Nissan March Pakai Supercharge?
05
Apr
2020
0 Comment Share Likes 486 View

Nissan March atau Nissan Micra merupakan sebuah hatchback produksi brand ternama asal Jepang yaitu Nissan. Nissan March sendiri dipasarkan dibanyak negara namun ada yang menggunakan nama Nissan March dan juga ada yang menggunakan nama Nissan Micra.

Di Indonesia, Nissan March ditawarkan dalam dua pilihan mesin yaitu 1.2 liter dan juga 1.5 liter. Untuk varian yang menggunakan mesin 1.2 liter bisa dibilang cukup laris di pasaran walau memang tak selaris para kompetitornya yang memiliki kapasitas mesin lebih besar.

Tapi tahukah kalian kalau Nissan March memiliki varian dengan mesin yang sudah dilengkapi oleh supercharge. Nissan March ber-supercharge tersebut bukanlah hasil kreasi dari sebuah rumah modifikasi, melainkan pabrikan mobil asal Jepang tersebut memang menyediakan varian mesin yang telah dilengkapi dengan supercharge.

Mesin yang sudah dilengkapi dengan supercharge tersebut memiliki kode mesin HR12-DDR yang menggunakan bahan bakar bensin. Mesin ini memiliki kapasitas 1.200 cc dengan 3 buah silinder. Mesin ini memiliki tenaga yang tidak terlalu besar sebenernya hanya memiliki 97 HP dengan torsi 143 Nm.

Memang mesin ini terlahir bukanlah untuk meningkatkan performa yang sangat signifikan. Memang jika dibandingkan dengan mesin HR12DE yang mana mesin konvensional tanpa tambahan supercharge hanya memiliki tenaga 80 HP dengan torsi 110 Nm.

Nah yang dikejar oleh Nissan dengan menambahkan supercharge di mesin HR12 adalah untuk menekan emisi dari mesin tersebut. Seperti yang dilansir oleh Paultan.org mesin HR12DDR memiliki emisi 95 g/km untuk mesin yang dipadukan dengan transmisi manual. Sedangkan untuk mesin supercharge yang dipadukan dengan transmisi CVT memiliki emisi 115 g/km.

Selain itu, mesin 3 silinder supercharge ini memiliki konsumsi bbm yang cukup mengagumkan pada saat itu yaitu 24,4 km/liter. Sangat mengagumkan bukan! Namun mesin ini tidak masuk ke Indonesia. Di Indonesia, Nissan March hanya dibekali dengan mesin tanpa tambahan supercharge yang memiliki kode mesin HR12DE.

Sumber: nissan-global.com, en.nissan.co.th, paultan.org
Gambar: netcarshow.com

SAMPAIKAN KOMENTAR