Mobil RC ini Punya Active Suspension Layaknya Mobil Beneran
20
Jan
2020
0 Comment Share Likes 548 View

RC car alias mobil remote control adalah mobil miniatur yang bisa dikendalikan dari jarak tertentu menggunakan transmitter khusus atau remote.  Mobil mainan satu ini tidak hanya digemari oleh anak-anak saja. Banyak orang dewasa yang juga pecinta mobil suka mnegulik dan memainkan mobil remote control. Beberapa ada yang membuat untuk drifting, offroad, balapan, atau hanya untuk memamerkan detail estetika. Ada yang juga membuatnya membawa satu set kamera untuk keperluan video shoot.

Modifikasi mobil remote control juga terbilang hanya dibatasi imajinasi sang pemilik, seperti mobil RC ini yang memiliki sistem active suspension layaknya mobil asli. Channel youtube bernama Dimitar Tilev memperlihat miniatur mobil Oldsmobile Dynamic 88 wagon keluaran 1966 yang dibuat bergerak dan berperilaku layaknya mobil beneran. Ketika si mobil berhenti setelah bergerak terlihat mobil bergoyang secara natural.

Butuh sekitar satu tahun untuk mencapai hasil seperti yang ada di video. Sistem suspensi dapat berfungsi berkat part accelerometer seperti yang ada di smartphone saat ini, Arduino microcontroller mengendalikan emapt servos yang ada di tiap ujung mobil. Servo tersebut mampu menyensuaikan ketinggian suspensi dengan mengalkulasi posisi keempat servo tersebut secara otomatis dan secara realtime.

Sang pembuatnya menggunakan 3D printer untuk membuat bagian suspensi, hardbody, dan ban. Detail yang disguhkan cukup detail sepeti lampu rem yang berfungsli seperti asli, hingga lubang knalpon yang terkadang memendarkan cahaya merah kecil ketika gas nya ditekan.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR