Mercedes-Benz 300SL (Gullwing) - Mobil Balap Road Legal Dari Masa Depan
27
Dec
2020
0 Comment Share Likes 111 View

Pada beberapa dekade yang lalu, ajang motorsport kerap menjadi sebuah benchmark yang selalu diperebutkan oleh setiap produsen mobil di seluruh dunia. Ajang motorsport bukan hanya sekedar ajang pamer kehebatan dalam menyelesaikan balap dengan hasil yang maksimal. Pada masa itu semua pabrikan berlomba untuk mendapatkan kejayaan serta angka penjualan yang fantastis. Bahkan sempat “viral” kalimat yang berbunyi “Memenangkan balapan di hari Minggu, capai target penjualan di hari Senin”.

Memang beberapa dekade ke belakang peran motorsport dalam sisi penjualan sangatlah vital, sehingga akan sangat banyak kita temui berbagai mobil road legal legendaris hasil homologasi dari ajang motorsport. Salah satunya adalah Mercedes-Benz SL 300 yang berawal dari ajang motorsport. 

 

Model Awal Gullwing

SL 300 (W 194) tahun 1952 adalah mobil balap pertama yang dirancang oleh Mercedes-Benz setelah Perang Dunia Kedua dan kendaraan pertama yang menyandang sebutan SL (untuk "Super Light"). Basisnya mesin transmisi yang berasal dari model 300, Adenauer-Mercedes.

 

sumber

 

Pada awalnya 300 SL tidak diciptakan untuk produksi massal, melainkan sebagai mobil khusus ajang motorsport saja. Namun salah seorang petinggi Mercedes-Benz, Max Hoffman, memberikan gagasan dan keyakinan kepada para petinggi lainnya untuk dapat menjual mobil inovatif ini kepada masyarakat. Sehingga pada tahun 1953, Direktur Umum Mercedes yang baru Fritz Könecke menyetujui gagasan Hoffman ketika Hoffman berhasil mengumpulkan 1000 pesanan mobil 300 SL yang diperkenalkan di New York Auto Show.

Dengan berat chassis hanya sekitar 50 kilogram, chassis yang diberi nama space frame ini merupakan hasil pengembangan dari motorsport yang sangat inovatif. Dengan beban mobil yang sangat ringan, 300 SL tetap dibekali mesin yang luar biasa bertenaga dan torsi yang sangat besar. Pada bagian desain, 300 SL menggunakan pintu yang tidak konvensional, karena dengan konfigurasi chassis dan mesin yang ada, hampir tidak memungkinkan untuk menggunakan pintu yang konvensional.

Namun sebagai solusinya Mercedes-Benz menyematkan pintu dengan engsel atas dan berayun ke atas, yang membuat mobil ini memiliki tampilan yang berbeda dengan mobil-mobil lainnya, dan pihak Mercedes-Benz memberikan nama “Gullwing" pada bentuk pintu yang mereka sematkan pada 300 SL.

Motorsport Heritage

Mercedes-Benz menuai sukses pada mobilnya 300 SL miliknya, pada ajang motorsport Mille Miglia yaitu balapan yang dilakukan sepanjang 1.600 kilometer, 300 SL menempati posisi kedua. Hal itu merupakan pencapaian yang luar biasa, karena perlombaan tersebut adalah perlombaan pertama dari mobil ini.

Lalu pada balapan 24 jam di Le Mans, 300 SL memenangkan dua tempat teratas. Tempat pertama ditempati oleh Hermann Lang dan Fritz Riess dengan rata-rata keseluruhan kecepatan 155,6 km/jam (96,7 mph), yang menjadi rekor baru dalam sejarah Le Mans. Tempat kedua ditempati Theo Helfrich dan Helmut Niedermayer yang juga menggunakan mobil serupa. Dan pada Balapan di Nürburgring serta Carrera Panamericana di Meksiko, 300SL kembali menuai kesuksesan dengan Karl Kling dan Hans Klenk sebagai pembalapnya.

 

sumber

 

Versi Lanjutan Gullwing

Tidak langsung berpuas hati, Mercedes-Benz terus memberikan perubahan positif dengan berbagai pengembangan yang kompleks pada 300SL sehingga pada, Februari 1954, Mercedes-Benz 300SL (W 198) melakukan debut sensasionalnya di International Motor Sports Show di New York.

 

sumber

 

Versi terbaru dari 300SL ini semakin memperlihatkan inovasi terbaiknya namun tetap dalam ukuran yang sama dengan versi sebelumnya. 300SL juga menjadi mobil road legal empat langkah pertama di dunia yang dilengkapi dengan injeksi bahan bakar langsung yang dapat mengoptimalkan output dan efisiensi dari bahan bakar mobil.

Pada versi ini 300SL memiliki tenaga yang luar biasa, sebesar 215 hp dan dapat mencapai kecepatan tertinggi hingga 250 km/jam berkat penggunaan rangka tubular yang kuat, ringan, suspensi full independent dan mesin enam silinder camshaft single-overhead 2.995cc yang luar biasa. Sehingga  300SL mobil road legal tercepat di dunia pada masanya. Sebagai puncaknya 300SL "Gullwing" juga dianggap sebagai mobil impian terbaik. Pada Desember 1999 terpilih sebagai Mobil Sport Abad Ini oleh Autotrade Journalist.

Mobil ini dibuat sangat terbatas yang terhitung hanya sekitar 1.400 unit di dunia yang dijual antara 1954 dan 1957. Mobil ini menjadi salah satu mobil incaran para kolektor mobil dunia. Salah satunya adalah mantan Presiden indonesia ketiga Bapak B.J Habibie. Jumlah yang terbatas, serta heritage motorsport yang kental pada mobil ini melambungkan harga Mercedes-Benz 300 SL Gullwing ini. 

Sebagai contoh pada salah satu situs jual beli mobil antik, classic-trader.com, Gullwing lansiran tahun 1955 dengan posisi odometer 47.000 kilometer dibanderol 1,434,160 Poundsterling atau Rp 24,7 miliar, ada pula mobil 300SL dengan tahun sama dijual 1,694,102 Poundsterling atau sekitar Rp 29,2 miliar. Pria Intersport berminat memiliki mobil ikonik ini?

SAMPAIKAN KOMENTAR