Nostalgia Gran Turismo 2, Surga Para Pecinta Mobil
25
Dec
2019
0 Comment Share Likes 1023 View

Pada tahun 1999, Polyphony Digital meluncurkan game balap yang menjadi salah satu game balap terbaik yang pernah dijual di dunia. Dirilis pertama kali, Gran Turismo 1 (Yang merupakan game terlaris untuk Playstation edisi pertama), game ini terjual total 9,37 juta kopi di seluruh dunia, dan game ini membuat salah satu game console dengan penjualan terbesar untuk Playstation. Meskipun terjual kurang laris dari game sebelumnya, Gran Turismo 2 menawarkan fitur yang lebih lengkap, mulai dari daftar mobil yang sangat banyak, penambahan track balap termasuk mode reli, lebih banyak lisensi dan lebih banyak kejuaraan.

Pada saat peluncurannya, GT2 menjadi salah satu game balap dengan daftar mobil terbesar dari game game balap lainya pada tahun itu, dengan jumlah hampir 650 mobil. GT2 berisi 36 pabrikan mobil dari seluruh dunia, mulai dari Acura (hanya versi NTSC-U, untuk versi lain menggunakan nama merek Honda), BMW, Peugeot hingga Venturi. Sebagai perbandingan, Gran Turismo pertama dan Gran Turismo 2 A-Spec memiliki sekitar 200 penambahan jenis mobil. Dan untuk pertama kalinya dalam game seri ini, pabrikan mobil dari Perancis, Jerman, dan Italia ditambahkan, dan akan di memungkinkan untuk kejuaraan Gran Turismo global. Beberapa produsen terkemuka, seperti Ferrari dan Porsche, tidak ditampilkan dalam game karena lisensi dari pabrikan yang diperlukan oleh Polyphony Digital tidak dapat diperoleh. Ruf ditambahkan sebagai alternatif pengganti untuk Porsche: Ruf adalah pabrikan terpisah dari Porsche yang bermarkas di AS. Mobil-mobil tertentu, seperti Mercedes-Benz CLK GTR, juga tidak dapat muncul dalam game karena masalah lisensi.

Kita menganggap ini adalah game balap terbaik, pertama-tama karena game ini sederhana dan lengkap. Bayangkan saja pada tahun 1999, game balap dengan mode simulator seperti ini sangatlah wow. Terlebih kita dapat balap memodifikasi mobil, mesin, transmisi, aerodinamis, pengaturan pengereman. Pada game Gran Turismo 1 tidak memiliki apa yang di punyai oleh Gran Turismo 2, seperti modifikasi untuk mobil dengan kelas race. Pada Gran Turismo 2  Mobil tidak memiliki ESC dan TCS sebagai standar, fitur ini dijual sebagai upgrade untuk mobil kalian. Dan fitur ini akan membuat kalian serasa benar benar mengendarai mobil yang kalian piih. jadi misal ketika Anda membeli Dodge Viper, kita akan merasakan sensasi mengendarai Dodge Viper yang liar dan powerfull. Meskipun hanya memiliki 5 pemain AI, tetapi game ini sangat enak untuk di mainkan.

Modifikasi untuk livery kelas Balap akan terbuka setelah kita mengupgrade Weight Reduction ke Stage 3. Itu adalah modifikasi yang paling mahal guna mengubah eksterior mobil menjadi spesifikasi balap. Taurus menerima livery asli yang sama dari NASCAR Taurus. Untuk sedan Eropa mendapatkan livery BTCC.

Di tahun 1999 pula, Kazunori Yamauchi mendekati perusahaan jam dan barang elektronik serta perhiasan kecil lainnya asal Jepang yaitu Seiko guna meminta menjadi sponsor untuk per-rilisan Gran Turismo 2. Kesepakatan itu tentunya akan memberikan pemasukan yang lebih untuk pengembangan Yamauchi dan teamnya dengan imbalan sebagian minimal dari setiap game yang terjual (royalti) untuk dibayarkan kepada Seiko Corporation. Seiko pun setuju untuk memberikan tambahan fitur pada penghitungan waktu yang akurat selama acara perlombaan, dan mengiklankan logo mereka di bagian bawah pada setiap akhir acara dan replay, di mana ada pesan "Didukung oleh SEIKO"  yang dapat kalian, serta iklan sponsor pada pinggiran track.

Gran Turismo 2 menampilkan lebih dari 20 trek dengan desain yang sangat detail untuk digunakan balapan dan lebih ada 40 kombinasi trek pada game ini. Baik itu track relli Pike's Peak atau jalanan sempit di kota Roma, Gran Turismo 2 diciptakan dengan detail yang sangat realistis. Ada penambahan fitur mode balap reli off road yang baru. Sebagai contoh kalian akan di bawa melewati belokan yang menyempit di track Tahitian Sea Side. Kesalahan sekecil apa pun kalian pada belokan itu bisa berarti mengurangi catatan waktu race anda, pemiihan waktu yang tepat, serta manufer yang pas akan membuat kalian lebih sepat mencapai garis finish.

Menu-menu yang sederhana akan membuat game ini di fokuskan untuk balapan. Tidak ada mode foto atau B-Spec yang tidak berguna. Soundtrack pada game ini juga memberi kesan permainan dengan suasana yang sangat baik, pada intro game soundtracknya adalah "My Favorite Game" yang di populerkan oleh The Cardigans.

Mode 2 player pada Gran turismo 2  sangatlah sederhana dan lebih kami sarankan untuk bermain pada mode simulator. Kalian dapat memuat banyak mobil di garasi pada mode simulasi dan dapat kalian simpan di kartu memory/MMC, sehingga kalian akan memiliki lebih banyak opsi pemilihan mobil pada mode arcade. Juga tersedia akumulasi skor setelah setiap balapan selesai, jadi kalian bisa membuat turnamen dengan teman teman kalian untuk game dengan mode arcade.

Ada banyak mobil dari tahun 90-an yang tidak pernah muncul lagi dalam permainan Gran Turismo versi selanjutnya. Mobil-mobil ini adalah salah satu alasan banyak orang untuk masih bertahan bermain Gran Turismo 2 dan bernostalgia dengan game balap tahun 90-an.

SAMPAIKAN KOMENTAR