Mobil Terasa Lebih Boros, Mungkin Ini Penyebabnya
25
Mar
2020
0 Comment Share Likes 341 View

Harga bahan bakar minyak (BBM) yang fluktuatif mengikuti harga minyak dunia tentu sangat berpengaruh terhadap orang orang yang kesehariannya bepergian menggunakan mobil. Dengan harga yang berubah ubah dan cenderung meningkat, banyak orang yang mencoba untuk membuat mobilnya lebih irit.

Namun apakah ada cara untuk membuat mobil kita jadi lebih irit? Nah beberapa produsen mobil kini telah menambahkan teknologi tertentu pada mesin mobil jenis tertentu agar tenaga yang dihasilkan tetap besar namun lebih hemat bahan bakar. Meski begitu, borosnya bahan bakar juga dipengaruhi beberapa faktor. Berikut beberapa hal yang bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada sebuah mobil.

Tekanan angin ban

Seperti yang dilansir oleh momobil.id dengan melakukan pemompaan ban secara benar tentunya akan mengurangi penggunaan bahan bakar hingga tiga persen. Faktanya, tekanan ban mobil bisa berkurang 1 PS tiap bulannya. Tak hanya itu saja, suhu yang rendah juga akan berpengaruh terhadap tekanan ban mobil. Karena itu, lakukan pengecekan rutin agar dapat memastikan kondisi ban dalam keadaan baik minimal setiap sebulan sekali. Kondisi ban mobil yang dipompa secara benar juga akan mengurangi risiko ban cepat aus. Apabila kondisi ban kurang segeralah untuk melakukan pemompaan dengan mengunjungi SPBU terdekat. Disarankan untuk melakukan pengisian sekitar 3 PSI saat ban dalam kondisi dingin. Usahakan ketika mengisi angin jangan melakukan sembarangan karena harus sesuai yang telah direkomendasikan oleh pabrikannya.

Tune up secara rutin

Mesin mobil yang di tune up dengan baik dan rutin akan membuat performa mobil semakin maksimal. Namun sayangnya, terkadang mekanik mobil melupakan faktor penghematan BBM. Hal tersebut justru malah berakibat memakan bahan bakar untuk tenaga yang lebih besar. Sehingga jangan lupa mengingatkan mekanik bengkel agar dapat mengupayakan penghematan bahan bakar mobilnya.

Kondisi filter udara

Filter udara yang kotor bisa mengakibatkan borosnya pemakaian bahan bakar. Kok bisa? Hal ini karena kotoran tersebut akan membuat filter udara tersumbat yang mengakibatkan daya isap piston menjadi berkurang dan tidak maksimal. Sumbatan pada filter udara juga dapat mengakibatkan timbulnya kotoran yang masuk ke ruang bakar, sehingga menghambat supply udara di ruang bakar. Jika itu terjadi, maka beban tenaga di ruang bakar terhambat. Hal ini menyebabkan harus mengeluarkan tenaga lebih besar sehingga bahan bakar menjadi lebih boros dibanding keadaan normal. Karenanya penting sekali untuk melakukan perawatan secara rutin agar filter udara tetap bersih.

SAMPAIKAN KOMENTAR