Mobil HotRod Termahal di Dunia
07
Dec
2019
0 Comment Share Likes 723 View

HotRod adalah mobil classic yang di modifikasi untuk balapan di amerika tahun 1950, biasanya mobil mobil yang di modifikasi untuk HotRod adalah mobil pabrikan Amerika dengan upgrade pada bagian mesin sehingga mampu mendapatkan power yang lebih dari standartnya.

Aliran modifikasi ini yang dulunya di terapkan untuk balapan, seiring berjalanya waktu kini HotRod berubah menjadi modifikasi lifestyle, tentu tidak meninggalkan roots nya sebagai mobil yang berpower besar. Dan kini semakin banyak peminat HotRod dari seluruh dunia. Tidak tanggung tanggung benyak builder mengelontorkan dana yang tidak sedikit untuk membangun mobil impianya, mulai dari memodifikasi mesin, rangka, body, kaki kaki, hingga pernak pernik lainya.

Berikut ini akan kita bahas beberapa mobil mobil HotRood termahal yang ada di dunia.

  1. Ford Coupe 1936 - Jack Calori

Jack Calori dikenal sebagai Builder HotRod dan pembalap, dia membangun Mobil Ford Coupe langsiran tahun 1936 dan menghabiskan dana sekitar 400.000 USD. Mobil inilah yang membawa nama Jack Calori dikenal sebagai salah satu builder yang patut di perhitungkan, muncul di sampul majalah Hot Rod pada November 1949. Di awali dengan memotong tiga inci pada frame chasis atas atau biasa di sebut Choptop lalu memotong suspensi dan merubah axle sehingga Ford Coupe semakin dekat dengan tanah, mobil ini memiliki fitmen di kaki kaki yang sempurna. Gril ‘39 LaSalle, kap mesin memakai clamshell, lampu depan dari Chevrolet, dan penambahan side skirt menjadikan Ford Coupe terlihat semakin gagah.

Ketenaran 1936 Ford Coupe karya Jack Calori masih bertahan hingga tahun 2005 di ajang Pebble Beach di kelas Frist Custom.

 

  1. Kookie T - Jim Street

Rasanya kita sering melighat mobil ini di hotwheels ya, Jim street membuat Kookie T ini dengan sangat sempurna dan mahal hingga orang orang terkagum dengan karyanya, 485.000 USD digelontorkan Jim Street untuk membangun Kookie T. lihat saja mobil terbuka dengan 2 kursi, mesin sangat besar yang tertanam 2 supercharger di dalamya tanpa ada kap penutup mesin, 2 lampu depan mungil yang menambah kesan klasik, serta pemakaian 4 ban belakang yang besar.

 

Kookie T tampil di sampul majalah Hot Rod pada tahun 1955 dan membuat mobil ini terkenal karena mobil ini sempat tampil di acara TV "Mr. Kagle and the Babysitter”. Setelah penampilanya dia masuk ke dalam Life Magazine dan menembah ketenaranya karena juga sempat membintangi 77 Sunset Strip.

 

  1. Whatthehaye - Boyd Coddington

Siapa tak kenal Boyd Coddington di kalangan builder HotRod, Builder yang memecahkan rekor menjadi top 10 buider di dunia dan merajai sebagian kontes HotRod di dunia. Setelah melihat Whatthehaye karya Boyd Coddington anda pasti akan tahu mengapa dia menjadi salah satu builder HotRod yang patut di perhitungkan.

 

Boyd Coddington menghabiskan kurang lebih 671.000 USD untuk melahirkan Whatthehaye. Tak banyak builder yang berani memodifikasi mobil mobil pabrikan perancis, di tangan Boyd Coddington mobil perancis tersebut di buat lebih powerfull, lebih lebar, dan lebi endah ke tanah, tentunya dengan fitmen yang sempurna.

 

  1. Ferrari 365 GTB/4 Daytona - Bill Harrah

Ferrari menjadi HotRod? Rasanya mustahil, tetapi di tangan dingin Bill Harrah semua itu dapat terwujud. Lihat saja karyanya Ferrari 365 GTB/4 Daytona yang di rubah menjadi aliran HotRod. Bill Harrah menghabiskan sekitar 690.000 USD untuk proyek ini.

 

Tampilan Ferrari 365 GTB/4 Daytona tidak banyak berubah, modifikasi yang di lakukan di antaranya adalah merubah bagian kaki kaki, memasang ban yang besar dan upgrade mesin tentunya. Memang terkesan simpel tetapi unsur unsur tersebut sudah memenhui untuk Ferrari 365 GTB/4 Daytona di sebut HotRod. Bill Harrah pernah di tantang balapan oleh seorang pengusaha, hadiahnya adalah sebuah helikopter untuk pemenangnya. Dan akhirnya Ferrari 365 GTB/4 Daytona inilah yang menjadi pemenangnya dengan kecepatan 146 mph, tentunya dengan kondisi jalanan yang sepi.

 

  1. Deuce Roadster - Tom McMullen

Menghabiskan dana sekitar 700.000 USD Builder Tom McMullen menciptakan sebuah legenda HotRod di dunia. Mobil yang sangat ikonik di kalangan pecinta HotRod bahkan orang awam sekalipun, pada masanya mobil ini sering tampil di TV, Iklan, Majalah, bahkan cover album musisi. Deuce Roadster pernah memecahkan rekor kecepatan tertinggi di El Mirage dan Bonneville Salt Flats.

 

Dari desainya sendiri Deuce Roadster sudah sangat menyatu dengan HotRod, apalagi livery api yang sangat ikonik. Tahun 1963 mobil ini sempat menjadi sampul majalah HotRod dan seorang penulis mengklaim bahwa “kami tidak pernah melihat yang sebagus ini sebelumnya !” mobil ini akan tetap abadi. Dan itulah yang membuat Deuce Roadster karya Tom McMullen menjadi HotRod termahal yang pernah di jual di lelang.

 

Menarik ya, dari mobil klasik yang biasa saja di tangan builder builder hebat dapat dirubah menjadi karya seni yang mahal, gimana berminat menjadi salah satu builder HotRod di Indonesia??

SAMPAIKAN KOMENTAR