Mini Cooper S Dibikin Ceper Makin Tambah Keren!
16
Feb
2020
0 Comment Share Likes 823 View

Jika masa kecil kalian sering menonton serial Mr. Bean sudah pasti kalian ingat mobil hijau yang menemani kehidupannya. Mobil itu adalah Mini, Mini sendiri adalah sebuah mobil kecil yang diproduksi oleh British Motor Corporation (BMC) dan penerusnya dari tahun 1959 sampai tahun 2000. Model asli dari mobil ini dianggap sebagai ikon dari Inggris pada tahun 1960-an.

Mobil ini adalah mobil dengan penggerak roda depan didesain agar interior lebih luas 80% sehingga penumpang lebih lega ketika memasuki mobil ini.

Pada tahun 1999 Mini terpilih sebagai mobil kedua paling berpengaruh pada abad ke-20, dibelakang Ford Model  T, dan diikuti oleh Citroen DS dan VW Beetle.

Mobil dengan 2 pintu ini awalnya didesain oleh Sir Alec Issigonis. Mobil ini diproduksi di Pabrik Longbridge dan Cowley di Inggris, Pabrik British Motor Corporation (Australia) Victoria Park / Zetland di Sydney, Australia, dan juga diproduksi di Spanyol (Authi), Belgia, Chili, Italia (Innocenti), Malta, Portugal, Afrika Selatan, Uruguay, Venezuela dan Yugoslavia.

 

Pada generasi Mini yang terbaru, mobil ini semakin terlihat lebih cantik dan desainnya tidak jauh seperti pendahulunya. Mobil ini digemari banyak orang karena mobil ini sangat terlihat simpel dan mobil ini juga terlihat lebih keren bila dimodifikasi.

Mulai dari tampak muka depan, eksterior MINI Cooper S ditandai dengan emblem logo baru MINI di depan kap mesin. Untuk menunjang visibilitas di malam hari, lampu utama MINI Cooper S tetap menunjukan kelasnya dengan berbekal spesifikasi LED DRL.

Perubahan desain juga terjadi di sini, jika sebelumnya bentuk lampu utama MINI Cooper S sebelumnya hanya lingkaran 3/4 saja, kini sudah satu lingkaran penuh. Bukan cuma lampu utama, lampu sein juga membulat penuh dengan spesifikasi lampu LED. Lebih detail lagi, di dalamnya terdapat cover lampu pada MINI Cooper S ini yang menjadi lebih pipih.

Di bagian eksterior belakang MINI Cooper S sendiri, lampu belakang sudah menggunakan LED dengan motif bendera Inggris. Sementara itu, di bagian kaki-kaki MINI Cooper S menggunakan ban ukuran 205/45 R17.

Di sektor dapur pacu, MINI Cooper S dibenamkan mesin 2.000cc 4 silinder turbo. Berkat mesin ini, MINI Cooper S mampu hasilkan tenaga maksimum hingga 192 hp dan torsi hingga 280 Nm. Kekuatan ini kemudian disandingkan dengan transmisi baru 7-speed dual clutch. Istimewanya, mesin MINI Cooper S menerima ubahan pada sistem NVH (Noise, Vibration and Harshness). Sistem ini menjadikan kinerja mesin lebih halus dari model sebelumnya.

  • Tipe Mesin 2.0L MINI TwinPower Turbo empat silinder
  • Isi Silinder 1.998 cc
  • Tenaga Maksimum 192 hp
  • Torsi Maksimum 280 Nm
  • Transmisi 7-percepatan Steptronic Sport Transmission

Selain Exterior dan performa mesinnya gahar, Interior mobil ini tidak kalah keren dan sangat terlihat futuristik, bagaimana tidak. Di bagian tengah dashboard system multimediana sangat jelas terlihat sangat futuristik walaupun sangat simpel sekali dan minim tombol-tombol karena head unitnya touch screen.

Mini Cooper S ini mau dimodifikasi apapun tetap saja terlihat keren, kalian yang mempunyai mobil Mini Cooper S ini cukup menceperkan saja dan mengganti velg dijamin mobil kalian bakalan dilirik banyak orang ketika dijalanan.

Mini sendiri di Indonesia masih sedikit peminatnya, mengingat harga mobil ini memang sangat tinggi, orang orang Indonesia rata-rata memilih mobil keluarga dengan rentang harga yang sama. Namun pecinta mini juga banyak walapun tidak semua dari mereka mempunyai mobil mini ini.

Mengingat pasar otomotif di Indonesia saat ini sangat dikuasai pabrikan jepang menjadikan mobil mini ini sangat jarang ada di jalanan Indonesia. Sehingga harga part modifikasi mobil mini cooper ini juga sangat mahal dan jarang ada dipasaran. Tetapi karena orang Indonesia itu kreatif banyak juga part part hand made yang kualitasnya lumayan dan harganya pun sangat terjangkau.

Walaupun mobil ini terlihat sangat biasa saja, ternyata mobil ini sejak dahulu terkenal karena mobil ini sangat tangguh dalam Rally Competition. Mini generasi awal sudah memenangkan beberapa trofi rally dan membawa inggris dengan bangga ke kancah rally di seluruh dunia, menjadikan mobil inggris pertama yang menjuarai Rally dan mengalahkan mobil mobil eropa lain dan mobil jepang.

Tetapi sangat disayangkan, pada tahun 2019 lalu banyak sekali Mobil Mini Cooper S ini dijual bekas dikarenakan perawatan mobil mini ini sangat menipiskan dompet sehingga harga Mini Cooper S bekas pun lumayan turun drastis dan membuat banyak orang semakin bertanya apakah mobil ini akan berhenti bersaing di pasar otomotif Indonesia atau tetap akan bersaing.

Pada tahun 2020 ini Mini tetap optimis bersaing di pasar otomotif Indonesia dan berharap penjualan Mini di tahun ini semakin melonjak daripada tahun tahun sebelumnya.

SAMPAIKAN KOMENTAR