Perjalanan Honda Civic Type R, Tidak Luput dari Campur Tangan Hideki Kakinuma
08
Jul
2021
0 Comment Share Likes 289 View

Di tahun 2017, Honda Civic Type R yang selama ini jadi idaman kaum jiwa muda dengan selera sporty sudah resmi masuk di Indonesia. Sekali melirik, siapa yang tidak kepincut, Bro. Dengan desain bodinya yang sungguh atletis dengan kesan kuat, kencang, dan tentunya aerodinamis.

Berbicara tentang Honda Civic Type R pastinya tidak boleh ketinggalan satu sosok di baliknya. Siapa lagi kalau bukan Hideki Kakinuma, Chief Engineer and Assistant Large Project Leader of Civic Type R, Honda R&D Co. Ltd. Kakinuma sudah bekerja untuk Honda sejak awal tahun 90-an. Dengan Honda, beliau telah banyak bekerja di banyak aspek pengembangan kendaraan sepanjang karirnya.

 

sumber

 

Kecintaan Hideki Kakinuma pada Mobil Dimulai dari Mainan Toyota Celica

Pada saat ulang tahun ke 50, sebuah perusahaan mainan terkemuka yaitu Tomica, mengajak kolaborasi dengan beberapa pembuat mobil di Jepang untuk membuat mobil mainan edisi khusus.  Salah satunya adalah Honda yang diwakili oleh Civic Type R dengan bodi kode FK8 dan satu sosok di baliknya, yaitu Hideki Kakinuma yang merupakan project leader di balik kemunculan mobil fenomenal ini.

Pada saat konferensi pers, Hideki Kakinuma mengambil kesempatan itu untuk menggambarkan bagaimana beliau bisa jatuh cinta dengan mobil pertama kali. Sungguh di luar dugaan, Kakinuma justru sangat mengidolakan Tomica edisi Toyota Celica Liftback generasi pertama sejak masih di bangku sekolah.

Namun, ada cerita menarik di balik kecintaannya pada mainan Toyota Celica. Kakinuma San mengaku bahwa setiap hari mendatangi toko mainan hanya untuk melihat Tomica dan Celica emas yang cerah berkilau. Hingga pada suatu hari, Ibunya membelikan mainan tersebut dan saking senangnya mainan itu dibawa ke sekolah. Namun sayangnya, Kakinuma San harus bersedih karena mainan kecintaannya itu hilang di akhir hari. 

Ketika masuk kuliah, Hideki Kakinuma mengambil pekerjaan paruh waktu. Pada suatu kesempatan, beliau pergi untuk mengunjungi presiden perusahaannya yang ternyata memiliki Celica Liftback seperti miliknya yang pernah hilang di sekolah. Beliau memberanikan diri untuk bercerita tentang kecintaannya pada Celica dan bertanya apakah mobil itu bisa dibelinya. Selama kuliah, Kakinuma San telah berhasil memodif sedikit-demi sedikit dan amat menikmati sensasi mengemudikannya. Bayangin aja, lo bisa punya mobil yang selama ini lo idam-idamkan dari kecil, kalau bukan bahagia entah apa lagi namanya, Bro.

Sejak saat itu, rasa cintanya pada mobil semakin besar dan berhasil melabuhkan hatinya untuk menjadi salah satu insinyur di Honda. 

 

Tangan Dingin di Balik Honda Civic Type R 

Kakinuma San bergabung dengan Honda pada tahun 1991. Di tahun 1992, NSX type R pertama memulai debutnya. Kemudian pada tahun 1995, Integra type R muncul. Baru setelah itu tahun 1997, Civic type R menyusul. Beliau menyebutkan bahwa ini adalah tipe R pertama yang mampu dibeli oleh pembalap muda yang mencintai mobil sport Honda. 

Sejak bergabung dengan Honda, Kakinuma San telah banyak melihat perkembangan Type R dan terlibat langsung dalam proses pengembangannya. Beliau mengakui bahwa dari semua Type R, Civic Type R lahir sebagai mobil sport yang paling terjangkau bagi pengemudi pecinta Honda. Tidak heran kalau Civic Type R terus menjadi model yang paling populer. Menurutnya, Type R sampai sekarang telah mengorbankan karakteristik berkendara harian untuk performa mesin yang tinggi.

Menurutnya, garis keturunan Type R selalu memiliki semacam batasan sendiri. Tidak heran kalo output mesin NSX Type R sama dengan model dasar, 280 PS, yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mobil sport kelas atas. Begitu juga dengan Integra Type R dan Civic Type R yang mengikutinya didasarkan pada model produksi massal yang terjangkau. Jadi untuk mendapatkan performa yang ciamik, wajib menghilangkan komponen yang tidak perlu.

Civic Type R generasi sebelumnya telah dilengkapi dengan mesin 2.0L VTEC Turbo bertenaga dengan output lebih dari 300 PS. Mesin inilah yang berhasil mencetak waktu untuk penggerak roda depan 7 menit 50 detik ketika di Nurburgring, Jerman. Sebuah rekor yang sungguh fantastis. Namun, karakteristik dasarnya untuk mengemudi di jalan umum dapat dikembangkan lebih lanjut.

Bukan Kakinuma namanya jika harus puas dengan satu pencapaian. Performa sasis untuk Civic Type R generasi keenam, termasuk juga model dasarnya, ditingkatkan secara signifikan. Tidak heran ketika mobil ini mampu menghasilkan rekor waktu putaran baru, yaitu 7 menit 43 detik.

 

Generasi Keenam, Resmi Masuk Indonesia dan Menjadi Kebanggaan Honda

 

sumber

 

Dengan basis dari Civic hatchback, Honda Civic Type R generasi keenam ini mulai dijual tahun 2017. Mobil ini juga sudah masuk dan dijual resmi di Indonesia. Sayangnya, buat yang seneng sama mobil matic harus minggir dulu karena pilihan transmisi mobil ini hanya ada manual 6 percepatan. Tidak heran kalau untuk melahap 0-100 km/jam hanya butuh waktu 5,7 detik saja. 

Bahkan racikan Honda Motor Corporation ini berhasil membuat Type R generasi enam tercatat sebagai FWD tercepat di Nurburgring. Kakinuma San juga menjelaskan kalau Civic Type R generasi keenam ini tidak hanya cepat, tapi juga punya model bodi yang kalo dikendarai bisa menambah kepercayaan diri. Civic Type R baru tidak hanya sekedar mode unggulan untuk Civic, namun juga melambangkan mobil yang diimpikan oleh Honda selama ini.

 

Civic Type R dan Robot Gundam

Dari berbagai forum otomotif banyak disebutkan kalau Civic Type R generasi terbaru ini terinspirasi dari robot gundam. Gundam sendiri adalah seri animasi di Jepang yang muncul pada tahun 1979 dengan bentuk robot raksasa. Kalau dilihat-lihat memang sepintas punya desain yang sama dengan bodi Civic Type R. 

Kakinuma mengaku kalau beliau dan tim desainer Honda di Jepang sering ditanya hal serupa. Namun sayangnya hal ini ditepis karena menurut penuturan beliau, Civic Type R generasi keenam ini sama sekali tidak terinspirasi dari gundam. Semua desain yang diciptakan adalah untuk memenuhi sisi aerodinamis sebuah mobil balap. 

Buat lo yang punya passion di bidang otomotif, bisa banget jadiin Hideki Kakinuma sebagai contoh buat ngejar impian lo nih, Bro!

SAMPAIKAN KOMENTAR