Nissan ARIYA SUV 4WD Electric
28
Jan
2020
0 Comment Share Likes 449 View

Pabrikan asal Jepang. Nissan mereveal produk mobil konsepnya yang di beri nama Ariya Concept di Tokyo Motor Show 2019. Adalah mobil elektric bergaya desain crossover yang mengusung motor elektrik ganda. Ariya Concept adalah Sebuah pengembangan dari model konsep nissan sebelumnya yang di beri nama iMX, yang perkenalkan pada saat ajang Tokyo Motor Show 2017. Walau ini adalah mobil konsep, Nissan mengaku bahwa desain Ariya Concept ini sangat mungkin diwujudkan sebagai produksi massal. Yasuhiro Yamauchi, selaku perwakilan eksekutif dari Nissan Motor Co., Ltd jepang memberikan keterangan bahwa, “Ariya Concept merupakan kolaborasi yang kuat antara bahasa desain dan teknologi. Ini adalah tahap selanjutnya untuk desain masa depan mobil nissan, sejalan denga era baru bagi perusahaan otomotif, yaitu evolusi tahap selanjutnya dari kami."

Ariya Concept ini mempunyai bentuk desain eksterior yang futuristik dengan garis lembut sederhana dan tidak se extreme mobil listrik konsep pada umumnya. SUV ini bahkan terasa kompak dan kekinian. Bagian depan dari mobil ini tidak dilengkapi dengan grille konvensional, melainkan digantikan dengan komponen bumper depan yang disebut pelindung berkonsep V-Motion ciri khas dari Nissan. Menariknya lagi adalah aksen yang berada di sepanjang tepian body depan pelindung akan berpendar ketika mobil ini menyala. Dipadukan dengan sektor penerangan lampu utama LED yang di desain sangat tipis dan runcing, membuat tampang mobil ini terlihat lebih keren. Pada sektor ban dan pelek di sertakan Pelek alumunium berukuran 21 inci yang di desain modern dengan palang lebar dan tebal sebanyak 5 garis. Melengkapi tampilan shape body samping yang elegan,  Ariya mengusung model atap yang landai di belakang seperti mobil mobil crossover jaman sekarang. Namun, pada body end bagian belakang terlihat perpaduan antara maskulin dan futuristik, di tambah lagi tampilan dari lampu belakangnya yang membentang dari ujung body dan terletak tengah pintu bagasi belakang. Pada bagian atas kaca belakang terpasang spoiler yang menambah kesan keren dan tentunya untuk menambah aerodinamika mobil. Keseluruhan bodi dari Nissan Ariya Concept ini di beri warna Suisei Blue. Cat yang di gunakan pun cukup unik, karena jika kita lihat dari jauh warna birunya akan tampak matte/doff, tapi ketika kita dekati akan berubah lebih menyala, itu berkat adanya jutaan serpihan gelas yang dicampurkan pada proses pengecatan dan coating yang di hasilkan untuk memantulkan cahaya. Yang menarik lagi adalah adanya sentuhan corak berwarna tembaga yang diaplikasikan pada garis tepian body pada atap dan pelek, yang mana jarang ada pabrikan mobil yang memberikan aksen dengan warna tersebut pada kendaraan.

Sementara pada bagian interior Nissan Ariya Concept ini mengekspresikan gaya sleek dan seksi. Tombol fisik pada pengatur fitur digantikan dengan model seamless, dimana Ia dapat menghilang dan seolah menyatu dengan panel dasbor ketika mobil dimatikan. Beberapa tombol konvensional yang umum di temukan pada mobil Nissan sekarang pun masih dipertahankan, pada area konsol tengah tersedia kenop putar untuk mengatur layar touchscreen 12,3 inci yang menyatu dengan panel instrumen dan kisi kisi AC. Menariknya, jok yang digunakan Nissan Ariya Concept ini punya rangka yang sangat tipis guna memaksimalkan ruang dalam kabin, sekaligus visibilitas untuk penumpang. Jok ini dilapisi kulit dengan material bantalan yang dipusatkan pada punggung bagian bawah dan pinggul. Teknologi dari Nissan ProPilot 2.0 dibenamkan guna memastikan keamanan dalam berkendara. Terutama saat bernavigasi di jalan bebas hambatan dengan memanfaatkan perangkat semi otonom. Issan Ariya Concept ini bisa diperintah untuk menyalip mobil di depan, berpindah jalur atau keluar dari jalan tol tanpa perlu memegang roda kemudi. Kemampuan itu ditunjang oleh sistem navigasi dan sensor yang dapat menjangkau area seluas 360 derajat. Fitur navigasinya pun dapat terhubung dengan smartphone. Semua pengguna mobil ini dapat menyeting tujuan terlebih dahulu lewat smartphone mereka, kemudian ditransfer ke dalam mobil.

Sistem otomatis melelui smartphone ini juga turut diterapkan pada konfigurasi jok dan AC pada kabin yang dapat disesuaikan oleh para penggunaannya. Nissan Ariya Concept juga dapat disinkronkan dengan jadwal pengguna jika ingin menggunakan mobil ini. Secara otomatis Ariya Concept akan mengaktifkan pengaturan suhu dalam kabin. Lalu pada saat dikemudikan, fitur Smart Route Planner dapat secara aktif mencari dan melacak stasiun pengisian daya terdekat. Kecanggihan Ariya Concept tak hanya sampai situ, ada fitur Virtual Personal Assistant yang akan membantu dalam mencari tempat parkir, sehingga pengemudi bisa tetap fokus saat mengemudi.

Nissan Ariya Concept  ini mengusung mesin listrik 100 persen yang dapat menghasilkan performa tinggi. Power yang diproduksi dual motor elektrik di depan dan belakang, ditransfer langsung ke roda. Konfigurasi ini membuat Nissan Ariya Concept berpenggerak 4WD, yang dapat dikontrol untuk menstabilkan pengendalian mobil. Didasari dari pengalaman dalam pengembangan control penggerak kendaraan, Fitur ini mampu menghadirkan teknologi yang mengatur output tenaga dan pengaturan rem secara lebih efisien.

SAMPAIKAN KOMENTAR