Model Kit Tamiya ini Seharga Motor
22
Mar
2020
0 Comment Share Likes 1312 View

Model Kit adalah istilah yang sering diberikan untuk rangkaian model. Bila dirangkai dengan baik dan benar, rangkaian tersebut akan menjadi sebuah model atau tiruan dari sebuah benda dalam bentuk miniatur. Merakit model kit ini sebenarnya merupakan cabang dari scale modelling, atau modeling. Di luar negri orang sering menyebutnya scale modelling, di Indonesia lebih populer dengan istilah model kit. Kegemaran ini, kalau mau ditelusuri sudah ada sejak jaman dulu, yaitu, kegemaran membangun atau membuat sesuatu dan merepresentasikan bentuk aslinya dalam skala yang lebih kecil.

Modeling sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu scratch building, atau membuat sendiri segalanya, dan scale building, yang merakit dari sebuah model yang sudah dibuat kit-nya. Berbeda dengan scratch building yang membangun sendiri (biasanya saat ini untuk kebutuhan komersial seperti miniatur gedung, miniatur museum,perumahan dll), scale building menjadi lebih mudah, karena sekarang sudah banyak yang sudah dibuatkan kit-nya.

Siapa yang tidak mengenal perusahaan model kit terbesar asal jepang ini, benar Tamiya Corp sudah sejak jaman dahulu memproduksi berbagai model kit mulai dari model kit mobil, motor, pesawat, kapal perang, tank,dll. Tamiya terkenal karena model kitnya dibuat secara detail sekali sampai bagian-bagian terkecil dari part dari mobil atau kendaraan apa pun terlihat mirip dengan aslinya, sehingga untuk merakit model kit asal jepang ini butuh kesabaran dan kerja keras serta ketelitian agar mendapatkan hasil yang berkelas. Bahkan kita dapat mengecat sesuai dengan warna yang kita sukai, jadi kita bisa fleksibel untuk pemilihan warna dan model kit ini memang cocok untuk para penghobi atau untuk kalian yang ingin mencari kesibukan di waktu luang kalian.

Model kit Tamiya ini memang sengaja dibuat sangat ribet untuk membangunnya agar kita semua dapat mengembangkan kreatifitas dan imajinasi kita semua sehingga hasil yang didapatkannya pun sesuai dengan mood dan tingkat kreatifitas serta ketelitian kita saat membangun model kit ini. Banyak orang yang agak malas tetapi tetap ingin menyelesaikan membangun model kit ini, sehingga terkadang mereka malas mengecat model kit mereka dan bahkan ada yang mengecatnya hanya asal-asalan saja, dan banyak juga mereka yang malas ini membayar jasa ke orang lain untuk merakitkan model kit mereka sesuai keinginan mereka.

Butuh ekstra sabar untuk menyelesaikan 1 model kit saja, membangun 1 model kit bisa membutuhkan waktu 1 minggu bahkan ada yang sampai 1 bulan karena harus memperhatikan ketelitian dan mengecatnya berkali-kali agar terlihat mengkilat dan terlihat seperti mobil asli padahal model kit ini terbuat dari plastik, memang banyak orang yang bisa membuat sangat detail sekali catnya dan bahkan ada juga yang hingga mengecat interior, bagian mesinnya, lampu, knalpot dan juga velg, dan ada juga yang menambahkan aksesoris agar terlihat lebih real.

Model kit Tamiya ini memang harganya tidak murah, model kit yang belum dirakit saja harganya sekitar 700-1jtan itu saja belum cat dan aksesorisnya. Terkadang sebagian orang rela merogoh kocek lebih dalam lagi untuk membeli aksesoris tambahan dan juga stiker untuk model kit ini sehingga mobil ini terlihat lebih cantik dan lebih real seperti mobil aslinya. Banyak juga di pasaran yang menjual model kit ini yang sudah dirangkai, harganya sekitar 4-10jutaan itu semua tergantung pengerjaan dan detail mobilnya tersebut bahkan bukan hanya modelkit mobil saja ada juga yang menjual bengkel set agar terlihat seperti miniatur.

Di website scaledworld disitu ada beberapa contoh hasil karya model kit Tamiya yang ia buat hasilnya memang sangat luar biasa dari detail cat, stiker, pewarnaan mesin, pewarnaan interior, dan juga pewarnaan velg dan tambahan aksesoris lainnya. Dia bisa membuat dari modelkit base versi Tamiya original menjadi seperi mobil-mobil pada film menggunakan keterampilannya.

Di Indonesia sendiri sudah banyak juga penggemar modelkit dari Tamiya ini, dan untuk mendapatkannya pun sudah tidak susah seperti dulu lagi, cat, kuas, lem, dll merk Tamiya juga sudah banyak dijual di pasaran. Terkadang banyak orang di Indonesia memakai Spray Paint atau Pylox untuk mewarnainya, sehingga hasilnya pun juga tidak kalah bagus dari cat dari Tamiya, kebanyakan orang indonesia memang membangun modelkit ini dengan kondisi stock atau standar, tetapi akhir-akhir ini mereka semakin memiliki kreatif lagi dalam membangun modelkit. Bahkan sekarang setiap tahun sudah banyak juga komunitas-komunitas di seluruh Indonesia menyelenggarakan lomba-lomba model kit ini, dan siapa sangka peminat dan yang mengikuti lomba sangat luar biasa banyaknya sehingga para juri menjadi kebingungan menyeleksi peserta dan menyeleksi model kit mereka.

Semoga kedepannya hobby scaling modeling atau modeling kit ini bisa berkembang lagi diseluruh Indonesia, dan orang-orang kreatif yang sabar membangun modelkit ini bisa mengikuti lomba-lomba di manca Negara dan mengharumkan nama bangsa..

SAMPAIKAN KOMENTAR