Musim Hujan, Ini Jenis Ban Yang Paling Cocok
14
Feb
2020
0 Comment Share Likes 320 View

Hujan memang selalu mengguyur banyak wilayah baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Tapi hujan yang turun tidak selalu menentu. Kadang setiap hari, kadang juga tidak turun hujan sama sekali. Namun, mobilitas kita tentu harus dilakukan setiap hari mulai dari bekerja hingga bermain. Ketika hujan turun, tentu bepergian menggunakan mobil jadi pilihan utama.

Nah, ban pada mobil tentu memiiki spesifikasi masing masing. Ada ban yang sangat bagus untuk digunakan dalam kondisi jalanan panas, ada juga ban yang sangat cocok digunakan untuk musim hujan. Bahkan di daerah tertentu ada ban yang cocok untuk jalanan yang tengah ditutupi salju.

Kondisi jalan yang basah tentu akan sangat menyusahkan para pengguna jika ban yang digunakan tidak sesuai. Lantas, ban apa yang cocok untuk musim hujan?

Kondisi jalan yang basah akan terasa sangat licin ketika mobil yang anda gunakan memiliki ban dengan pattern atau kembangan yang tidak cocok dengan kondisi jalan tersebut. Bukan hanya pattern, compound ban juga sangat mempengaruhi performa ban di jalan basah.

Maka dari itu, selain berhati – hati anda juga perlu memilih ban mobil yang cocok untuk musim hujan, maupun kering.

Memilih Ban Mobil Dengan Compound Khusus

Compound sendiri merupakan campuran material yang digunakan untuk membuat sebuah ban. Bahan semacam ini memang tidak bisa dilihat secara kasatmata, maka dari itu biasanya untuk beberapa produsen ban mobil terkenal seperti Bridgestone, Dunlop, GT Radial, atau merk ban lainnnya, akan memberikan penjelasan mengenai produknya terlebih dahulu dalam sebuah website atau catalog miliknya.

Penjelasan ini mencakup, compound yang tertanam pada ban tersebut, kemudian keunggulan, fitur – fiturnya dan yang terakhir ukuran yang tersedia untuk tipe tersebut.

Untuk mendapatkan ban mobil dengan tipe terbaik sekaligus cocok untuk digunakan dijalan basah, anda bisa memilih ban mobil yang memiliki “Aqua Compound” atau pada kolom performance terdapat tulisan “Wet Performance”.

Hal ini bisa dijadikan sebagai pertanda bahwa ban tersebut sanggup atau mampu melibas permukaan jalan yang basah.

Memilih Pattern atau Kembangan Ban Mobil

Konvensional Pattern, Performa Standard

Pattern pertama dalam list ban mobil yang cocok untuk musim hujan adalah Konvensional Pattern. Pattern ini biasa dikenal dengan Alur Kembangan Symmetrical, merupakan tipe kembangan yang sangat standard dari ban mobil. Tipe ini, memiliki alur yang berkesinambungan menyerupai blok dan cenderung simetris.

Untuk performa, alur kembangan ini memiliki performa yang standard, dengan tingkat kebisingan yang rendah, namun kurang efektif dalam hal menepis air.

Dapat disimpulkan bahwa, ban ini merupakan ban standard yang bisa digunakan untuk melibas kondisi jalan yang basah, namun tidak direcommendasi. Jadi, sah – sah saja menggunakan ban ini, namun tetap harus berhati – hati ketika mobil mulai memasuki permukaan jalan yang basah.

Asymmetric Pattern

Tipe Kembangan atau Pattern ban mobil yang cocok untuk musim hujan berikutnya yaitu Asymmetric Pattern, kembangan yang satu ini memiliki desain telapak ban yang berbeda antara bagian kiri dengan bagian kanannya. Dengan begitu, ban ini harus benar – benar diperhatikan pada saat pemasangan. Karena jika salah pemasangan, akan sangat fatal akibatnya.

Dengan memiliki desain Pattern yang berbeda disetiap sisinya, membuat ban ini memiliki banyak sekali keunggulan, baik di permukaan jalan yang basah maupun kering. Berikut sedikit keunggulan dari salah satu ban mobil yang cocok untuk musim hujan dengan kembangan atau pattern Asymmetric (terlepas dari merk ban itu sendiri).

  • Ban ini mampu dengan sangat baik meminimalisir getaran pada kemudi. Karena, bentuk asimetrisnya mampu mencegah sisi ban skid (gaya lateral yang terjadi saat berkendara di jalan yang tidak rata).
  • Respon kemudi menjadi lebih halus, karena bentuk asimetrsi dan desainnya.
  • Mampu dengan sangat baik menepis genangan air, sehingga resiko terjadinya aqua planning pada kendaraan menjadi lebih sedikit.

Directional Pattern, Tipe Telapak Ban Mobil Satu Arah

Yang ketiga dalam list of pattern ban mobil yang cocok untuk musim hujan yaitu Directional. Tipe Pattern atau kembangan ini biasanya cenderung berbentuk anak panah kebawah atau seperti huruf V yang desainnya sendiri memiliki fungsi untuk menepis air dengan baik.

Selain itu, tipe kembangan ini juga memiliki keunggulan dalam menciptakan pengereman. Bukan hanya itu saja, kembangan ini juga rata – rata memiliki index dengan kecepatan yang tinggi.

Dari ketiga tipe kembangan di atas, jika disimpulkan semuanya mampu digunakan dipermukaan jalan basah. Namun, kembali lagi kepada performa. Ada yang hanya baik digunakan dipermukaan jalan basah, ada pula yang sangat baik digunakan dipermukaan jalan basah, dan ada juga yang sangat baik digunakan dipermukaan jalan basah + mampu memberikan system pengereman yang maksimal disegala jenis permukaan jalan.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR