Replika Ford GT40 Dari Film Ford V Ferarri Bakal Dilelang
20
Nov
2019
0 Comment Share Likes 326 View

Belum lama dirilis di bioskop, tepatnya 15 November lalu, Ford v Ferrari mendapat tanggapan yang cukup baik dari para penikmat film. Film drama yang menceritakan sejarah persaingan mobil Ford dan Ferrari ini mendapat rating 92% dari situs rating film Rotten Tomatoes dan 8,3 dari situs IMDB. Bersama dengan Christian Bale dan Matt Damon salah satu bintang lain yang muncul di film ini adalah Ford GT40 MK2. Dalam sejarahnya, Ford GT40 ini dibangun oleh Caroll Shellby dan dikendarai oleh Ken Miles pada ajang balap 24 Hours of Le Mans 1966 dalam upaya menyaingi Ferrari.

Dalam pembuatan filmnya, terdapat dua mobil replika dan kini salah satunya dikabarkan akan segera masuk lelang. Mobil replika yang dibuat khusus untuk film Ford v Ferrari ini akan masuk acara lelang Mecum Auctions di Kissimmee pada Januari tahun depan. Dalam proses shoot nya, mobil ini telah dikendarai oleh Christan Bale dan beberapa stunt drivers lainnya.

Sedikit trivia nih bro, untuk menghayati perannya, Christian Bale yang memainkan peran sebagai Ken Miles sempat masuk sekolah balap supaya bisa mereplika gaya balapan sang pembalap legendaris Inggris yang ia perankan.

Unit replika Ford GT40 yang bakal masuk lelang ini berwarna biru dan memakai livery Gulf. Dibuat oleh Rich MacDonald Superformance Facility di California, mobil ini bukan mobil replika biasa yang hanya fokus ke aspek penampilannya saja.  Uniknya, pihak Rich MacDonald justru sudah selesai  membuat replika ini sebelum pihak film Ford v Ferrari menghubungi mereka untuk menyediakan mobil tersebut.

Dibalik tampilan legendarisnya, replika ini ternyata memiliki mesin garang bertenaga 600HP. Bukan menggunakan mesin originalnya, namun Ford GT40 ini ditenagai mesin custom V8 511 cubic buatan Roush Performance yang juga dilengkapi dengan fuel injection. Di bagian belakang juga dapat ditemukan sistem exhaust yang mereka namakan “bundle of snakes”, yang mungkin dikarenakan bentuk susunannya yang menyerupai beberapa ular yang saling melilit satu sama lain. Untuk perihal transmisi mobi ini menggunakan transmisi manual 5 percepatan transaxle. Kemudian di bagian kakinya terdapat suspensi dari Bilstein yang telah dilengkapi per dari H&R, anti-roll bar, rem dengan kaliper dari Wilwood dan pelek  Shelby American Halibrand.

Untuk bagian interiornya tentu juga digarap maksimal agar terlihat epik di kamera. Contohnya seperti jok mobil replika asli yang dilapisi alcantara berwarna hitam, instrumen-instrumen dari Smith dan roda kemudi dari  Motolita.

Perihal bodi mobil, replika ini memakai bodi unibody yang dibuat dari baja yang telah melalui proses galvanis elektro, dan untuk bagian atap dibuat dari baja press yang telah dibentuk sedemikian rupa.

Terakhir, replika Ford GT40 MK2 ini telah dibubuhi tanda tangan dari kru Ken Miles pada balapan 1966 silam, dan juga tanda tangan anak laki-laki Ken Miles. Diperkirakan nantinya replika ini akan bernilai 275k-325k USD .

SAMPAIKAN KOMENTAR