Pengen Dongkrak Performa Mesin? Perhatikan Dulu 3 Hal Ini!
13
Jul
2021
0 Comment Share Likes 653 View

Di dunia modifikasi, rasanya semua sektor mobil “halal” untuk dioprek. Gak cuma perkara eksterior atau interior saja, bahkan bagian mesin juga bisa kena modifikasi. Biasanya upgrade di sektor dapur pacu memang tidak lain bertujuan untuk meningkatkan performa mobil. Namun karena fungsinya cukup krusial, modifikasi ruang mesin tidak boleh sembarangan dan asal-asalan, Bro. Banyak hal yang harus lo perhatikan dan persiapkan dengan matang sebelum benar-benar memutuskan buat upgrade dapur pacu. 

 

Pahami Tujuan Modifikasi

Pria Intersport, kalau bicara soal modifikasi ruang mesin sebenernya luas banget. Tapi hal pertama yang harus lo perhatikan adalah menentukan arah tujuan lo modifikasi ruang mesin. Beberapa orang melakukan modifikasi mesin dengan tujuan pengen meningkatkan performa untuk  penggunaan harian, balapan amatir seperti drag race, slalom dan drifting atau bahkan sampai terjun ke level kejuaraan balapan tingkat nasional/internasional.

 

Tahapan Modifikasi Ruang Mesin

Setelah menentukan tujuan modifikasi, akan tergambar apa yang harus lo lakuin. Ada beberapa tahapan modifikasi yang harus lo ketahui. 

 

Stage 1

 

sumber

 

Pada tahap dasar atau Stage 1 ubahan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mesin. Tahap ini bisa dilakukan juga untuk mobil dengan transmisi otomatis. Dari mulai kopling racing, open air filter, penggantian busi iridium dan kabel businya, ganti knalpot, dan remap ecu. Remap ECU merupakan proses memprogram ulang data atau map yang ada pada ECU standar agar performa mesin bisa meningkat. Dalam remap ECU umumnya dilakukan pemrograman ulang fuel map, ignition timing, dan membuka engine limiter-nya.

 

Stage 2

 

sumber

 

Tahap ini juga mulai menjamah teknik porting and polish (PnP), atau menghaluskan jalur masuk dan keluar bahan bakar. Khusus untuk Porting ditempuh dengan pemanfaatan volumetric efisiensi mesin, dianggap sebagai langkah ekstrem memperoleh tenaga mesin secara signifikan.

Langkah optimalisasi dengan jalan PnP ini bukan mustahil pula bakal memberikan keuntungan dari konsumsi bahan bakar yang makin efisien. Ini akibat penyempurnaan konstruksi mesin terutama dari bagian head, dengan cara merapikan struktur metal mesin. Biasanya intake dan exhaust yang dihaluskan lubangnya. Jika perlu bentuk ulang jalur masuknya (angin dan bensin) di intake, dan papas head.

 

Stage 3

 

sumber

 

Pada stage 3 ini mulai terjadi ubahan kompleks buat meningkatkan kompresi mesin. Dari mulai ganti piston, stang piston, kruk as, crankshaft dan flywheel. Selain itu, ada ubahan girboks diantaranya mengubah gear ratio dan final gear ratio mobil menjadi lebih pendek. Sehingga, output power mesin dapat terakomodasi dengan baik dan tetap pada limit engine speed yang aman di kisaran 8000Rpm.

 

Opsi Lain Buat Menambah Tenaga Mesin Adalah dengan Swap Engine

 

sumber

 

Salah satu cara buat menambah tenaga mesin adalah dengan swap engine atau tukar mesin. Bisa dibilang kalau ini cara yang paling ekstrim sekaligus butuh biaya yang cukup besar. Cuma Pria Punya Selera yang berani! Pertama, penting banget buat nentuin jenis mesin yang mau digunakan karena sangat dipengaruhi oleh kapasitas ruang mesin yang ada pada mobil lo. Apakah kapasitas ruang mesinnya memadai? Atau apakah mesin tersebut bisa mengakomodir beberapa komponen lainnya seperti girboks, ECU, suspensi, rem dan lain-lain.

 

Alternatif Dongkrak Performa Mesin Biaya Ekonomis dengan Hybrid Engine

 

sumber

 

Hybrid engine atau istilah 'frankenstein' biasanya dipakai untuk jenis mesin (terutama Honda) yang bisa dikombinasi dengan beberapa komponen dari mesin yang berbeda. Artinya ketika lo memutuskan buat hybrid engine, bisa jadi yang diganti cuma blok mesinnya saja, lalu “dikawinkan” dengan head silinder dari base yg berbeda. Piston dan crankshaft juga bisa dari base mesin yang berbeda. Kalo lo ingat mainan bongkar pasang Lego, maka itu istilah yang cocok buat gambarin hybrid engine ini. 

 

Hybrid engine biasanya dijadikan alternatif mendongkrak performa mesin dengan biaya yang lebih ekonomis dibandingkan harus swap engine bulat-bulat. Meningkatkan performa mobil dengan melakukan penggantian mesin sebenarnya tidak hanya sekedar mengganti sektor mesinnya aja. Tapi, juga harus mengganti dan menyesuaikan komponen-komponen lain yang ada dari mobil tersebut. Kalau memang lo pengen swap engine atau hybrid engine, sebaiknya konsultasi dulu sama bengkel-bengkel modifikasi yang sudah berpengalaman.

Nah itu tadi tips yang harus diperhatiin sebelum memutuskan buat upgrade kemampuan mesin mobil. Apakah lo tertarik buat modifikasi ruang mesin dalam waktu dekat, Bro?

SAMPAIKAN KOMENTAR