Rem Tromol VS Rem Cakram Piih Mana?
04
Apr
2020
0 Comment Share Likes 1161 View

Rem adalah komponen pada sebuah kendaraan yang sagat vital, karena rem sendiri merupakan salah satu piranti pada kendaraan yang dimana berfungsi untuk memberhentikan atau menggurangi kecepatan laju sebuah kendaraan. Rem itu sendiri ada berbagai jenis, yang paling umum, paling sering di gunakan di kendaraan non niaga adalah rem tromol dan rem cakram. 2 jenis ren tersebut mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan di masing masing jenisnya, lalu apa saja kelebihan dan kekurangan 2 jenis rem tersebut? Mari kita simak penjelasan di bawah.

Rem Tromol
Rem tromol adalah salah satu jenis komponen rem yang menggunakan tromol rem (brake drum), sepatu rem (brake shoe), dan silider roda (wheel cylinder) sebagai alat untuk mengurangi laju kendaraan. Biasanya jenis rem tromol yang digunakan pada roda depan dan belakang kendaraan tidak sama, hal ini karena daya yang di terima oleh roda depan dan belakang itu berbeda. Nah bagian–bagian utama dari rem tromol terdiri dari : Silinder Roda (Wheel cylinder), Sepatu Rem (Brake shoe), Pegas per pengembali (Return Spring), Backing Plate.

Cara Kerja Rem Tromol

Setelah kalian mengetahui komponen-komponen yang terdapat pada rem tromol. Selanjutnya, yang perlu kalian tahu adalah cara kerja rem tromol itu sendiri, yang dimana cara kerjanya adalah

  1. Proses Pengereman

Pada saat tuas rem ditarik atau pedal rem diinjak, maka akan terjadi pergerakan pada sistem komponen rem tromol, yang membuat terjadinya gesekan antara tromol dengan kanvas rem. Lalu piston akan menekan kanvas rem dan menyebabkan terjadinya gaya gesekan yang kuat sehingga mampu menghentikan putaran tromol. Pada saat kalian melakukan pengereman per pengembali atau Return Spring juga akan meregang dengan maksimal.

  1. Setelah Proses Pengereman

Saat tuas atau pedal rem kalian lepaskan dan kembali pada posisi semula, maka per pengembali akan mengembalikan posisi kanvas rem ke posisi semula sehingga gesekan pun tidak terjadi antara kanvas dan tromol rem, dan kendaraan kalian akan melaju normal kembali.

Penggunaan serta penerapan rem tromol pada kendaraan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari rem tromol adalah rem ini akan tetap dapat bekerja maksimal saat kendaraan kalian menopang beban angkut yang berat, ini sebabnya rem tromol tetap menjadi pilihan untuk kendaraan niaga kelas kecil dan menengah. Sebagai contoh di gunakan pada mobil angkutan, mobil pickup, mini bus dan lain sebagainya.
Sedangkan kekurangan pada rem tromol kendaraan adalah, rem tromol ini menggunakan sistem pengereman yang tertutup. Hal ini tentunya akan membuat tumpukan partikel sisa dari gesekan serta kotoran dalam ruang tromol tersebut, yang mengakibatkan ketika kalian akan membersihkan komponenya atau akan mengganti kanvasnya kalian harus membongkar rumah dari rem tromol tersebut.

Rem Cakram
Berbeda dengan rem tromol, rem cakram memiliki mekanisme yang lebih modern dan daya cengkram yang lebih maksimal di bandingkan dengan rem tromol. Proses pengereman pada rem cakram terjadi saat cakram (disk brake) dijepit oleh kaliper (caliper) dimana di dalamnya terdapat kanvas rem yang di gerakkan pleh piston. Komponen pada rem cakram pun tergolong banyak, ada Disc brake caliper, Disc brake pad atau kampas rem, Disc brake rotor atau piringan rem, Piston, Fluid atau minyak rem, dan selang rem.

Cara kerja
1. Proses pengereman
Saat pedal rem diinjak tekanan cairan atau Fluid rem akan mendorong torak ke balok rem dan kanvas rem akan menjepit piringan cakram yang dimana piringan cakram menyatu dengan as roda dan mengikuti putaran roda kendaraan.

2.Pedal rem dilepas
Saat pedal rem kalian lepas maka kedua torak dikembalikan pada posisi semula oleh sil yang terdapat pada balok rem secara otomatis

rem cakram pun juga memiliki kelebihan dan kekurangan lho. Kelebihan dari rem cakram sendiri  adalah proses pengereman yang terjadi lebih maksimal serta sirkulasi panas yang merata akibat banyak rongga/lubang pada porongan cakram yang membuat rem cakram memiliki sirkulasi udara dan terhindar dari overheat. Sedangkan kekurangan rem cakram adalah pada sifatnya yang terbuka maka debu dan partikel kotoran kecil akan lebih mudah masuk dan pastinya memerlukan perawatan rutin agar tidak terjadi trouble pada cakram kendaraan kalian.

Itulah beberapa penjelasan megenai rem cakram dengan rem tromol, sebenarnya keduanya tidak berbeda secara fungsi, namun jekas rem cakram akan lebih unggul di bandingkan dengan rem tromol karena rem cakram lebih efisien, mempunyai sirkulasi udara yang bagus, dan masih banyak faktor yang aka membuat rem cakram lebih unggul. Oleh karena itu sebagian besar dari mobil mobil masssal kini sudah mengadopsi sistem pengereman cakram walaupun hanya pada roda depan atau roda belakang.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR