Pakai Diffuser Buat Harian: Sekedar Gaya Atau Performa?
19
Nov
2020
0 Comment Share Likes 417 View

Tren modifikasi dengan merubah bagian eksterior mobil, kian digandrungi para modifikator. Terkadang kita sebagai pemilik mobil ingin memodifikasi bagian luar dari mobil kita agar mempunyai ciri khas tersendiri yang menjadi identitas mobil milik kita. Salah satu yang biasa pula dilakukan dalam modifikasi mobil adalah dengan menambah aksesoris pada bagian tertentu. Misalnya memasang diffuser pada bagian bumper mobil.

 

Fungsi dari Diffuser

Diffuser sendiri memiliki fungsi khusus, di mana biasanya komponen ini dapat ditemukan pada mobil balap yang dipasangkan pada bagian bawah bumper mobil, baik di depan maupun belakang. Fungsi utama dari diffuser pada dasarnya adalah untuk menambah nilai aerodinamis pada mobil ketika melaju dengan kecepatan tinggi.

Desain dari diffuser akan menentukan kecepatan aliran udara yang melalui mobil. Semakin cepat udara mengalir, semakin rendah tekanan udara yang ada di bawah mobil, di mana itu membuat mobil mendapatkan downforce yang tinggi. Sistem ini pun akan menentukan daya cengkram pada mobil balap di lintasan, dan juga kecepatan mobil. Sistem kerjanya mirip dengan sayap pesawat terbang atau spoiler belakang mobil.

Di dalam dunia balap, penggunaan diffuser diatur dengan ukuran yang sudah di sesuaikan oleh FIA. Dari hasil studi FIA mengungkapkan bahwa penggunaan diffuser yang lebih lebar bisa membuat mobil setengah detik lebih cepat per lap dalam balapan. Saat mobil melaju di jalan raya, udara dengan kecepatan tinggi mengalir di bawah mobil dengan gaya tekanan yang rendah. Saat udara bertekanan rendah dan mencapai bagian belakang mobil, melalui diffuser yang berada di belakang mobil, ia akan mengembang di ruang ekspansi pada bagian body mobil. 

Akan tetapi, pada perkembangannya, diffuser juga banyak dipasang pada mobil-mobil harian dengan tujuan lebih ke penampilan atau kosmetik pada bagian bodi mobil. Pemasangannya membutuhkan beberapa kondisi yang harus dipenuhi agar diffuser bisa bekerja dengan baik, yakni kendaraan harus melaju cukup kencang. 

Bagi kalian yang menyukai kecepatan dan terbiasa berjalan di kecepatan diatas 100km/jam. Diffuser bisa didesain menyesuaikan kebutuhan, namun yang harus diperhatikan juga adalah nilai estetikanya. Diffuser memang rata-rata dipasang pada mobil-mobil ceper dan biasanya penggunaan diffuser dilakukan pada mobil yang telah dilengkapi dengan body kit.



Bagian-Bagian Diffuser Pada Mobil

 

  • Front Splitter

Pada bagian bumper depan mobil, diffuser dikenal dengan nama Front Splitter. Menggunakan front splitter adalah salah satu cara yang keren untuk memberikan gaya yang lebih menawan pada ujung bawah bumper depan mobil kesayangan kita. Untuk mobil-mobil dengan suspensi yang dibuat rendah, front lip biasanya ditambahkan untuk mempertegas karakter mobil tersebut. Front splitter juga fungsional, karena berfungsi untuk mendukung fungsi aerodinamis, terlebih saat mobil melaju pada kecepatan tinggi.

 

 

  • Canard

Selain itu, diffuser juga biasa didapati pada bagian samping dari bagian muka depan mobil. Bagian itu biasa dikenal dengan nama canard. Part ini berfungsi untuk membantu mengendalikan penyebaran udara yang dipisahkan oleh front splitter

Penambahan canard pada mobil memang salah satu modifikasi yang seringkali diremehkan oleh sebagian besar orang. Padahal, selain berfungsi untuk menghias mobil, canard juga menambah fungsi lain pada mobil. Karena pada prinsipnya, canard membantu mengatur ulang arah udara di bagian samping mobil, dimana udara tersebut akan disimpan dan dibiarkan mengalir ke seluruh bagian mobil.

 

 

  • Rear Diffuser

Rear diffuser adalah salah satu bagian dari body part yang dipasangkan di bawah bumper belakang kendaraan. Menariknya, diffuser sendiri memiliki fungsi khusus, di mana biasanya komponen ini dapat ditemukan pada mobil balap. 

Diffuser pada dasarnya digunakan untuk menambah nilai aerodinamis saat melaju pada kecepatan tinggi. Namun, karena komponen ini semakin diminati oleh para car enthusiast, banyak juga pabrikan mobil baru yang menggunakan rear diffuser sebagai bagian body part bawaan dari mobil standar.

 

Penggunaan Diffuser Pada Mobil Harian

 

 

sumber: carscoops.com

 

Jika kalian seorang modifikator dan tertarik menggunakan diffuser pada mobil harian, hal itu lumrah saja dilakukan, terlepas mobil harian yang kalian gunakan dengan memiliki performa tinggi ataupun tidak. Memodifikasi bagian eksterior selain menggunakan body kit, penggunaan diffuser juga sudah semakin banyak diadaptasikan. 

Hal itu juga terlepas dari banyaknya merk aftermarket yang mengeluarkan varian diffuser untuk berbagai jenis mobil. Seperti merk aftermarket Varis, Voltex, Kansai, APR, Novitec, Liberty Walk dan juga Rocket Bunny yang mengeluarkan varian body kit dengan melengkapi diffuser sebagai bagian dari body kit yang digunakan.

Ada baiknya sebelum kalian memutuskan untuk menggunakan diffuser pada mobil, kalian harus mencari referensi lengkap seperti apa diffuser yang cocok untuk dipasang pada mobil kalian. Jangan sampai asal-asalan saat memilih bentuk diffuser yang ingin digunakan karena akan merusak estetika keseluruhan tampilan modifikasi kalian.

Penggunaan diffuser juga harus dilatarbelakangi dengan konsep modifikasi yang kalian usung. Jika konsep yang digunakan street racing dan JDM, agaknya cocok menggunakan diffuser sebagai tambahan dalam aliran modifikasi. Namun lain halnya jika kalian menerapkan konsep elegant atau stance, agaknya kurang cocok jika menambahkan diffuser.

 

Pemasangan Diffuser

Memasang diffuser juga tidak bisa sembarangan, diskusikan terlebih dahulu dengan bengkel yang sudah terbiasa memasang part tersebut. Karena pemasangan diffuser juga harus mengukur dan melakukan proses fitting terlebih dahulu.

Agar diffuser yang sudah kalian beli sesuai dengan bentuk bumper yang ada, pastikan jangan sampai nut/kaitan diffuser ke bumper tidak bertemu. Pastikan bentuknya juga cocok dengan bentuk bumper agar diffuser terlihat match in’ tidak bertabrakan dengan bentuk bumper mobil kalian.

Itulah beberapa informasi soal diffuser yang Pria Intersport bisa gunakan pada mobil harian, setelah membaca artikel ini, kalian pasti telah mengetahui diffuser jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Lalu kira – kira diffuser jenis apa yang ingin kalian gunakan, Bro?

Ikuti informasi seputar otomotif lainnya di website Intersport.id dan jangan lupa share untuk teman sesama car enthusiast lainnya!

SAMPAIKAN KOMENTAR