yang mengagumkan. Mesinnya yang bertenaga dan kecepatan tingginya bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang, terutama bagi para pecinta kecepatan. Semakin berkembangnya zaman, para pembuat mobil semakin kreatif dengan inovasi-inovasi baru mereka untuk menciptakan mobil keren yang sesuai dengan perkembangan zaman dan keinginan para konsumennya.

Salah satu wujud mobil dengan inovasi baru ini adalah mobil drift. Mobil yang dari pabrikannya sudah bisa digunakan untuk drift biasanya memiliki keseimbangan dan handling yang memungkinkan para pengemudinya untuk menikung tajam dengan mudahnya. Jika dalam film kita melihat para drifter melakukan drifting dengan kecepatan yang luar biasa tinggi, hal ini sangat tidak disarankan untuk ditiru oleh drifter non profesional di dunia nyata. Terlepas dari hal tersebut, drifting masihlah menjadi salah satu kegemaran dari banyak pecinta mobil dan ada banyak pecinta mobil di luar sana yang rela menghabiskan banyak uang demi mendapatkan kualitas mobil drift yang sesuai dengan keinginan mereka. Tetapi ternyata ada beberapa mobil drift yang bisa dibilang terjangkau dan nggak bikin kantong kita kering, Bro. Penasaran? Berikut daftarnya.

  1. Mercedes C230 Kompressor (W202)

Mercedes memang bukan merupakan merek mobil yang sering kita dengar dikaitkan dengan dunia drifting, tetapi mobil parbrikan Mercedes yang satu ini ternyata memiliki kemampuan drifting yang sangat baik. Jika berniat membeli model mobil Mercedes C230 Kompressor (W202) ini, sebaiknya kita memang mencari model yang diproduksi di antara tahun 1993 hingga tahun 2000, karena mobil yang diproduksi pada tahun tersebut memiliki bodi yang lebih kuat. Selain itu, mobil tersebut juga dibekali dengan mesin empat silinder M111 yang bertenaga. Mesin berkapasitas 2,3 liter tersebut diklaim dapat menghasilkan tenaga hingga 190 bhp serta torsi mencapai 280 lb-ft.

Saat memburu mobil yang satu ini untuk keperluang drfiting, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Pastikan bahwa model mobil Mercedes C230 Kompressor (W202) yang akan kita beli memiliki rear wheel drive dan transmisi manual. Karena termasuk mobil yang sudah lama beredar di pasaran, mobil yang satu ini juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, terlebih untuk ukuran sebuah mobil Mercedes, yakni sekitar USD 4.000 atau setara dengan sekitar 56 jutaan rupiah.

 

  1. Mazda RX-7 FD3S

Tidak bisa dipungkiri, Mazda RX-7 merupakan salah satu model mobil yang menjadi favorit para drifter. Salah satu serinya, yakni Mazda RX-7 FD3S adalah model yang memiliki komunitas modifikasinya sendiri di seluruh dunia. Tidak heran, mobil yang satu ini juga menjadi populer di kalangan pecinta mobil drift. Jika kita memilih untuk membeli mobil ini, kita tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk mencari suku cadangnya, karena partnya sangat mudah diperoleh. Untuk model tahun 1992 hingga tahun 2002, mobil ini memiliki rear wheel drive, serta dibekali dengan mesin berkapasitas 1,3 liter yang menghasilkan tenaga sebesar 276 bhp.

Model-model yang lebih baru dari mobil ini telah terbukti menjadi mobil yang sangat baik untuk drifting, terlebih karena Mazda telah menyempurnakan mekanisme dan juga desain dari mobil tersebut. Mesin 13B-REW yang dibenamkan di dalam mobil ini juga mampu menyediakan tenaga yang cukup, dan menjadikan mobil ini mudah dikendalikan oleh para drifter, tetapi masih memacu adrenalin. Karena kepopulerannya, model yang agak lama dari mobil ini dibanderol dengan harga USD 27.000 atau setara dengan sekitar 379 jutaan rupiah.

 

  1. Toyota Corolla AE86

Satu lagi model mobil yang menjadi favorit di kalangan para drifter. Apalagi kalau bukan Toyota Corolla. Toyota Corolla memang merupakan mobil yang sangat populer di kalangan para drifter di seluruh dunia. Mobil ini diciptakan ketika aspek keselamatan pada sebuah mobil belum menjadi hal yang wajib, dan Toyota berhasil mengambil keuntungan dengan menciptakan mobil yang ringan dan bertenaga ini. Mobil ini memiliki berat kurang dari satu ton dan mesinnya sendiri bisa menghasilkan tenaga sebesar 128 bhp. Mesinnya sendiri memiliki kapasitas 1,6 liter, dan mobil ini juga memiliki rear wheel drive.

Jika Mas Bro berminat untuk membeli mobil ini, sebaiknya Mas Bro mencari model mobil yang diproduksi di antara tahun 1984 hingga tahun 1992, karena harganya cenderung lebih terjangkau, yakni USD 2.000 atau setara dengan sekitar 28 jutaan rupiah. Tapi karena modelnya sudah sangat lama, kita pasti harus melakukan beberapa perbaikan dan upgrade pada mobil tersebut.

 

  1. Nissan 180sx

Model mobil Nissan 180sx yang diproduksi di antara tahun 1989 hingga tahun 1998 memang banyak diminati, mengingat model yang diproduksi pada tahun tersebut memiliki mesin CA18DET yang dilengkapi dengan turbocharger. Mesin tersebut memiliki kapasitas 2 liter dan diklaim dapat menghasilkan tenaga sebesar 202 bhp. Mobil ini memiliki bobot total yang ringan dan sangat seimbang. Slip differential yang dimilikinya juga dijamin membuat drifter manapun kepengin.

Mobil ini memiliki handling yang baik dan mudah, terlebih bagi para drifter pemula. Bahkan hingga saat ini, mobil pabrikan Nissan ini masih menjadi mobil yang sangat populer, sehingga tidak heran jika ada banyak tempat yang menyediakan suku cadangnya. Tergantung dimana kita membeli mobil ini, harganya akan bervariasi. Mobil ini dibanderol dengan kisaran harga USD 10.000 atau setara dengan sekitar 140 jutaan rupiah.

 

  1. Nissan 240sx S14

Satu lagi mobil dari Nissan yang digemari oleh para drifter, yakni Nissan 240sx S14. Model mobil Nissan 240sx S14 ini memang diketahui memiliki reputasi yang baik di kalangan drifter pemula maupun drifter profesional. Model yang paling populer di kalangan para drifter sendiri adalah model mobil yang diproduksi di antara tahun 1994 hingga tahun 1998, dan bahkan masih digunakan dalam segala jenis ajang drifting di seluruh dunia. Model standarnya hadir dengan mesin berkapasitas 2,4 liter dan diklaim dapat menghasilkan tenaga sebesar 155 bhp. Tetapi alasan utama yang menjadikan mobil ini sangat populer dan digemari oleh para drifter adalah karena mobil ini mudah untuk dimodifikasi dan diupgrade.

Jika sudah terbiasa dengan mesin standarnya, kita bisa menambahkan tenaga pada mobil ini jika memang merasa perlu, karena perlu diingat bahwa penambahan tenaga tentu akan membuat kita perlu untuk menyesuaikan kontrol pada mobil ini. Mobil ini juga cukup terjangkau, karena dibanderol dengan harga sekitar USD 4.000 atau setara dengan sekitar 56 jutaan rupiah.

SAMPAIKAN KOMENTAR