Pernah Dengar Mobil Honda Bertema Musik? Pecinta Honda Wajib Simak
02
May
2021
0 Comment Share Likes 265 View

Nama besar Honda di dunia otomotif roda empat rasanya tak perlu diragukan lagi. Berbagai model sudah dikeluarkan dan bahkan beberapa diantaranya ada yang menjadi legenda. Tetapi pernah enggak sih kalian mendengar atau tahu nama mobil Honda yang diambil dari tema musik?

Mungkin belum banyak orang yang tahu soal ini. Nyatanya, ada beberapa model yang memang namanya diambil bertema musik. Padahal, modelnya enggak terlalu ditujukan bagi musisi. Penasaran seperti apa modelnya? 

 

Honda Prelude

 

sumber

 

Bagi generasi baby boomer tentu asing mendengar nama Honda Prelude. Tapi buat warga 1980-an sampai 1990-an, nama Prelude jelas enggak asing. Sebab, Honda Prelude pernah dijual secara resmi di Indonesia. 

Prelude sendiri merupakan mobil sport pintu dua yang populasinya di Indonesia juga enggak banyak. Nama Prelude sebenarnya berawal digunakan oleh Toyota. Tetapi secara ramah Toyota memberikan nama tersebut kepada Honda untuk digunakan.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) Prelude juga punya arti, bro. Artinya adalah lagu pendek yang diciptakan untuk mengawali musik yang sesungguhnya. Jadi Prelude secara singkat berarti lagu pembuka musik. Gimana, baru tau ya?

Prelude sendiri diproduksi sejak tahun 1978 sampai 2001. Di Dunia, keberadaan mobil ini terbilang cukup banyak, khususnya di Inggris dan Amerika Serikat. Prelude terlahir hingga 5 generasi, dengan generasi ketiga sebagai salah satu generasi yang ikonik yang memakai lampu model pop up. 

Salah satu kelebihan dari Prelude adalah penggunaan teknologi injeksi dan penggunaan rem ABS di tahun 1982. Dimensi dari mobil ini juga terbilang kompak, dengan panjang 4 meter, lebar 1,6 meter dan tinggi 1,2 meter. 

 

Honda Ballade

 

sumber

 

Berikutnya ada Honda Ballade. Honda Ballade sendiri tidak pernah masuk secara resmi ke Indonesia. Sehingga unitnya bisa dibilang tidak pernah ditemui di tanah air. Honda Ballade merupakan sedan empat pintu yang mengisi segmen sedan mewah.

Nama Ballade sendiri diambil dari bahasa Perancis Ballad. Menurut KBBI, Ballade sendiri memiliki makna yang cukup unik, bro. Secara harfiah, ballade punya makna sebagai syair tiga bait. Honda Ballade sendiri diproduksi sejak 1983 sampai 2011 dengan hanya 2 generasi saja.

Pasar utama Ballade berada di dua negara saja, Jepang dan Inggris. Jadi, jika kalian menemukan Honda Ballade di Indonesia, bisa dipastikan itu adalah barang super langka! Salah satu fitur unggulan yang ada pada Ballade salah satunya adalah power window, spion dengan heater, rem cakram berventilasi dan power steering. 

Untuk pasar Afrika, Honda Ballade di tahun 1984 sampai 1987 hadir dengan lampu pop up. Uniknya, saat lampunya dinyalakan terlihat memiliki sedikit kelopak mata bermotor di bagian atasnya. Ballade punya dimensi dengan panjang 4 meter, lebar 1,6 meter dan tinggi 1,3 meter. 

 

Honda Quintet

 

sumber

 

Duh, nama aneh apalagi ini! Iya, tetapi ternyata emang ada kok Honda Quintet. Honda Quintet merupakan mobil berdesain liftback. Jika bingung, Quintet ini merupakan versi liftback dari Honda Civic hatchback.

Quintet juga memiliki posisi yang lebih mewah ketimbang Civic. Quintet sendiri merupakan mobil yang dijual untuk pasar Asia Tenggara dan Eropa di tahun 1981. Di Australia mobil ini punya nama sebagai Rover Quintet. 

Quintet sendiri juga punya arti yang erat dengan musik. Jika diartikan, Quintet adalah lima orang yang menyanyikan sebuah lagu dengan lima suara yang berbeda. Wah, aneh-aneh aja ya Honda zaman dulu kalau ngasih nama mobil, hehehe.

Tapi lo harus tahu juga, jika Honda Quint ini digantikan oleh Honda Quint Integra atau yang biasa kita dengan sebagai Honda Integra. Honda Quint ini punya kelebihan sudah menggunakan transmisi Hondamatic semi otomatis 3 percepatan. Selain itu suspensinya juga sudah memakai MacPherson Struts dan anti roll di bagian depan dan belakang. 

Lalu ada juga sunroof, power window, central lock dan pengaturan AC yang di tahun 1980-an masih dianggap hal yang baru dan mewah. Mobil ini punya panjang 4,1 meter dengan lebar 1,6 meter dan tinggi 1,3 meter. 

 

Honda Accord

 

sumber

 

Mobil yang satu ini jelas enggak bakalan asing di telinga. Sebab Honda Accord sampai detik ini masih dijual secara resmi di Indonesia. Di Indonesia, Honda Accord merupakan sedan mewah yang ada di line up Honda. 

Tapi tahu enggak sih arti dari nama Accord ini sebenarnya juga mengandung makna musik? Usut punya usut, nama Accord diambil dari kata Accord atau Akord dalam bahasa Indonesia. Akord sendiri berarti kombinasi dari tiga nada atau lebih yang bersuara sama dalam satu oktaf.

Honda Accord juga menjadi mobil Honda terlaris yang dijual secara global. Tak heran jika penjualannya masih berlangsung sampai sekarang dengan jumlah 10 generasi yang ada. Accord pertama kali diluncurkan memang diplot sebagai mobil kompak dengan kaya fitur.

Dimensi Accord generasi pertama mempunyai panjang 4,1 meter dengan lebar 1,6 meter dan tinggi sekitar 1,3 meter. Beberapa kelebihan yang ada di Honda Accord adalah sudah memakai AC, power steering, jam digital, radio dan konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Pada generasi terbarunya, Accord dibekali dengan teknologi Honda Sensing yang cukup canggih. 

 

Honda Concerto

 

sumber

 

Nama mobil Honda bertema musik lainnya adalah Honda Concerto. Honda Concerto sebenarnya merupakan generasi penerus dari Honda Ballade. Concerto punya desain bergaya liftback, meneruskan Ballade yang berdesain serupa. 

Pasar Honda Concerto sama dengan Honda Ballade, hanya ada di Jepang dan Inggris. Modelnya diproduksi sejak 1988 sampai 1994 saja. Mobil berpenggerak roda depan ini juga masih satu keluarga dengan Honda Civic seperti Ballade. 

Seperti yang udah bisa ditebak, Concerto punya makna yang erat kaitannya sama musik. Concerto punya arti komposisi musik yang dimainkan oleh biola, piano dan alat musik lain bersama orkestra. Ibarat sebuah konser, pergelaran musik inilah yang menggambarkan Concerto. 

For your information, Honda Concerto merupakan hasil kerjasama antara Honda dengan Austin Rover Group. Austin Rover Group sendiri merupakan nama perusahaan yang kini dikenal dengan nama MINI. Sebab, produksi Concerto sendiri dihentikan pada tahun 1994. 

Alasannya adalah Austin Rover Group saat itu diakuisisi oleh BMW dan namanya berubah menjadi MINI. Honda Concerto sendiri memiliki dimensi panjang 4,4 meter, lebar 1,6 meter dan tinggi 1,4 meter. 

 

Honda Jazz

 

sumber

 

Mobil terakhir yang punya kaitan dengan musik adalah Honda Jazz. Menariknya, nama Honda Jazz cuma dipakai di Indonesia aja nih, Bro. Di negara lain namanya memakai Honda Fit. Entah apa yang membuat Honda memakai nama Jazz di Indonesia.  

Sayangnya, di Indonesia Honda Jazz harus resmi melambaikan tangan sebagai tanda perpisahan. Sebab, Jazz sudah berhenti diproduksi dan dijual. Kisahnya digantikan oleh Honda City Hatchback yang baru saja meluncur pada beberapa waktu lalu. 

Secara harfiah, Jazz menandakan genre musik. Namun, arti lain menerangkan jika Jazz punya makna sebagai orang yang tak henti-hentinya berupaya meraih apa yang diinginkan dalam hidup.

Honda Jazz atau Honda Fit ini bisa dibilang menjadi mobil tersukses yang pernah dibuat oleh Honda. Sebab, penjualan Honda Jazz ini di seluruh dunia sudah mencapai lebih dari 2 juta unit. Ini artinya, Honda Jazz sangat diterima dengan baik oleh berbagai masyarakat di Dunia. Salah satu kelebihan dari mobil adalah penggunaan mesin injeksi, konfigurasi 8 valve dengan 2 busi per silinder, teknologi VTEC, dan transmisi dengan CVT.

Uniknya lagi, transmisi CVT hanya tersedia di pasar Asia Tenggara saja. Di Amerika Serikat, mobil ini tidak tersedia dengan transmisi CVT, hanya memakai otomatis model konvensional. Fitur lain yang terdapat di mobil ini seperti 2 buah airbag, rem ABS-SRS, EBD, brake assist, dan pengaturan jok dengan nama ultra seat. 

Dimensi Honda Jazz sendiri memiliki panjang 3,9 meter dengan lebar 1,6 meter dan tinggi 1,5 meter. Secara dimensi, banyak yang menyukai Jazz karena punya dimensi yang kompak dan sangat cocok untuk digunakan sebagai mobil harian. 

 

Nah, itu tadi merupakan beberapa nama mobil Honda yang punya kaitan dengan musik. Dari semua yang sudah disebutkan, mana nih yang menurut kalian artinya paling keren, Bro!

SAMPAIKAN KOMENTAR