Mobil Dinas Kepresidenan Indonesia dari Masa ke Masa
07
Jan
2021
0 Comment Share Likes 346 View

Seorang pemimpin negara tentu membutuhkan banyak hal untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan dalam melaksanakan setiap aktivitasnya. Tidak terkecuali kebutuhan transportasi yang dapat mengantarkan sang pemimpin berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Salah satu yang paling umum ditemui merupakan mobil dinas para pemimpin negara tersebut.

Di Indonesia sendiri berbagai macam tipe mobil dinas telah menemani masa pengabdian sang Presiden dari masa ke masa. Nah pada artikel Intersport kali ini, Intersport akan memberikan informasi berupa mobil dinas kepresidenan apa saja yang pernah digunakan sejak Presiden pertama Ir. Soekarno hingga bapak Joko Widodo yang saat ini sedang menjabat.

 

Era Ir. Soekarno Buick 8 & Chrysler Imperial

Buick merupakan pabrikan mobil asal negeri Paman Sam yang saat ini tergabung dengan industri otomotif raksasa General Motor. Buick merupakan pabrikan yang menjadi salah satu produsen mobil tertua ini, mengeluarkan tipe Buick 8 pada tahun 1938 yang kebetulan digunakan oleh Pemerintah Jepang saat masa Jepang sedang menduduki Indonesia.

Mobil Buick asal pemerintahan Jepang di Indonesia tersebut merupakan mobil yang digunakan untuk kebutuhan  Departemen Perhubungan Jepang. Di masa kedudukan Jepang atas Indonesia, Republik Indonesia baru saja mendeklarasikan kemerdekaan negara dengan Ir. Soekarno yang ditunjuk sebagai Presiden Indonesia.

Pada masa itu, Indonesia belum memiliki anggaran untuk kebutuhan transportasi dinas kepresidenan yang baru berjalan selama kurang lebih satu bulan. Hal tersebut memberikan sebuah ide kepada salah satu pengikut serta sahabat Ir. Soekarno yang bernama Sudiro untuk memberikan sebuah mobil yang akan diperuntukkan sebagai kendaraan dinas kepresidenan.

 

sumber

 

Dengan cara yang diplomatis Sudiro merayu supir Buick 8 milik pemerintah Jepang untuk memberikan kunci mobil tersebut dan memberikan sejumlah uang untuk ongkos sang supir kembali ke kampung halamannya.

Rayuan Sudiro pun berhasil meluluhkan hati sang supir yang akhirnya memberikan kunci mobil tersebut kepada Sudiro. Setelah berhasil mendapatkan mobil yang diinginkan, Sudiro secara spontan bergegas menuju rumah Presiden Ir. Soekarno untuk menghadiahkan mobil Buick 8 tersebut. Kemudian mobil ini digunakan sebagai mobil dinas kepresidenan yang digunakan hingga tahun 1949.

Selain mobil Buick 8, Presiden Ir. Soekarno juga pernah menggunakan mobil yang juga berasal dari pabrikan asal negeri Paman Sam berupa Chrysler Imperial (Generasi 6). Walaupun berasal dari pabrikan Amerika, nyatanya mobil Chrysler Imperial ini merupakan mobil yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi kepada Ir. Soekarno. 

Mobil Chrysler Imperial ini merupakan salah satu dari sekian mobil kepresidenan yang digunakan oleh Ir. Soekarno. Yang menjadikan mobil ini istimewa adalah, mobil ini pernah menjadi saksi bisu sejarah Peristiwa Cikini, mobil ini berhasil selamat dari sebuah lemparan granat saat Presiden Ir. Soekarno tengah menjemput anaknya yang bersekolah di Perguruan Cikini, yang kelak menjadi Presiden Republik Indonesia beberapa periode setelahnya.

 

sumber

 

Selain kedua mobil yang sudah disebutkan di atas, Presiden Ir. Soekarno juga pernah menggunakan mobil-mobil lain seperti Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13, Zill 111, serta Lincoln Cosmopolitan sebagai kendaraan dinasnya selama menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

 

Soeharto – Cadillac Fleetwood Brougham & Mercedes-Benz G-Class

Presiden Soeharto yang menjabat setelah sang proklamator Ir. Soekarno menggunakan mobil dinas berupa Cadillac Fleetwood Brougham yang digunakan Presiden Soeharto dari tahun 1980-1998. Mobil yang merupakan asal pabrikan Amerika ini dikenal sebagai mobil yang sangat mewah pada masanya.

 

sumber

 

Selain itu Presiden Soeharto juga pernah menggunakan mobil Mercedes Benz G-Class sebagai kendaraan dinasnya. Walaupun tidak menjadi mobil dinas resmi, namun ini beberapa kali tertangkap menggunakan plat nomor RI-1 ketika sang Presiden ingin menggunakan mobil ini sebagai pilihan perjalanannya.

Mobil bertipe SUV ini memang nampak sangat cocok dengan gaya Presiden Soeharto yang pernah memiliki jejak karir sebagai militer, karena mobil G-Class ini memang memiliki tampang dan performa yang luar biasa serta dapat digunakan pada hampir setiap medan yang ada.

 

sumber

 

Bagaimana tidak, mobil ini memiliki mesin berkapasitas 2.900cc lima silinder dengan empat roda penggerak, dan tidak lupa juga, mobil ini merupakan mobil yang spesial karena dipergunakan untuk kebutuhan mantan orang nomor satu di Indonesia, mobil ini juga dibekali dengan berbagai fitur keamanan seperti kaca anti peluru.

 

Soeharto, B.J Habibie, Abdurrahman Wahid & Megawati – Mercedes-Benz S600

Setelah masa jabat Presiden Soeharto, para Presiden penerus menggunakan mobil yang sama hingga masa jabatan Presiden kelima yaitu ibu Megawati Soekarnoputri. Namun hal itu juga bukan hal yang buruk, karena mobil yang digunakan selama 3 masa jabatan itu merupakan mobil yang sangat spesial.

Ialah Mercedes-Benz S600 mobil asal Jerman ini dibekali mesin 6000 cc v12 bertipe M120, yang dilengkapi juga dengan berbagai fitur keamanan standar kepresidenan. Alhasil mobil ini memiliki performa yang fantastis berupa 440 hp dan torsi sebesar 623 nm.

Mobil ini juga dapat melaju hingga kecepatan maksimum sekitar 280 km/jam sehingga walaupun mobil ini diproduksi sejak tahun 1994, mobil ini masih dirasa sangat layak digunakan hingga beberapa tahun mendatang. Mobil ini merupakan salah satu mobil paling bersejarah di Indonesia karena pernah mengantarkan empat orang Presiden selama masa empat jabatan kepresidenan.

 

sumber

 

Susilo Bambang Yudhoyono – Mercedes-Benz S600L 

Setelah penggunaan Mercedes Benz S600 yang telah digunakan oleh empat Presiden sebelumnya, kini mobil dinas kepresidenan Indonesia mendapatkan pembaruan saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjabat. 

Kali ini Kepresidenan Indonesia tetap menggunakan mobil asal pabrikan Jerman, Mercedes-Benz. Pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, mobil yang digunakan berupa Mercedes-Benz S600L yang dibekali dengan mesin 5.500cc V12 dengan 517 hp yang dapat melaju lurus hingga kecepatan 250 km/jam.

Pada mobil ini juga fitur keamanan sang Presiden diperbaharui dengan adanya fitur resistensi senjata sekelas B6/B7, yang dimana dapat menahan serangan senjata serbu ringan serta pengamanan terhadap senjata ledak seperti granat tangan hingga sistem pemadaman api di dalam kabin untuk menjaga keamanan sang Presiden.

 

sumber

 

Joko Widodo – Mercedes-Benz S600 Guard

Beberapa tahun belakangan seringkali Indonesia digegerkan dengan berita bahwa mobil kepresidenan yang digunakan Presiden Joko Widodo mengalami mogok di beberapa kesempatan, mungkin hal ini pula yang menjadi faktor harus diperbaharuinya kendaraan yang membawa orang nomor 1 di Indonesia ini.

Mobil Mercedes Benz S600L yang digunakan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mungkin sudah harus dipensiunkan, mengingat akan sangat canggung melihat seorang Presiden mengalami mogok pada mobil dinasnya. Akhirnya, pada periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo, pihak kepresidenan memberikan kendaraan dinas baru berupa Mercedes-Benz S600 Guard.

Sedan mewah asal Jerman ini sudah memiliki sertifikasi keamanan terbaru yaitu sertifikat VR10, yaitu sertifikasi keamanan tertinggi untuk perlindungan kendaraan non-militer. VR sendiri merupakan sertifikasi yang menggantikan standar sertifikasi lama yaitu sertifikasi keamanan B1-B7.

 

sumber

 

Pada sisi performa, mobil terbaru Kepresidenan Indonesia ini dibekali dengan mesin  6.000 cc V12 yang dapat menghasilkan 530hp serta torsi maksimum 830nm. Walaupun dengan angka spesifikasi yang fantastis, mobil ini hanya dapat melaju hingga kecepatan 160 km/jam karena secara elektronik telah dibatasi demi keamanan sang Presiden.

SAMPAIKAN KOMENTAR