RUF, Jago Modifikasi dan “Menyuntik Ideologi” Mobil Porsche
10
Jan
2020
0 Comment Share Likes 439 View

Ada yang pernah mendengar bengkel modifikasi Ruf? Kalau yang belum pernah dengar, pasti agak aneh ya di telinga? Tapi memang begitu namanya. Perusahaan modifikasi ini termasuk yang tua usianya di Eropa. Bahkan di tahun-tahun berikut pada masa awal pendiriannya muncul mobil dengan merek Ruf juga. Menarik kan? Yuk kita simak fakta menarik di balik Ruf ini.

Sejarah Ruf, Bermula Jadi Bengkel Servis Porsche

Ruf didirikan pada tahun 1939 di Pfaffenhausen, Jerman dengan nama "Auto Ruf" oleh Alois Ruf Sr. sebagai bengkel servis biasa. Berkat kegigihannya, bisnisnya meluas ke pengisian bahan bakar pada tahun 1949.

Terkait mendesain kendaraan sendiri, Ruf mulai bereksperimen di akhir 1940-an, dan pada tahun 1955 merancang dan membangun bus wisata, yang dipasarkannya di sekitar Jerman. Tanggapan positif yang diterimanya membuat Ruf mengembangkan bisnisnya lagi dengan memulai perusahaan bus miliknya sendiri.

Keterlibatan Alois Sr. dalam industri mobil memiliki efek berbeda pada putranya, Alois Ruf Jr, yang menjadi penggila mobil sport. Pada tahun 1960, Alois Jr. mulai memperbaiki mobil Porsche dari garasi ayahnya.

Pada 1974 Alois Sr. meninggal dunia saat Alois Jr. berusia 24 tahun. Pada usia yang terhitung masih muda, ia mengambil alih bisnis dan berfokus pada hasratnya: kendaraan Porsche, khususnya 911. Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 1975, Porsche pertama hasil modifikasi Ruf pun hadir.

Ruf sendiri mulai memproduksi mobilnya secara total pada tahun 1977. Mobil tersebut merupakan hasil tuning Porsche 930 dengan mesin berkapasitas 3,3 liter. Pada tahun 1978 Ruf memodifikasi Porsche non-turbo lengkap pertama, 911 SCR. Mobil 911 ini menggunakan mesin naturally aspirated berkapasitas 3,2 liter. Mesin ini disebut mampu menghasilkan 217 hp. Model ini mengundang banyak pelanggan yang memesannya.

Bertahun-tahun sejak itu, Ruf memperlihatkan potensi besar di dunia otomotif dengan membangun model produksi berbasis Porsche yang sangat kuat dan eksklusif, Ruf CTR 1987. Mobil ini mampu mencapai kecepatan tertinggi 339 km / jam pada bulan April 1987 dan diganjar rekor sebagai mobil produksi tercepat di dunia pada masanya. Bahkan pada pengetesan lagi tahun 1988 mobil ini mampu mencapai 342 km / jam. Penggantinya, Ruf CTR2 1995, telah mencatat kecepatan tertinggi 350 km / jam. Capaiannya itu menjadikannya sebagai mobil produksi road legal tercepat di dunia pada pertengahan 90-an untuk sejenak sebelum dipatahkan McLaren F1 yang memecahkan rekor pada 1998 dengan kecepatan 241 mph. Ini membuat CTR2 otomatis menjadi mobil produksi tercepat kedua saat itu. Tapi perlu dicatat, biaya produksi CTR2 hanya sebagian kecil dari harga McLaren F1.

Pada bulan April 2007, Ruf merilis CTR3 baru untuk merayakan pabrik barunya di Bahrain sekaligus dalam rangka perayaan ulang tahun ke-20 CTR dan CTR2. Pada Geneva Motor Show 2010 , Ruf juga memamerkan RGT-8 , produksi 911 bertenaga V8 pertama dalam sejarah.

Deretan Mobil Karya Ruf Lainnya

Ruf Dakara

Dengan lahirnya Porsche Cayenne sebagai SUV pertama Porsche, Ruf pun ikut turun memodifikasi mobil tersebut dengan nama Dakara. Ruf memodifikasi sedikit bodykit yang lebih aerodinamis, serta lampu depan mengusung lampu Porshe 911 seri 997. Banyak pihak menilai tampilannya justru jadi lebih aneh, sih.

Ruf Dakara dibekali mesin berkapasitas 4.500 cc Twin Turbo V8 dengan hasilan daya sebesar 591 Hp dan torsi sebesar 750 Nm! Wow!

Ruf CTR3 Clubsport

Mobil CTR terbaru yang dirakit Ruf diberi nama CTR3 Clubsport. Mobil ini adalah versi update dari CTR3 varian biasa dari basis Prosche Cayman. Alois Ruf Jr. mengatakan bahwa mobil ini didesain supaya mirip lekukan tubuh wanita. Hasilnya, mobil ini benar-benar sensual. Mobil cantik ini dibekali mesin 3.700 cc Twin Turbo Flat Six bertenaga 766 Hp dan torsi sebesar 980 Nm.

Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa Ruf sangat menggilai produk Porsche. Namun dari setiap Porsche yang digubahnya, Ruf berusaha memasukkan ideologi tersendiri. Kalau diperhatikan, karakter kuatnya ada pada mesin Twin Turbo yang sangat special.

eRuf Model A

eRuf Model A adalah mobil sport full listrik yang dibuat oleh Ruf Automobile. Mobil ini ditenagai oleh sistem propulsi UQM Technologies (UQM PowerPhase 150). Mobil ini memiliki kecepatan tertinggi 225 km / jam dan mampu menghasilkan tenaga hingga 201 hp dan torsi puncak 649 Nm.

Layaknya sebuah mobil listrik, eRuf Model A diperkirakan mampu berjalan hingga sejauh 250-320 km (155–199 mil) dalam sekali pengisian ulang daya. Namun torehan tersebut tergantung pada tingkat performanya. Mobil ini mendapat sumber tenaga dari baterai lithium-ion yang dibuat oleh Axeon asal Britania Raya. Tenaga dan torsi diproduksi oleh motor 3-fase yang juga dapat digunakan untuk memulihkan daya baterai hampir sebanyak tenaga yang dikeluarkan. Selama meluncur mesin bekerja sebagai generator yang menghasilkan listrik untuk mengisi baterai. Ruf mengumumkan bahwa mereka berharap untuk memulai produksi eRuf pada musim gugur 2009. Sayangnya, itu tidak terjadi, dan baru di Geneva Motor Show 2009, Ruf mengumumkan model baru, eRUF Greenster yang diproduksi terbatas. Akhirnya model ini mulai didistribusikan ke tangan konsumen pada akhir 2010.

 

Sumber: Wikipedia

Sumber foto:

SAMPAIKAN KOMENTAR