Punya BMW E36? Berikut Modifikasi Yang Cocok Untuk Mobilmu
05
Jan
2020
0 Comment Share Likes 1850 View

Jika Kalian memiliki BMW E36, kemungkinan besar kalian akan mendapat yang sudah di modifikasi oleh owner sebelumnya atau kalian ingin mulai memodifikasinya. E36, adalah mobil keliuaran BMW di keluarga seri 3 yang diproduksi dari tahun 1991 hingga 1999, adalah penerus dari seri sebelumnya yaitu E30 yang sangat popular di seuruh antero dunia. E36 dilahirkan dalam beberapa varian yaitu Sedan (yang paling banyak di indonesia), Coupe, Wagon, Cabriolet, dan Hatchback selain itu E36 juga di bekali beberapa mesin sesuai dengan tahun pembuatan dan serinya, ada mesin M4xx series untuk tahun awal, lalu M5xx Series untuk kelas menengah, lalu S5xx Series untuk kelas mesin yang sangat kencang. Belum lagi desain body yang boxy dan timeless, membuat mobil ini semakin berkarater. Kami membuat beberapa daftar modifikasi E36 yang di jamin tidak memalukan ketika di ajak jalan.

  1. OEM

Modifikasi yang pertama untuk E36 kalian adalah OEM yaitu aliran modifikasi yang mengunggulkan tampilan seoriginal mungkin dan khusus menggunakan parts OEM (Original Equipment Manufacturer) sebagai perlengkapan modifikasi sehingga kalian tetap bisa memodifikasi mobil namun tetap mengutamakan keaman dan kenyaman karena menggunakan parts sesuai dengan anjuran pabrik. Penganut aliran OEM look wajib menggunakan aksesori atau parts original yang dikeluarkan oleh pabrikan kendaraan. Sekecil apapun partnya harus dan wajib original, karena parts original tentu sudah memiliki standar tersendiri yang pasti cocok digunakan pada mobil yang sesuai. Penganut OEM look yang ekstrim bahkan bisa memodifikasi mobilnya semirip mungkin dengan brosur mobil itu hingga penampilannya akan terlihat sangat original dan seperti baru keluar dari pabrik meskipun mobil yang dimodifikasi mungkin sudah sangat tua atau ownwernya membeli mobil bahan. OEM look biasanya juga memodifikasi mobilnya sesuai dengan brosur di negara lain, karena mobil mobil di luar pasti berbeda aksesorisnya dibanding brosur yang ada di indonesia. Jadi kalian juga bisa memodifikasi mobil kalian agar semirip mungkin dengan brosur.

 

  1. Meaty Fitment

Di urutan kedua ada Meaty Fitmen, adalah Aliran modifikasi yang memadukan style stance dan street racing yang mengutamakan keserasian antara tampilan dan fungsi kendaraan. Aliran modifikasi yang mengutamakan bagaimana mobil tampil secara all out dari luar semakin beragam, dengan adanya Meaty Fitment tentunya akan membuat para modifikator senang karena dapat memenuhi kebanyakan request dari pelanggan yaitu menginginkan mobil yang terlihat all out dalam modifikasi tetapi tetap bisa di gunakan untuk harian. Tengok saja bebrapa tahun belakangan dimana aliran stance sangat mendominasi, tetapi kurang fungsional untuk mobil harian. Untuk dikatakan sebagai mobil yang beraliran Meaty Fitmen memang agak susah karena tidak ada patokan, yang jelas biasanya mobil sudah di berikan bodykit sehingga mobil tampak “montok” lalu di aplikasikan ban tebal baraura balap yang bisa berupa ban slick atau race, tidak lupa penggunaan pelek yang tidak terlalu besar sehingga bagian kaki kaki terlihat kekar. Ban balap yang secara tampilan memang tebal dan terkesan agak kotak, menjadikan mobil jika dilihat dari bagian belakang akan terlihat kokoh dan nempel. Perpaduan pada permainan suspensi di keempat kaki-kakinya juga sangat berpengaruh, bisa diupayakan agar tidak standar biasanya menggunakan coilover, per aftermarket yang ukuranya lebih pendek, bahkan airsus. seni dari aliran Meaty Fitmen adalah Mencocokkan velg yang telah dibalut ban slick tebal ke ruang fender mobil yang sudah di berikan bodykit sehingga terlihat lebih rapat lagi.

 

  1. Drift

Jika kalian punggawa E36 yang hoby dengan olahraga extrem drift maka modifikasi ini sangat cocok untuk kalian, E36 memang sudah sangat popular di ranah drifting karena spesifikasi dari mobil ini sendiri sudah mencakup berbagai aspek untuk memenuhi mobil standart drifting, mulai dari penggerak roda belakang (RWD), mesin dengan torsi melimpah (untuk versi 6 silinder), kaki kaki yang di upgrade maka sudah bisa di ajak ngesot. Bagi kalian yang punya 323i maka mobil kalian sudah sangat cocok jika ingin menjajal drifting, dengan mesin M52B25 manual transmision, yang mengeluarkan output tenaga sebesar 170 ps atau sekitar 168,5 hp pada putaran mesin 5.500 rpm, serta torsi 245 nm pada kitiran mesin 3.950 rpm, dan bobot 1350kg kalian Cuma tinggal modal las gardan dan keberanian untuk melakukan manuver. Jika sudah melalui bagian mesin dan kaki kaki maka hal lain yang perlu kalian upgrade adalah pengereman, pemilihan ban, dan pernik pernik lain seperti jok balap, rollbar/rollcage dan tambahan bodykit serta livery agar mobil kalian terlihat lebih catchy.

Itulah beberapa modifikasi yang akan membuat tampilan BMW E36 kalian lebih fresh dan keren tentunya. Jadi mau pilih yang mana nih?

 

SAMPAIKAN KOMENTAR